Ciri Khusus Hewan Reptil Kadal dan Fungsinya

Ciri Khusus Kadal dan Fungsinya- Sobat Ilmupengetahuanalam.com, coba perhatikan 4 foto kadal yang ada di halaman ini,  apakah jenis kadal yang ada di daerah sobat itu sama dengan yang ada di daerah kami?. Yang jelas semua jenis kadal ciri-cirinya hampir sama. Untuk lebih jelasnya simak ciri khusus kadal di blog ini.

Definisi


Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil. Secara luas, pengertian kadal atau kerabat kadal (bahasa Inggris: lizards) juga mencakup kelompok cecak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain. Sedangkan secara sempit, istilah kadal dalam bahasa Indonesia biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah (Ingg.: skink, suku Scincidae, atau umumnya anggota infraordo Scincomorpha).Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kadal

Foto Asli Kadal Indonesia

Kadal

Sobat Pembaca, sebenarnya saya ingin mendokumentasikan 2 jenis kadal yang dulu sering saya lihat di sekitar rumah, akan tetapi kebetulan baru menemukan kadal tanah yang warnanya juga coklat seperti tanah. Mudah-mudahan besok atau lusa saya bisa menemukan kadal hijau. Sebenarnya sih hanya beda tipis antara kadal tanah dengan kadal hijau. Kadal tanah kalau dilihat dari kejauhan mirip sekali dengan ular, baik bentuk kepala, tubuh, dan sisiknya.

Foto Bentuk Kepala Kadal yang Mirip Ular

Kadal hijau hidupnya di pohon, tapi tidak menutup kemungkinan kita jumpai juga di tanah. Seperti halnya kadal tanah, selain hidup di atas tanah, kadal coklat ini juga sering memanjat pohon jika di pohon terdeteksi ada calon mangsanya. Lihat foto kadal yang sedang memanjat pohon mangga nih sob.

Kadal Pandai memanjat pohon

Sobat Blogger, sayangnya saya tidak tahu di atas pohon mangga tersebut sebenarnya kadal dapat mangsa apa, karena sudah begitu tinggi jadi saya tidak bisa meliput perjalanannya. Setelah saya tunggu ternyata kadalnya sudah lagi turun nih sob.

Kadal Turun dari pohon

Sobat Pembaca, sampai di situ terus saya kehilangan jejaknya karena kadalnya bersembunyi di antara ranting pohon mangga. Oh ya, ciri khusus kadal sudah saya tulis di atas, tapi ciri khusus yang paling populer yaitu bahwa kadal merupak hewan yang dapat memutuskan ekornya ( autotomi ). Fungsi kadal memutuskan ekornya yakni untuk melindungi diri dari serangan musuhnya.

Demikian tentang Ciri Khusus Kadal dan Fungsinya. Ikuti terus kabar dunia binatang di blog Ilmupengetahuan.com, selanjutnya silakan baca Ciri Khusus Kadal Hijau dan Fungsinya

Baca juga :