Kalau bapak/ibu guru menyusun soal dan siswa mengerjakan trus... guru memberi penilaian itu ma biasa.... Tapi pernahkah dicoba untuk memberi kesempatan murid melakukan evaluasi untuk dirinya sendiri?
Sekali-kali perlu kita coba, memberi kesempatan murid untuk menyusun soal. Kemudian menjawabnya sendiri di hari lain, lalu mengevaluasinya sendiri sekaligus memberi penilaian pada dirinya sendiri. Biarkan mereka mengukur sendiri sampai dimana ketercapaian pembelajarannya.
Prinsipnya kalau siswa sudah menguasai suatu konsep maka dia dapat menyusun soal dan menjawabnya. Karena bapak /ibu sendiri kan kalau mau bikin soal dan gag menguasai masalah yang akan diujikan, juga tidak bisa bikin soal.... bagus???? ya...nggak??. Nah...anak didik kita juga sama... jika mereka bikin soal dan diminta menjawabnya sendiri... pasti dia akan terpaksa belajar hehehe (anak sekarang belajar harus dipaksa lo...).
Pada kesempatan lain kita ubah, kita minta mereka untuk menyusun soal, soal ditukar dengan teman secara acak. Setiap anak akan mengerjakan soal yang berbeda buatan temannya. Setelah selesai kembalikan pada pembuat soal untuk dievaluasi dan ditentukan nilainya. Beri kesempatan pada mereka untuk berdiskusi jika ada ketidak- sepahaman konsep. Biarkan mereka saling berdiskusi untuk memantapkan pemahaman mereka, dan jadilah penengah jika kesepahaman tidak juga ditemukan.
Nah untuk perbaikan model ini kesempatan yang ke 3 adalah dengan cara memberikan kisi-kisi yang telah berisi indikator soal yang jelas, lalu berikan kesempatan siswa menyusun soalnya.
Indikatornya yang mengarah ya.... jangan terlalu terbuka atau tertutup
misalnya:
1. diberikan 5 pernyataan yang mendeskripsikan tentang kerusakan alam, dapat
menentukan kerusakan yang diakibatkan ulah manusia.
atau
2. diberikan gambar struktur nefron, dapat menunjukkan fungsi bagian yang ditunjuk.
dst..........
Nah kalau kisi-kisinya diberikan soal akan menjadi lebih terarah, karena tingkat kesulitan soal jadi sama.
enak lo evaluasi dengan cara ini... guru gag perlu repot bikin soal dan koreksi, tapi murid mantap pemahamannya....Gag sulit lo... melakukannya.... kalau ini, dikerjakan dan ditulis, jadi deh PTK (penelitian tindakan kelas).
Tahun depan IVB deh.....hehehe.
ternyata PTK gampang ya.... bener kok... gampang kok... asal mau ajha....
monggo kalau ada yang mau nanya-nanya....
-
TUGAS 1 Bagaimana urutan mengerjakan genetika yang benar ? Mengapa penulisan phenotipe kode genetik genotif selalu 2 huruf sama depan belaka...
-
Ciri Khusus Ular Uwi dan Manfaatnya - Ular uwi adalah ular pemakan tikus yang suka hidup di rumah. Selain sering dijumpai di rumah, ular ini...
-
Protista ini diberi nama stramenophila karena banyaknya juluran halus pada flagelanya (stramen = jerami/flagela, pilos = rambut). Anggota k...
-
Bagian yang dapat dilihat dari luar dari hidung manusia adalah bagian menonjol dari wajah yang terdapat lubang hidung (nostril). Hidung mer...
-
Ilmupengetahuanalam.com- Ciri Khusus Hewan Kamitetep/Phereoeca Uterella dan Fungsinya- "Kami Tetep" yang nama latinnya "Phere...
-
Sel organisme tahu bahwa ia harus berhubungan dengan lingkungannya baik lingkungan alam atau lingkungan sel pada tubuh mahkluk hidup . Kandu...
-
Respirasi pada Manusia Pernapasan atau respirasi merupakan serangkaian langkah proses pengambilan oksigen dan pengeluaran sisa berupa karbon...
-
Dihari yang cerah ini akan kami Postingkan soal hereditas atau genetika untuk njenengan semua , sengaja soal ini di upload hanya kepingin sa...
-
Reproduksi pada manusia merupakan proses reproduksi yang terjadi secara seksual. Reproduksi manusia dapat terjadi secara seksual karena dia...
-
Presentasi Bioteknologi sebagai bab terakhir kelas XII bisa menggunakan ini karena Waktunya pendek dan perlu penjelasan yang lugas ...........