Ciri Khusus Kadal Hijau dan Fungsinya

Ciri Khusus Kadal Hijau dan Fungsinya- Para Pembaca, kadal hijau adalah kadal yang warna kulitnya hijau, khususnya di tubuh bagian bawah. Kulit bagian atasnya lurik-lurik perpaduan warna coklat, hitam, putih, dan hijau. Kadal hijau atau yang oleh orang Jawa disebut kadal ijo ini kulitnya bersisik seperti halnya kadal tanah, namun kulit kadal hijau lebih mengkilap dan licin. Kadal hijau hidupnya di pohon. Adapun makanan kadal hijau adalah serngga seperti semut dan sebagainya. Kadal hijau biasanya dapat ditemukan di pohon-pohon berkayu/pohon besar. Untuk menemukan kadal hijau ( di daerah saya/Kebumen ) tidak semudah menemukan kadal tanah. Di mana misalkan saya sengaja mencari kadal tanah, maka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan. Namun untuk kadal hijau biasanya saya lihat/temukan secara kebetulan/tidak sengaja.

Sahabat Pembaca, saat saya sedang jalan-jalan bersama anak saya, tiba-tiba ada kadal hijau yang jatuh dari pohon waru, seketika itu kadal ijo langsung berusaha memanjat pohon dengan cepatnya, sehingga saya pun baru dapat memotretnya setelah kadal ijo berhenti.

Kadal ijo yang saya lihat ternyata lincah sekali dalam memanjat pohon, pada ketinggian sekitar 6 meter dia baru berhenti karena mungkin dia sudah merasa aman. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, foto kadak hijau yang paling kiri tersebut, saya ambil dengan jarak normal. Kemudian untuk gambar yang tengah, saya coba untuk mengatur pengaturan kamera agar bisa menangkap gambar dengan lebih jelas, dan gambar paling kanan itu sudah maksimal dekat dalam pengaturan kamera.

Ciri Khusus Kadal Hijau dan Fungsinya serta gambarnya
Ciri Khusus Kadal Hijau dan Fungsinya

Ciri Khusus Kadal Hijau antara lain :
  • daya rekat aki kadal hijau lebih rekat daripada kaki kadal tanah, fungsi ciri khusus ini berfungsi untuk memudahkan kadal dalam memanjat pohon dan lincah dalam menangkap mangsa karena kecepatan bergeraknya.
  • sebagian tubuhnya berwarna hijau, fungsinya untuk menyerupai hijaunya daun sehingga kadal hijau sulit dikenali oleh predator dan mangsanya.
  • warna kulit penututup tubuh bagian atas terdiri dari lurik warna coklat, hitam, putih, dan hijau sehingga ketika dia berada di pohon, dapat menyerupai warna kulit pohonnya.
Demikian tentang ciri khusus kadal hijau dan fungsinya. Sebelumnya saya telah menulis tentang ciri khusus kadal biasa/kadal tanah. Silakan baca Ciri Khusus Kadal dan Fungsinya.