LATIHAN UJIAN NASIONAL 2015 KELAS X



1.         Kawasan hutan sekitar gunung merapi Sinabung menjadi rusak akibat semburan lahar. Semua individu yang ada dapat terbang berpindah ke daerah lain. Hasil pengamatan ahli ekologi menunjukkan bahwa perubahan lingkungan yang rusak akibat semburan lahar tersebut dalam kurung waktu yang lama/panjang akan menghasilkan individu-individu yang memiliki sifat ….
A.      Tidak sama dengan individu awal
B.      Sama dengan individu awal
C.      Sama dengan individu awal karena tumbuhan yang lama tumbuh lagi
D.      Ada yang sama dan ada yang tidak sama dengan individu awal
E.       Semua individu baru akibat adanya variasi dari rekombinasi gen

2.         Bakteri Rhizobium sp bersimbosis pada akar tanaman kacang-kacangan. Bakteri ini menguntungkan dalam bidang pertanian sebab….


A.      Menggemburkan lahan pertanian
B.      Menguraikan sampah organic
C.      Mengikat nitrogen bebas
D.      Membunuh hama tanaman
E.       Mengubah amoniak menjadi nitrat

3.         Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut ini:
  1. Hidup di tempat lembab
  2. Mempunyai pembuluh angkut
  3. Bersifat heterotrof
  4. Mempunyai klorofil
Ciri-ciri fungi terdapat pada nomor ….
A.      1 dan 2    
B.      1 dan 3        
C.      3 dan 4
D.      2 dan 3    
E.       2 dan 4

4.         Hewan-hewan di bawah ini dapat dikelompokkan ke dalam kelompok yang sama.
Persamaan ciri yang dimiliki hewan tersebut adalah 
A.      termasuk hewan bertulang belakang
B.      memiliki system peredaran darah terbuka
C.      tubuh ditutupi kulit yang mengandung peptidoglikan 
D.      memiliki kelenjar susu
E.       berkembang biak dengan cara ovipar                

5.         Eceng gondok merupakan tanaman air yang berperan sebagai produsen pada ekosistem air tawar. Pada kondisi tertentu pertumbuhan tanaman ini menjadi sangat pesat karena adanya limbah dari pupuk tanaman yang terbawa aliran air ke sungai sehingga dapat menyebabkan ….
A.      Tanaman air yang lain dapat tumbuh dengan pesat pula
B.      Menumpuknya logam-logam berat di dasar sungai
C.      Berkurangnya CO2 di bawah permukaan air
D.      Berkurangnya O2 di bawah permukaan air
E.       Proses pembusukan berjalan sangat lambat karena tidak ada CO2

6.         Hutan yang areal industri akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan makhluk hidup yang antara lain ditunjukkan oleh….
A.      Hilangnya keanekaragaman hayati
B.      Berkurangnya sumber oksigen
C.      Hilangnya humus tanah
D.      Menurunnya kesuburan tanah
E.       Berkurangnya sumber air

7.         Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut1
Organisme yang berada pada tingkat tropi kedua adalah ….
A.      Elang dan burung pipit            
B.      Ulat dan burung pipit
C.      Katak dan belalang        
D.      Sawi dan burung pipit
E.       Katak elinci dan ulat

8.         Cacing pita termasuk dalam kelompok Cestoda. Cacing ini bersifat endoparasit dalam saluran pencernaan vertebrata. Urutan dari fase-fase yang dialami cacing tersebut setelah dari telur adalah ….
A.      Onkosfer-sistiserkus-cacing pita dewasa
B.      Sistiserkus-onkosfer-cacing pita dewasa
C.      Cacing pita muda-onkosfer-sistiserkus-cacing pita dewasa
D.      Sistiserkus-onkosfer-cacing pita muda-cacing pita dewasa
E.       Onkosfer-cacing pita muda-sistiserkus-cacing pita dewasa           

9.         Perhatikan gambar bagian alat reproduksi Angiospermae di bawah ini. ‘

Endosperm sebagai cadangan makanan dari embrio terbentuk dari hasil fertilisasi  antara….
A.      1 dan 3                 
B.      1 dan 5
C.      2 dan 4
D.      1 dan 4                 
E.       2 dan 3

10.     CFC (Chloro Fluoro Carbons) berfungsi untuk mengembangkan busa, AC, pendingin kulkas, dan penyemprot rambut. Dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan lubang ozon, yang berakibat ….
A.      Suhu udara meningkat
B.      Logam berkarat
C.      Bangunan dari candi menjadi aus
D.      Gangguan pernapasan
E.       Kangker kulit atau kangker retina mata

11.     Perhatikan beberapa nama tumbuhan berikut!

  1. Kelapa gading   
  2. Kelapa kepyor    
  3. Kelapa Sawit   
  4. Kelapa Hijau
  5. Pinang 

Dari tumbuhan di atas manakah yang dapat dikelompokkan dalam variasi tingkat jenis?
A.      1.2 dan 4             
B.      2,3 dan 4      
C.      3,4 dan 5
D.      1,3 dan 4             
E.       2,4, dan 5      

12. Perhatikan gambar organisme berikut!
indikator 3 biologi UN  protista
Organisme yang termasuk Ciliata adalah ….
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (4)
D. (2) dan (6)
E. (3) dan (5)
13. Perhatikan gambar organisme berikut!
indikator 3 biologi UN  protista
Anggota kelas Flagellata ditunjukkan oleh gambar
A. 1dan5
B. l dan6
C. 2dan5
D. 2dan6
E. 3dan4
14. Perhatikan gambar berikut ini!
indikator 3 SKL UN BIologi
Protozoa yang berada dalam kelompok kelas yang sama adalah
A. I dan2
B. I dan4
C. 2 dan3
D. 2dan4
E. 3dan4
15. Perhatikan gambar Protista mirip hewan berikut!
indikator 3 SKL UN BIologi 2
Hewan-hewan Protista yang tergolong kelas Cilliata adalah … .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
16. Berikut beberapa contoh Protista.
indikator 3 SKL UN BIologi 3
Yang tennasuk kelompok Ciliata adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 4
17. Berikut ini adalah gambar Protozoa.
indikator 3 SKL UN BIologi 4
Di antara Protozoa tersebut yang termasuk dalam kelompok Flagellata adalah
A. 1 dan2
B. 1 dan3
C. 2dan4
D. 3dan5
E. 4dan5

18. Perhatikan gambar organisme berikut!
indikator 3 SKL UN BIologi 5
Ketiga organisme tersebut dikelompokkan ke dalam Protozoa karena
A. bersifat parasit dengan inti eukariotik
B. cara hidup heterotrof sebagai parasit ‘
C. bentuk morfologis yang berbeda-beda
D. bersel satu memiliki alat gerak
E. perkembangbiakan secara seksual dan pembelahan biner