Bocoran Soal Pedagogik UKG 2015 Dan Kunci Jawaban


SOAL PEDAGOGIK  UKG 2015 SD, SMP, SMA dan SMK



1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan

tertentu adalah:
a. pengukuranb. pensekoranc. penilaiand. pengujiane. evaluasi

2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat ataukegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuranb. pensekoranc. penilaiand. pengujiane. evaluasi

3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmenhasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

4. Assesmen hasil belajar siswa harus memperhatikan prinsip-prinsipsebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)b. objektip,c. adil,d. kooperatip;e. terpadu.

5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuktanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargaipendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitifb. afektifc. psikomotord. psikologise. kepribadian

6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki pesertadidik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapanlangsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatiflambat seringmengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan pesertadidik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisanb. prakatik/kinerjac. penugasand. portofolioe. penilaian diri

8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal

9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuanmateri terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu ataulebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,mata pel lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupansehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butirsoal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;

c. menentukan materi yg diujikan;d. menentukan batas ketuntasan/lulus.e.menyusun kisi-kisi;


11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domainpsicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai

13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkanLinn dan Gronlund, kecuali:a. membandingkanb. Menjelaskanc. hubungan sebab-akibat

d. memberi alasan..e. meringkas


14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatanb. analisisc. perbandingand. penyimpulane. mencipta

15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d.ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atautingkat kelas.

16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalahpenilaian:
a. projekb. kinerjac. produkd. portofolioe. non tes

17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teoriadalah:
a. validitas isib. validitas prediktifc. validitas konstruktif       d. Validitas soal. e. Validitas kunci.


18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:

a. stándar kompetensib. kompetensi dasarc. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasare. kompetensi komperhensip


19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yangdiukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel

20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel

21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikutilangkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel


22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:

a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio

23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimilikipeserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsungadalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes perbuatand. wawancarae. portofolio

24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lainadalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

a. SK KD   b. Indikator    c. Tujuan pembelajaran    d. Materi pelajaran   e. Sumber belajar.


25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalahpertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensib. kontinuitasc. relevansid. keterpakaiane. kompleksitas

26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermaknatidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soalpilihan ganda berdasarkan kaidah:a. materib. konstruksic. bahasad. etikae. kejelasan

27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahapakhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalahpenilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerjab. produkc. penugasand. lisane. wawancara

28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan danpengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuranadalah definisi operasional dari:
a. minat belajarb. sikap belajarc. motivasi berprestasid. stress belajare. aktivitas belajar

29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikaptermasuk dalam dimensii:
a. kognisi    b. kognitif    c. psikomotorik   d. afektif    e. evaluative.

30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKMb. prinsip KKMc. tujuan KKMd. manfaat KKMe. peran KKM


31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagaisarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...

a. tes perbuatanb. teknik wawancarac. observasid. tes simulasie. penilaian fortofolio

32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat danproposional

33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisib. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerjad. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal

34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlmmenyusun pedomanpenskorannya.Berdasarkanmetodepenskorannya, bentukuraiandiklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektifb. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisisd. kesimpulan dan pendapate. justifying dan inferring

35. Sebuah penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah:

a. pilihan ganda     b. essay   c. tes kinerja   d. tes wawancara   e. merangkum


36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi danmelahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapatini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crowb. Grondlundc. Critesd. Thrustonee. Donal Cambell

37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut iniadalah...
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio


38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...

a. tes verbalb. tes lisanc. tes analisisd. tes mengelompokkane. evaluasi

39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakanbeberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. projectb. productc. performance    e Assessmentd. verbale. kinerja

40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikutipenilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran
c. sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswaatau satuan pendidikan dgn masyarakat
d. dapat digunakan sebagai evaluasiprogram pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai bahan pengambilan keputusan melaluimetode kualitatif atau kuantitatif.
SOAL LATIHAN SOAL PTK
1. Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk………………….
a.  Mengatasi masalah siswa                                 b. Berkolaborasi dengan guru lain
c.  Berkembang secara professional                      d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang dapat dikaji melalui penelitian tindakan antara lain sbb, kecuali:a.  siswa            b. guru        c.  Materi pelajaran          d. Hasil pembelajaran       e. Sekolah
3. PTK memiliki ciri khusus yaitu sikap reflektif berkelanjutan, artinya bahwa…………
  1. PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
  2. PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
  3. PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
  4. PTK adalah penelitian eksperimen
  5. PTK merupakan jenis penelitian yang paling tepat untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah………..
a.    Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surakarta dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b.    Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c.    Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle  pada Materi Trigonometri di SMA
d.   Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan  Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar.
e.    Optimalisasi Pembelajaran Matematika  dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Solo Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan merupakan rumusan masalah PTK adalah………..
  1. Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction  dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
  2. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi permutasi dan kombinasi di SMA ?
  3. Bagaimanakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis yang dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
  4. Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Open Ended  ditinjau dari kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok statistika  di SMA Negeri 5 Cimahi ?
  5. Apakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
6. Masalah yang diangkat sebagai masalah dalam PTK adalah masalah tersebut harus feasible  yang artinya………………..
  1. Bersifat nyata terjadi di kelas
  2. Masalah tersebut dapat dipecahkan
  3. Masalah tersebut perlu  untuk dipecahkan
  4. Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
  5. Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan masalah pada PTK ditentukan berdasarkan………..
  1. Perumusan hipotesis
  2. Identifikasi  masalah penelitian
  3. Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah
  4. Kerangka berpikir penelitian
  5. Rumusan masalah
8. Latar belakang masalah merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada bagian pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang masalah adalah :
  1. Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
  2. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
  3. Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
  4. Adanya masalah yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
  5. Perumusan dan pemecahan masalah PTK
9. Empat tahapan utama dalam melaksanakan kegiatan PTK adalah…………….
  1. Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
  2. Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
  3. Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
  4. Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
  5. Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melaksanakan PTK harus applicable, artinya………..
  1. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
  2. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
  3. Dapat dan mungkin dilaksanakan
  4. Mudah dan dapat diukur
  5. Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat diukur dari………….
  1. Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
  2. Adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
  3. Adanya perbaikan dalam pembelajaran
  4. Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
  5. Kemampuan guru dalam mengatasi masalah pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I intinya adalah identifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan pada tahap tersebut adalah……………………..
  1. Menyusun dan mengembangkan scenario pembelajaran
  2. Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
  3. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
  4. Menyiapkan sumber belajar
  5. Mengembangkan format evaluasi dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada proposal PTK adalah………….
  1. Sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan/keefektifan PTK yg dilakukan
  2. Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
  3. Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
  4. Untuk melihat kinerja guru dalam  mengelola kelas
  5. Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat……………..
  1. Identifikasi masalah PTK
  2. Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
  3. Analisis masalah penelitian
  4. Analisis alternative tindakan
  5. Uraian sistematis tentang kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu kegiatan PTK pada tahap refleksi  antara lain :
  1. Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
  2. Menyiapkan media pembelajaran
  3. Melakukan evaluasi tindakan pada tiap siklus
  4. Menyiapkan sumber belajar
  5. Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
II. Bagian II (Bentuk Essay)
Agar anda lebih menguasai tentang PTK khususnya Proposal PTK sebagai output dari workshop PTK ini, kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan masalah pembelajaran matematika yang real anda alami di kelas.
A. Cobalah identifikasi masalah-masalah pembelajaran matematika yang paling merisaukan di kelas anda
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
  4. …………………………………………..
B. Fokus permasalahan  PTK
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
  4. …………………………………………..
C. Diagnosis penyebab permasalahan
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
D. Alternative tindakan perbaikan pembelajaran
  1. …………………………………………..
  2. …………………………………………..
  3. …………………………………………..
E. Susunlah topic PTK dengan mengingat tiga unsur yang harus dipenuhi suatu judul PTK
  • ……………………………………………….
F. Susunlah suatu Proposal PTK yang bersesuaian dengan masalah yang anda tetapkan di atas dengan mengacu pada sistematika yang ditentukan !

Untuk No. Soal 1 sampai dengan Soal No. 50 Pilih satu jawaban yang tepat!
1.  PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh......  a. McTaggard    b. Carr dan Kemmis    c. Rochman    d. Schmuck    

2.Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
  a. berbasis refleksi diri    b. metode yang longgar dan fleksibel c. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru    d. disesuaikan dengan kemampuan guru

3.Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ..
     a. sampel representatif    b. sampel purposif    c. sampel acak    d. kasus khusus yaitu kelas  

4.Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
a.  teori belajar yang akan diuji    b.  temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
c.  perbaikan hasil belajar siswa   d.  meningkatnya kemampuan guru dlm melakukan penelitian

5.Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
a. kemampuan guru di bidang instruksional    b. kualitas pendidikan di sekolah yg bersangkutan
 c. daya inovasi pada diri guru   d. kualitas pembelajaran di kelas

6.Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
  a. peneliti    b. validitas     c.metodologi   d. instrumen
    
7.Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan,kecuali....
 a. dukungan dari pihak sekolah    b. kebebasan bagi guru utkmelakukan penelitian di kelasnya 
.c. pengawasan dari Kepala Sekolah    d. kerjasama antar personil sekolah

8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
  a. perumusan masalah   b.identifikasi masalah  c. analisis masalah   d.pembatasan masalah     

9.Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
    a.   melakukan refleksi      b. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
    c.   berdiskusi dengan teman sejawat    d.  melakukan studi banding ke sekolah lain

10Hipotesis tindakan adalah ....
   a.  tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
   b. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
   c. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
   d. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian

11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
   a.  menentukan metode pengolahan data yang tepat
   b. mempersiapkan diri sebagai peneliti
   c. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
   d. mempersiapkan sarana pendukung penelitian
    
12Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
   a.  tanpa penafsiran
   b. langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
   c. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
   d. mempersiapkan sarana pendukung      

13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
   a.  terfokus   b.  sistematis    c. terstruktur    d. terbuka    

14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
     a. wawancara   b. studi dokumen kelas   c.  pengisian kuesioner   d. surve  

15Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
   a. sebelum menyusun proposal       b.   sesudah mengidentifikasi masalah
   c. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan  d. sesudah melakukan upaya perbaikan

16Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
   a. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya       b.   merevisi pedoman observasi
   c. menyusun proposal PTK  d. menentukan metode yang akan digunakan
     
17Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
     a.kenakalan remaja b. disiplin belajar  c.  interaksi belajar d. prestasi belajar    

18Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
a. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa   b.   guru mampu untuk melaksanakannya   c. relevan dengan pengembangan sekolah d. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah    

19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
a.  melakukan kajian dokumen kelas   b. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas   c. mewawancarai siswa    d. memberikan tes formatif

20. Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
a. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
b. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
c. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
d. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?   

21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
a.  mengkaji teori-teori pembelajaran yg relevan  b. mempelajari hasil penelitian yg relevan
c.  melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini  d. mengkopi hasil PTK rekan sejawat     

22Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
 a. tujuan perbaikan   b.  TIU    c. TIK     d.   Kegiatan pembelajaran  

23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
  a.mempelajari proposal PTK   b.  melakukan simulasi perbaikan
  c. berdiskusi dengan rekan sejawat     d.    memvalidasi RPP  

24.Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
  a. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
  b.prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian
  c. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
  d.rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru     

25Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
   a.relasi antar-guru kelas   b. kerjasama antar pihak-pihak terkait
   c. persamaan persepsi         d. citra guru sebagai peneliti    

26Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
   a.proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan     b. sudah berhasil
   c.belum menunjukkan perbaikan    d. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan    

27Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
   a. ordinal    b. kuantitatif     c. kualitatif    d. numerik 

28.Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
 a.penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian   b.  grafik histogram
 c. narasi tentang perilaku siswa   d. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan     

29.Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
a. urutan identifikasi masalah  b. pertanyaan penelitian  c. temuan penelitian d.hasil analisis data

30.Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
   a.  mempertinggi akurasi  b.memperoleh hasil yang valid
c.memperoleh perbaikan yg optimal  d.  memperoleh presisi yg tinggi sesuai tujuan penelitian

31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
a.temuan penelitian b.temuan penelitian c. rekomendasi  d. saran 2perbaikan pembelajaran    

32.Judul PTK harus menggambarkan ....
a.  upaya perbaikan pembelajaran   b .  masalah pembelajaran   c. masalah pendidikan  d. perbaikan sistem persekolahan    

33.Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
a.difokuskan pada saripasi penelitian    b. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian  c. disajikan secararuntut, singkatdan padat   d. merupakan ringkasan penelitian      

34.Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
a.  identifikasi masalah    b. perumusan masalah    c. pendahuluan  d.Kesimpulan      

35.Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
a. estetika   b. logika   c. kejujuran   d.  ke-konsistenan (keajegan)      

36.Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
akumpulan gagasan yang ditulis peneliti    b. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran    c. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru   d. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

37.Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
a.  teori-teori yang eleven   b. kerangka berpikir   c. metodologi   d. pertanyaan penelitian atau hipotesis    

38.Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
a. proses sosialisasi laporan ilmiah  b.  penyebarluasan hasil penelitian    c. publikasi temuan ilmiah   d.   dimanfaatkan orang banyak terutama guru    
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
a.  dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah   b. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas   c. meningkatnya kredibilitas sekolah   d.  meningkatnya intelektualitas staf guru     

40.  Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
a. estetika    b.  logika     c. kejujuran    d.   keajegan    

41.Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
  1. Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
  2. Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
  3. Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
       
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
      
43.Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
  2. apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
  3. apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
       
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ..
  1. perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
  2. suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
  3. intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
       
45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
  1. membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
  2. melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
  3. mengidentifikasi temuan penelitian
       
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
  1. memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
  2. mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
  3. mempelajari dokumen hasil belajar
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
  1. mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
  2. mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
  3. mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa
       
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
  1. mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya
  2. merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
  3. merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
       
49.. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....
  1. menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
  2. menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.
  3. mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.
       
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
  1. saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak
  2. alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
  3. usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi
       
Butir Soal dan Kunci Jawaban

1.      Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip belajar …

A.  perhatian
B.  motivasi
C.  aktivitas
D.  perbedaan individual
Jawab :A.  Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan


2.      Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….

A.  metode mengajar
B.  strategi pembelajaran
C.  teknik pembelajaran
D.  pendekatan pembelajaran
Jawab : A.  Benar, karena sesuai dengan definisinya


3.      Proses internal yg digunakan seseorang untk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …

A.  keterampilan intelektualB.  strategi kognitifC.  informasi verbalD.  sikap
Jawab :B.  Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang


4.      Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….

A.  ekspositoriB.  deduktifC.  heuristic   D.  induktif
Jawab :C.  Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran

5                  Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu ….

A.  teman di rumah
B.  pembantu yang suka mengajarkan siswa
C.  perhatian orang tua terhadap belajar siswa
D.  paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa
Jawab :C.  Benar, karena perhatian orang tua sangat memperngaruhi keberhasilan anak

6.  Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
A.  mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
B.  mampu merespons suasana hati
C.  mampu memotivasi orang lain
D.  mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
Jawab :D.  Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

7.  Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
A.  5B.  6C.  3D.  4
Jawab :C.  Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret

8.  Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
A.  logis dan sistematik
B.  konkret dan interaktif
C.  produktif dan inisiatif
D.  formal dan informal
Jawab :A.  Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi

9.  Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
A.  kolaboratifB.  kuantumC.  kooperatifD.  tematik
Jawab :B.  Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum

10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
A.  sinetikB.  mnemonic    C.  berpikir induktifD.  inkuiri ilmiah
Jawab :B.  Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi

11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A.  menimbulkan motivasi siswaB.  membuat kaitanC.  melaksanakan tes awal
D.  memberi acuan
Jawab :D.  Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
A.  sistematisB.  kerjasamaC.  belajar tuntasD.  perhatian
Jawab :C.  Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu

13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
A.  memberikan tugas dan latihan-latihan
B.  meninjau kembali penguasaan siswa
C.  memberikan motivasi
D.  memberikan bimbingan belajar
Jawab :B.  Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran

14. Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
A.  konsepB.  faktaC.  nilaiD.  prinsip
Jawab :D.  Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh


15. Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....

A.  diskusiB.  demonstrasiC.  simulasiD.  eksperimen
Jawab :C.  Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan

16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
A.  demonstrasiB.  eksperimenC.  diskusiD.  simulasi
Jawab :B.  Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses

17. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
A.  sebagai alat hiburan
B.  peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
C.  membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
D.  meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
Jawab :D.  Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

18. Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media…
A.  jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata
B.  sudah memenuhi syarat-syarat teknis
C.  disesuaikan dengan rencana pembelajaran
D.  melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Jawab :A.  Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah ....
A.  TMIIB.  Karang TarunaC.  MuseumD.  Kantor Gubernur
Jawab :A.  Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat

20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
A.  pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
B.  pemberian tuntunan
C.  penyebaran
D.  pemberian acuan
Jawab :B.  Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan

21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
A.  pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
B.  pengaturan urutan pertanyaan
C.  penggunaan pertanyaan pelacak
D.  peningkatan terjadinya interaksi
Jawab :D.  Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
A.  meningkatkan perhatian siswa
B.  memudahkan siswa belajar
C.  menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
D.  mendorong munculnya perilaku yang negatif
Jawab :D.  Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya perilaku yg positif

23. Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
A.  mimik dan gerakan badan
B.  gerak mendekati
C.  sentuhan
D.  kegiatan yang menyenangkan
Jawab :A.  Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan

24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
A.  melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
B.  meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  memelihara iklim kelas yang kondusif
D.  menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
Jawab :C.  Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan


25. Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …

A.  variasi suara
B.  pemusatan perhatian
C.  kesenyapan
D.  mengadakan kontak pandang
Jawab :C.  Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa

26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A.  meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B.  membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
C.  mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
D.  memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan guru
Jawab :A.  Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan

27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
A.  menganalisis karakteristik penerima pesan
B.  merencanakan isi pesan
C.  pemberian tekanan
D.  penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawab :B.  Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi

28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
A.  menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B.  mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D.  mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
Jawab :C.  Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran

29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A.  menimbulkan motivasi
B.  menarik perhatian
C.  memberi acuan
D.  membuat kaitan
Jawab :B.  Benar, karena menggunakan alat bantu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran

30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A.  menilaiB.  memberi tindak lanjutC.  meninjau kembali

D.  membuat kaitan

Jawab :C.  Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran

31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A.  berurutan
B.  berkesinambungan
C.  keterkaitan
D.  bermakna
Jawab :D.  Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna

32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
A.  memperjelas masalah
B.  menganalisis pandangan
C.  menyebarkan kesempatan berpartisipasi
D.  menguraikan pendapat
Jawab :C.  Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan berpartisipasi

33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
A.  menunjukkan sikap tanggap
B.  membagi perhatian
C.  memberi penguatan
D.  memberikan petunjuk yang jelas
Jawab :A.  Benar,  karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama

34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ....
A.  menekankan hal-hal yang positif
B.  tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
C.  penggunaan variasi dalam mengajar
D.  mengulangi penjelasan yang tidak perlu
Jawab :D.  Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

35. Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A.  mengadakan pendekatan secara pribadi
B.  membimbing dan memudahkan belajar
C.  mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D.  merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
Jawab :B.  Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar

36.  Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
A.  guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B.  guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
C.  kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D.  memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
Jawab :B.  Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi

37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
A.  tutorial
B.  sumber yang relevan
C.  kegiatan kelompok
D.  mengajarkan kembali
Jawab :A.  Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai

38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
A.  media pembelajaran
B.  latihan
C.  sumber pembelajaran
D.  tutor sebaya
Jawab :D.  Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

39.  Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
A.  kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B.  kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
C.  kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.  kegiatan yang menuntut waktu lama
Jawab :A.  Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
40. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
A.  iklim sosio-ekonomi
B.  iklim sosio-emosional
C.  proses kelompok
D.  modifikasi tingkah laku
Jawab :
D.  Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan

41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
A.  pengelolaan kelas
B.  pengelolaan pembelajaran
C.  mengembangkan latihan
D.  mengembangkan media
Jawab :B.  Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah

42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.  visibility
B.  accessibility
C.  flexibility
D.  comfortableness
Jawab :C.  Benar, karena flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan

43. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
A.  norma
B.  kebersamaan
C.  persahabatan
D.  kepemimpinan
Jawab :D.  Benar,karena pengambilalihan yg dilakukan Adi merupakan tugas seorang pemimpin

44. Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
A.  disiplin
B.  kesabaran
C.  kebudayaan
D.  kebiasaan
Jawab :A.  Benar, karena disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan

45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ....
A.  menangani gangguan ringan
B.  menangani prilaku agresif
C.  menangani gangguan berat
D.  menangani gangguan sedang
Jawab :B.  Benar, karena termasuk dalamperilaku agresif



46. Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....

A.  aturan secara fleksibel
B.  meningkatkan partisipasi siswa
C.  menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D.  melibatkan guru
Jawab :B.  Benar, karena siswa langsung dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas

47. Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A.  tujuan
B.  materi
C.  strategi
D.  penilaian
Jawab :A.  Benar, karena merupakan komponen tujuan

48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
A.  bersifat fleksibel
B.  berdasarkan kondisi siswa
C.  memenuhi kebenaran ilmiah
D.  berdasarkan kurikulum yang berlaku
Jawab :C.  Benar, karena merupakan salah satu prinsip silabus

49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
A.  menyiapkan materi baru
B.  menyediakan balikan
C.  melakukan review harian
D.  menyediakan koreksi
Jawab :C.  Benar, karena guru yg efektif memulai pembelajaran dengan mereviu materi yg lalu

50. Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
A.  belajar secara aktif
B.  kerjasama antardisiplin
C.  peranan pengajar
D.  belajar mandiri
Jawab :A.  Benar, karena belajar secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah