Fakta Zombie adalah Pahlawan Islam Cuma Hoak

Sekarang ini sering kali banyak berita yang tidak bertanggung jawab banyak yang memberitakan berita yang hoak dan cuma menyebarkan sensasi untuk menaikkan rating suatu blog atau website . Zombie yang sekarang ini yang terngiang di benak kita adalah mayat hidup yang mencari mangsa manusia lain untuk dijadikan zombie juga . Banyak film maupun video game yang mengisahkan tentang zombie.

Pahlawan Islam
Pahlawan Islam

Dalam salah satu referensi yang saya baca mengatakan bahwa zombie adalah pahlawan Islam dari Brazil  , dan inilah fakta yang sebenarnya :

1. Zombie yang dijadikan referensi umum, terutama oleh Holywood, mengacu kepada Kepercayaan dan kisah rakyat (folklor) di Haiti. Jadi tidak ada hubungannya dengan Zombie di Brasil seperti argumen artikel diatas. http://en.wikipedia.org/wiki/Zombie_(folklore)

2. Referensi yang paling tepat mengenai Zombie di Brasil tersebut adalah Zumbi dos Palmares. http://en.wikipedia.org/wiki/Zumbi.

(*lain kali mohon agak rajin sedikit jika mau nulis artikel di media sosial. Lakukan studi kepustakaan dulu. Bahkan mengutip nama saja salah*)

Mari kita telaah Zombie dan Zumbi dos Palmares dalam konteks keseluruhan artikel diatas

3. Apakah Zumbi seorang Pahlawan / Komandan ?
Ya, benar. Zumbi dos Palmares adalah pemimpin Palmares, suatu daerah yang dibentuk oleh para budak pelarian yang melarikan diri dari para pemilik budak.

4. Apakah benar ada penguatan posisi Islam di Brasil ?
Artikel tersebut tidak diperkuat dengan data. Namun, memang ada revolusi yang dipimpin oleh budak muslim tahun 1835 (http://en.wikipedia.org/wiki/Mal%C3%AA_Revolt)

5. Di saat seperti itu, pada tahun 1643, tiba-tiba muncul seorang pahlawan Islam. Dengan gagah berani ia mendeklarasikan berdirinya Negara Islam di Brazil setelah sebelumnya bergerak mendakwahkan Islam ke berbagai penjuru Brazil dan mengajak para tokoh dan pimpinan di wilayah itu untuk masuk Islam. Nama pahlawan itu adalah Zombie.

Tidak/belum ada fakta sejarah yang bisa membuktikan argumen diatas,
Tidak/belum ada dokumen sejarah yang menyebutkan Zumbi adalah seorang pendakwah.
Fakta yang ada menyebutkan Zumbi adalah seorang Komandan Militer.

6. Apakah Palmares benar merupakan Negara Islam di Brasil ?

Tidak/belum ada fakta lebih lanjut.
Saya lanjutkan kembali bahwa Palmares adalah "daerah aman" yang didirikan oleh para budak pelarian, tentara yang desersi, termasuk juga suku Indian asli Brasil yang termarginalisasi dan juga pemeluk agama Yahudi. http://atlantablackstar.com/2013/11/15/afro-brazilian-story-black-november-zumbi-dos-palmares/

Sebagian besar dari para budak tersebut memang beragama Islam. Tapi sampai saat ini belum saya temukan data yang jelas-jelas menyebutkan bahwa Palmares adalah Negara Islam atau Kelompok Islam.

7. "Ketika posisi Islam di Brazil menguat, Pasukan Salibis menghabisi mereka. Pasukan Salibis berusaha menghancurkan Islam hingga ke akar-akarnya. Dan mereka menganggap program mereka berhasil. Islam telah dilumatkan"

Alasan utama pembentukan Palmares bukan agama, namun perjuangan mencapai kemerdekaan dan perlawanan sosial antar kelas, yaitu kaum termarginal melawan kolonial Portugis yang didukung para pemilik budak yang kebetulan memang beragama Kristen. Jadi penggunaan kata "Salibis" disini terlalu tendensius.

8. Apakah Zumbi dos Palmares beragama Islam ?
Tidak/belum ada fakta lebih lanjut.

Saya rangkum :

Bahwa benar ada Komandan Militer bernama Zumbi di Brasil yang memimpin Quilombos dos Palmares, yaitu daerah aman yang dibentuk oleh para budak yang mayoritas muslim, bersama-sama dengan kelompok minoritas lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan diri melawan Kolonial Portugis.

Namun argumen apakah benar Zumbi beragama Islam masih sangat bisa diperdebatkan.


*sumber beraswutah https://www.blogger.com/profile/00812585056596444082 , seorang praktisi kapoera sejak 2002 dan sedikit paham tentang sejarah Islam di Brasil , katanya dalam sebuah komentar di laman web untuk meluruskan.
*ilustrasi gambar dari deviantart.com