Kata Kunci : learning strategy, belajar mandiri, kompetensi, kompetisi.
UU no. 20 th 2003 memetakan sekolah dalam beberapa kategori yaitu: sekolah standar Nasional, sekolah kategori mandiri, sekolah standar internasional, sekolah dengan keunggulan lokal. SMA Negeri 11 Semarang adalah salah satu sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah rintisan kategori mandiri dan menerima dana bantuan langsung dari pemerintah. karakteristik sekolah kategori mandiri adalah sistem kredit semester, running class, modul, pembelajaran tuntas, pembelajaran mandiri. Sekolah berusaha untuk mempersiapkan diri, sedangkan guru harus mempersiapkan siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Siswa tidak biasa belajar mandiri.
Dalam penelitian ini guru membelajarkan bagaimana cara belajar, dan memahami modul dengan Learning Strategy yang terdiri dari : PQ4R, mind mapping, Mnemonic, model pembelajaran peer lesson, outer-inner circle, snowball throwing, problem possing dan kompetisi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar mandiri yang ulet dan tangguh serta mengembangkan kompetisi kognitif, psikomotor dan afektif.
Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kompetensi kognitif dan psikomotor yang baik. Hasil angket afektif secara kuantitatif meningkat, Kemandirian belajar dapat dibentuk secara bertahap, dan membutuhkan waktu yang panjang. Pembentukan sikap harus dimulai dan dilakukan secara terus menerus.
Guru hendaknya menerapkan berbagai model pembelajaran yang mengakomodasi semua tipe pembelajar. Penelitian tindakan dengan berbagai model pembelajaran merupakan alternative, yang dapat diterapkan pada mata pelajaran lain. Learning Strategi hendaknya dikuasai oleh semua pembelajar sehingga mereka akan berkembang menjadi pembelajar yang mandiri.
Membentuk sikap, minat, nilai diri, dan konsep diri positif tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat, hanya dengan 3 kali siklus tindakan. Mengharapkan siswa menjadi pembelajar yang mandiri bukanlah hal yang tidak mungkin, namun membutuhkan waktu yang lebih panjang dan berkesinambungan. Dibutuhkan dedikasi, keuletan, kesabaran dan kerja tanpa kenal putus asa dari guru pembimbingnya.
Manusia adalah makhluk yang dinamis yang akan selalu berubah. Motivasi internal siswa harus selalu dipupuk karena akan sangat menentukan apakah siswa akan menjadi pembelajar mandiri atau tidak. Belajar mandiri adalah kebiasaan. Kebiasaan yang baik harus dipelihara. Karena pembiasaan akan membentuk karakter.
Home » Uncategories » Learning Strategy sebagai alat penguasaan modul biologi, serta upaya pengembangan kompetensi siswa melalui kompetisi belajar.
-
MANUSIA A. Sistem Peredaran Darah Fungsi: Mensuplai O 2 dan sari makanan ke seluruh tubuh. Membawa CO 2 ke paru-paru. Membawa sis...
-
STANDAR KOMPETENSI : Siswa mampu memahami keanekaragaman hayati, mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup,serta memanfaat...
-
But you can be a good translator even if you don’t meet all of Lanna’s stringent criteria. Here are some tips that might help: Love langua...
-
Foto Cewek Cantik Gadis SMA Terbaru (vide0)- kumpulan Foto Cewek Cantik SMA , pasti bagian yang cantik-cantik pada mau liat nih, Cantik adal...
-
No Nama Hewan Ciri Khusus Tempat Hidup Cara Hidup 1 Elang 1. Memiliki paruh yang melengkung untuk merobek ...
-
Latihan ini ditujukan untuk mereview apakah sampeyan sudah menguasai materi sistem Transportasi atau belum , kalaupun sudah jika dalam latih...
-
Dalam pelatihan operator dapodik ini juga menjelaskan tatacara mutasi siswa: berikut ini contoh surat mutasi siswa: Kementrian pendidikan Na...
-
Dari sumber http://www.pendidikan-diy.go.id, Kami dapatkan informasi bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga (Disdikpora) DIY telah meril...
-
1. Pertumbuhan adalah proses kenaikan volume yang irreversibel karena adanya pertambahan materi. Ciri dasar pertumbuhan di antaranya ... ...
-
Sel: merupakan unit/kesatuan terkecil penyusun tubuh organisme. Mengapa sel? bukankah ada yang lebih kecil dari pada sel? didalam sel ada or...