(Jurnal Full) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTS

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Sedangkan pengertian belajar sendiri menurut Cronbach dalam Sarjono (2000: 21) mengatakan “Learning is shown by change in behavior as result of experience”. Atau menurut Cronbach, belajar yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami. Menurut Thorndike dalam sarjono (2000: 21) belajar adalah suatu usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi. Menurut Pavlon dan Watson dalam sarjono (2000: 21) belajar dipandang sebagai usaha untuk membentuk refleks-refleks baru.
Matematika menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan(2003: 6) merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.

Read more »