Judul Postingan ini ada alasannya karena pengamatan detail setiap ada UN dilaksanakan . Dan kita tentu tahu bahwa UN selalu diujikan terus setiap tahun , namun apakah Prediksi ini 100 % sama atau tidak sama itu bukan berarti .
Yang pasti harus segera move on menangkap signal prediksi soal Biologi ini he saudara mudaku semua
Maksudnya UN itu tidak sulit ... Hanya karena takut / banyak materi dan ditakuti, ragu-ambigu dan alasan menjijikkan lain yang nggak berguna sehingga menjadi Malay...hilangkan itu semua hayo temens bangkit lah jiwa ragamu bersama Blog ini OK .
Ada perubahan di soal yang sebelumnya itu pasti, namun diyakini ada hal yang kajiannya tetap. karena teorinya sudah baku dan tidak bervariasi. Kali ini saya paparkan Progress Ujian Nasional Biologi yang mungkin tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya ( yang tidak digunakan saya beri marker hijau, Penggantinya kuning sedang yang tetep keluar tetap putih OK )
TARGET SOAL YANG AKAN DIUJI
- Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya atau Siswa dapat menjelaskan peran virus atau Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok mirip jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya
- Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/ merugikan bagi kehidupan
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya atau Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa dapat menentukan Keanekaragaman Hayati kehidupan yang ada didunia ini dengan memahami Keanekaragaman Genetik, Species dan Ekosistem)
- Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya ( Phyllum sampai Kelas saja)
- Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu atau soal dengan disajikan contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya (dari Divisio sampai Kelas )
- Disajikan daur hidup invertebrata tertentu siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya atau Siswa mampu mendudukkan species suatu mahkluk hidup dengan menggunakan Kunci Determinasi
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson tertentu
- Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
- Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
- Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran/perubahan lingkungan
- Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
- Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
- Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya atau Jaringan tumbuhan yang penting dengan Perannya
- Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
- Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung atau Siswa dapat menjelaskan penyakit/gangguan system peredaran darah
- Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi yang terjadi
- Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjela skan mekanisme pernafasan dada atau soal dengan Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya atau bisa juga gangguannya artinya Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
- Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron atau bisa juga soal bertanya dengan penyajian deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
- Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf atau Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
- Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita
- Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
- Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
- Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
- Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
- Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
- Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
- Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
- Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan
- Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
- Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
- Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
- Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
- Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
- Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut atau pertanyaan soal yang Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
- Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
- Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
- Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
- Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
- Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan