Bedah SKL Biologi Ujian Nasional 2016


Judul Postingan ini ada alasannya karena pengamatan detail setiap ada UN dilaksanakan . Dan kita tentu tahu bahwa UN selalu diujikan terus setiap tahun , namun apakah Prediksi ini 100 % sama atau tidak sama itu bukan berarti . 
Yang pasti harus segera move on menangkap signal prediksi soal Biologi ini he saudara mudaku semua

Maksudnya UN itu tidak sulit ... Hanya karena takut / banyak materi dan ditakuti, ragu-ambigu dan alasan menjijikkan lain yang nggak berguna sehingga menjadi Malay...hilangkan itu semua hayo temens bangkit lah jiwa ragamu bersama Blog ini OK .

Ada perubahan di soal yang sebelumnya itu pasti, namun diyakini ada hal yang kajiannya tetap. karena teorinya sudah baku dan tidak bervariasi. Kali ini saya paparkan Progress Ujian Nasional Biologi yang mungkin tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya ( yang tidak digunakan saya beri marker hijau, Penggantinya kuning sedang yang tetep keluar tetap putih OK )


TARGET SOAL YANG AKAN DIUJI 

  • Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya atau Siswa dapat menjelaskan peran virus atau Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok mirip jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya

  1. Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/ merugikan bagi kehidupan
  2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya atau Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya 
  3. Siswa dapat menentukan Keanekaragaman Hayati kehidupan yang ada didunia ini dengan memahami Keanekaragaman Genetik, Species dan Ekosistem)
  4. Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya ( Phyllum sampai Kelas saja)
  5. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu atau soal dengan disajikan contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
  6. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya (dari Divisio sampai Kelas )
  7. Disajikan daur hidup invertebrata tertentu siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya atau Siswa mampu mendudukkan species suatu mahkluk hidup dengan menggunakan Kunci Determinasi 
  8. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson tertentu
  9. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
  10. Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
  11. Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran/perubahan lingkungan
  12. Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
  13. Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
  14. Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya atau Jaringan tumbuhan yang penting dengan Perannya 
  15. Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
  16. Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung atau Siswa dapat menjelaskan penyakit/gangguan system peredaran darah
  17. Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi yang terjadi
  18. Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjela skan mekanisme pernafasan dada atau soal dengan Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya atau bisa juga gangguannya artinya Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  19. Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron atau bisa juga soal bertanya dengan penyajian deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  20. Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf atau Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
  21. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita
  22. Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
  23. Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
  24. Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
  25. Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
  26. Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
  27. Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  28. Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
  29. Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan
  30. Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
  31. Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  32. Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
  33. Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  34. Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  35. Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut atau pertanyaan soal yang Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
  36. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
  37. Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
  38. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
  39. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  40. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan