PLANER SISTEM REPRODUKSI SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : BIOLOGI IPA
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
  • Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
  • Mendiskripsikan sistem reproduksi danpenyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia.
Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  • Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
Karakter siswa yang diharapkan :
  1. Disiplin ( Discipline )
  2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  3. Tekun ( diligence )
  4. Tanggung jawab ( responsibility )
  5. Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
  • Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem produksi manusia
Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Konsektual.
  2. Metode : Observasi, Diskusi dan Informasi.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Motivasi
  1. Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
  2. Mengapa ada orang yang mandul ?
  3. Di manakah pertumbuhan dan perkembangan manusia sebelum dilahirkan ?
  4. Berasal dari manakah kebutuhan hidup janin ?

Pengetahuan Prasyarat
  1. Siswa telah memahami perkembangan generatif ( seksual )
  2. Siswa telah memahami organ – organ sistem reproduksi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
  • guru: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
  • Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • guru: Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Siswa mengamati model / charta organ – organ penyusun sistem reproduksi dilanjutkan diskusi tahap – tahap reproduksi manusia
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
Guru:
  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
CLOSING
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,
  • guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua

Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

  • Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem reproduksi ?
Pengetahuan Prasyarat

  • Siswa telah memahami organ – organ sistem reproduksi manusia.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
  • guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
  • Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
  • Guru: memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
  • Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  • Membantu menyelesaikan masalah
  • Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  • Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSSING
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup

  • guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Media Pembelajaran
  • Model / Charta organ – organ penyusun sistem reproduksi manusia..
  • Rangkuman Reproduksi manusia
Sumber Pembelajaran
  1. Buku IPA Terpadu
  2. Buku IPA yang relevan
  3. Model / charta organ reproduksi manusia
  4. http://www.biologigonz.blogspot.com
Penilaian.
Mengetahui Jakarta , Juli 2011

Kepala sekolah Guru Mapel Biologi