Skill atau Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk menjadi guru yang mumpuni meskipun tidak tersertifikasi ( ini masalah) harus memiliki :
Keterampilan Bertanya
- Dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh seorang guru tidaklah lepas dari guru memberikan pertanyaan dan murid memberikan jawaban yang diajukan.
- Pengertian dan Rasional keterampilan bertanya bertujuan untuk memperoleh informasi untuk memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berfikir.
- Pertanyaan yang diberikan bisa bersifat suruhan maupun kalimat yang menuntut respon siswa.
Keterampilan Memberi Penguatan
- Penguatan adalah suatu respon terhadap suatu tingkah laku dan penampilan siswa.
- Penguatan adalah suatu respons terhadap suatu tingkah laku siswa yang dapat menimbulkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut.
Keterampilan Mengadakan Variasi
- Variasi dalam kegiatan belajar mengajar dimaksud sebagai proses perubahan dalam pengajaran yang dikelompokkan dalam tiga kelompok yaitu; variasi dalam gaya mengajar, variasi dalam menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas.
Keterampilan Menjelaskan
- Menjelaskan adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan, antara sebab akibat, yang diketahui dan yang belum diketahui.
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
- Yang dimaksud dengan keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan situasi siap mental dan menimbulkan siswa agar terpusat perhatian pada apa yang dipelajari.
- Yang dimaksud dengan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa.
Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil
- Diskusi kelompok adalah merupakan salah satu strategi yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang memberi kesempatan berfikir, berinteraksi sosial serta berlatih bersikap positif.
Keterampilan Mengelola Kelas
- Mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang optimal.
- kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis.
- kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
- Memahami peserta didik. dengan indikator esensial:
- memamahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif
- memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian
- mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
- Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran. dengan indikator esensial: menerapkan
- teori belajar dan pembelajaran
- menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik
- kompetensi yang ingin dicapai
- materi ajar
- serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
- Melaksanakan pembelajaran. dengan indikator esensial:
- menata latar (setting) pembelajaran
- melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
- Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. dengan indikator esensial:
- melaksanakan evaluasi (assess-ment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode
- menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level)
- dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
- Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. dengan indikator esensial:
- memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik
- Menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan/materi sesuai bidangnya
- Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi. dengan indikator esensial:
- memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah
- memahami struktur, konsep dan metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi ajar
- memahami hubungan konsep antar mata pelajaran terkait
- menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari.