Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Tertentu ( Xerofit, Higrofit, Hidrofit )

Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Kering, Lembap, dan Lingkungan Air- Ciri Khusus Tumbuhan adalah ciri atau karakteristik suatu tumbuhan yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu. Ciri khusus tersebut bisa jadi dimiliki oleh tumbuhan lainnya dan ada juga ciri khusus yang hanya dimiliki oleh tumbuhan tertentu tersebut. Misalnya kangkung dan enceng gondok ada kesamaan ciri khusus yakni sama-sama memiliki batang yang berongga, namun ciri khusus yang lainnya berbeda. Sahabat pembaca, tumbuhan dapat hidup di lingkungan tertentu namun biasanya akan mati jika dipindahkan ke lingkungan tertentu lainnya. Berdasarkan tempat hidup lingkungannya, tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi 3 tempat hidup yakni tumbuhan yang hidup di tempat yang kering/kurang air ( xerofit ), tumbuhan yang hidup di tempat/lingkungan yang lembap ( higrofit ), dan tumbuhan yang hidup di lingkungan air ( hidrofit ). Baca Pengertian Tumbuhan Xerofit, Higrofit, dan Hidrofit beserta Contohnya.

Sahabat pembaca/adik-adik kelas 6, para guru, dan orang tua/wali siswa kelas 6, artikel ini merupakan  Rangkuman/Ringkasan Materi Ujian Sekolah ( US ) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kelas 6 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang sesuai dengan kisi-kisi US IPA SD tahun 2016 :
  • bab: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • materi: Ciri Makhluk Hidup dan Penggolongan Hewan
  • 1.1 ( Indikator 1 ) : Mengidentifikasi Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Tertentu 
Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan  Xerofit, Higrofit, dan Hidrofit 

Sahabat pembaca, untuk mengidentifikasi ciri khusus yang hidup di lingkungan tertentu, tentunya kita harus mengetahui ciri khususnya berbagai tumbuhan, baik ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan kering, lembap, maupun air.

Adapun untuk mempelajari berbagai ciri khusu tumbuhan membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh sebab itu sebaiknya para siswa kelas 6 tahun pelajaran 2015/2016 sudah  sejak dini mempelajari materi Ujian Sekolah, dalam hal ini materi tentang ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. Di bawah ini beberapa rangkuman materi ciri khusu tumbuhan, silakan klik link-link yang ada ( jika belum ada linknya, tunggu update di lain waktu ) dan tentunya yang sesuai dengan yang Anda butuhkan untuk belajar :

A. Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Kering/Kurang Air ( Xerofit )

Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan  Xerofit
  1. Ciri Khusus Tumbuhan Kaktus dan Fungsinya 
B. Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Lembap ( Higrofit )


C. Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Air ( Hidrofit )
  1. Ciri Khusus Tumbuhan Teratai 
Demikian Rangkuman Materi Ujian Sekolah IPA SD 2016 tentang Ciri Khusus Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Tertentu ( Xerofit, Higrofit, Hidrofit ). Semoga bermanfaat