Ini saya postingkan hanya untuk melatih anak anak yang sudah belajar maksimal namun belum teraplikasi hasil belajarnya untuk dilatihkan dalam soal . OK semoga berguna
Ini hadiah yang bener menjawabnya dengan baik setelah dicek diteori buku atau teori yang sudah di postingkan disini tinggal dicari di Search artikel
ini Postingan Materi Kelas X dalam bentuk lain silahkan dibaca
Ini hadiah yang bener menjawabnya dengan baik setelah dicek diteori buku atau teori yang sudah di postingkan disini tinggal dicari di Search artikel
1. Histologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a. Kehidupan pada tingkat sel
b. Kehidupan pada tingkat jaringan
c. Kehidupan pada tingkat organ
d. Kehidupan pada tingkat system organ
e. Kehidupan pada tingkat tingkat individu.
2. Mikologi merupakan cabang biologi yang mengkaji …….
a. virus d. sel
b. jaringan e. protista
c. jamur
3. Cabang-cabang Biologi berikut ini berkaitan dengan dunia kedokteran, kecuali ........
a. ekologi d. mikrobiologi
b. genetika e. fisiologi
c. virologi
4. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah .......
- genetika d. patologi
- sitologi e. sanitasi
- embriologi
5. Suatu daerah terserang wabah muntaber, Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi yang disebut ...........
- virologi d. patologi
- bakteriologi e. sanitasi
- parasitologi
6. Seorang siswa sangat tertarik pada pelajaran biologi. Dia berharap dimasa depan akan dapat mengembangkan tanaman nanas sehingga menghasilkan nanas jenis baru dengan berbagai rasa.
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut sebaiknya masuk ke jurusan ............
- biologi
- pertanian
- teknologi pangan
- botani
- bioteknologi
7. Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan mahluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........
- mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
- bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
- kandaungan mineral dalam batuan
- ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
- pembuatan bir
8. Sel-sel yang serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk .......
- jaringan d. komunikasi
- organ e. bioma
- individu
9. Berikut ini tabel hasil panen kacang tanah dari hasil penelitian :
| |||||||||||
Dari hasil panen tersebut kesimpulan yang tidak sesuai adalah ........
- pemberian pupuk meningkatkan hasil panen
- penggunaan pupuk NPK memberikan hasil panen yang lebih banyak daripada pupuk kandang
- ukuran biji kacang pada tanaman yang dipupuk lebih besar daripada yang tidak dipupuk
- penggunaan pupuk kandang memberikan hasil panen lebih baik daripada tanpa pemupukan
- untuk meningkatkan hasil panen perlu dilakukan pemupukan
10. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali ..........
- jujur terhadap fakta
- bertanggung jawab
- disiplin dan tekun]
- melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
- peduli terhadap lingkungan
11. Cara pengelompokan nerdasarkan ciri morfologi disebut .......
- klasifikasi sistem alami
- klasifikasi sistem buatan
- klasifikasi sistem filogeni
- klasifikasi sistem evolusi
- taksonomi
12. Seorang peneliti tumbuhan melakukan surveylapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup disuatu tempat. Ia mengumpulkan spesimen tumbuhan yang ada dan memasukannya kedalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu dan herb. Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi .............
- buatan
- alami
- filogeni
- buatan dan alami
- alami dan filogeni
13. Penamaan suatu mahlik hidup dengan menggunakan dua kata disebut ......
- sistem tata nama ganda
- takson
- dikotomi
- taksonomi
- nama genus
14. Nama ilmiah pisang adalah Musa paradisiacaL. Huruf L artinya adalah .........
- nama genus
- nama spesies
- penunjuk spesies
- singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
- nama famili
15. Berdasarkan sistem tata nam ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah ............
- Cocos nucifera L.
- Cocos Nucifera L.
- Cocos N.L.
- cocos Nucifera L.
- cocos nucifera L.
- Charles Darwin
- Gregor Mendel
- Carolus Linnaeus
- Anthony van Leuwenhoek
- Lamarck
17. Nama ilmiah kentang adalah Solanum tuberosumdan nama ilmiah leunca (sering digunakan untuk lalap) adalah Solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini .......
- Spesiesnya sama, genusnya berbeda
- Genusnya sama, spesiesnya berbeda
- Familinya sama, genusnya berbeda
- Berbeda spesies maupun genus
- Varietasnya sama
18. Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah ........
- Kingdom – filum / divisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
- Kingdom – filum / divisi – kelas – famili – ordo - genus – spesies
- Kingdom – filum / divisi – ordo – famili – genus – spesies
- Kingdom, filum / divisi – ordo – kelas – genus – famili – spesies
- Kingdom, filum / divisi, ordo – kelas – genus spesies
19. Alasan pemisahan Iamur / Fungi menjadi kingdom tersendiri adalah karena Fungi ............
- Tidak memiliki dinding sel
- Melakukan gerak aktif
- Bersifat heterotrof
- Tidak memiliki membran inti
- Berkembang biak dengan spora
20. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh ........
- Aristoteles
- Carolus Linnaeus
- Charles Darwin
- Robert Hooke
- Robert Whittaker
21. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
- Uniseluler
- Multiseluler
- Sel sederhan
- Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
- Belum termasuk sel
22. Virus dapat dianggap makhluk hidup karena memiliki ciri-ciri hidup. Ciri / gejala hidup yang terdapat pada virus adalah .........
- Gerak
- Reproduksi
- Metabolisme
- Gerak dan reproduksi
- Reproduksi dan metabolisme
23. Salah satu ilmuan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1883).
Salah satu masalah yang mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah ....
Salah satu masalah yang mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah ....
- Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
- Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
- Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
- Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
- Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
24. Contoh virus yang menglami fase litik dan lisogenik adalah ...............
- Fage
- Ebola virus
- HIV
- Hepatitis virus
- Polio virus
25. Virus hanya dapat berkembang biak pada jaringan sel makhluk hidup dengan ...........
- Menggunakan asam nukleat sel inangnya
- Menggunakan mitokondria sel inangnya
- Mengubah inti sel inangnya
- Mengabsorpasi sel inangnya
- Menggunakan membran sel inangnya
26. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini. Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
- 1 d. 4
- 2 e 5
- 3
27. Reproduksi virus terdiri dari rangkaian tahap .............
- Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan, pelepasan
- Pelekatan, penetrasi, pematangan, replikasi dan sintesis, pelepasan
- Pelekatan, penetrasi, pematangan, pelepasan, replikasi dan sintesis
- Pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pelepasan, pematangan
- Pelekatan, replikasi dan sintesis, penetrasi, pematangan, pelepasan
28. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang
- Sistem saraf dan kulit
- Sistem kekebalan tubuh
- Sistem peredaran darah
- Sistem peredaran darah dan pernapasan
- Sistem pencernaan dan peredaran darah
29. Perhatikan gambar\
Bagian yang ditunjukk pada bagian Bakteriofage di atas .
a. DNA
b. Kapsid
c. Selubung ekor
d. discus
30. Cara pemberian nama virus berbeda dengan pemberian nama spesies makhluk hidup lainnya. Virus diberi nama dalam bahasa Inggris dan nama virus menunjukan gangnguan yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah virus yang tidak menyerang manusia
- tobacco mozaik virus
- influenza virus
- mumps virus
- herpes simpleks virus
- poliovirus
31. Sel bakteri sama seperti sel tumbuhan karena memiliki dinding sel. Akan tetapi struktur dinding sel bakteri berbeda dengan struktur dinding sel tumbuhan karena struktur sel bakteri tersusun atas ...........
- lignin
- peptidoglikan
- selulosa
- hemiselulosa
- lipid
32.Perhartkan bentuk bakteri berikut.
Bakteri yang berbentuk sarkina ditunjukkan oleh ................
- 1 d. 4
- 2. e. 5
- 3
33. Bakteri dibawah ini menyebabkan penyakit antraks pada hewan ternak sapi .
Dari gambar dapat dipastikan bakteri ini diberi nama Bacillus anthracis sebab berbentuk .........
Dari gambar dapat dipastikan bakteri ini diberi nama Bacillus anthracis sebab berbentuk .........
- bulat d. koma
- kotak e. spiral
- batang
34. Bakteri ada yang memiliki kemampuan lokomosi / melakukan gerakan. Struktur sel bakteri yang menunjang kemampuan tersebut adalah ...........
- fimbria d. kapsul
- pilus e. klorosom
- flagelum
35. Ada beberapa bakteri yang bersifat fotoautotrof. Bakteri dengan sifat ini memiliki organel yang
disebut .............
- kloroplas d. fimbria
- kloroson e. vakuola gas
- kapsul
36. Escherichia coli yang dapat hidup dengan atau tanpa adanya oksigen disebut bakteri ...
- anaerob obligat
- anaerob fakultatif
- aerob
- heterotrof
- autrotrof
37. Sel bakteri untuk memperbanyak diri memiliki kemampuan melakukan pembelahan biner. Apabila sel bakteri membelah setiap 10 menit sekali, pembiakan satu sel bakteri setelah 3 jam akan menghasilkan sel sejumlah ..........
- 32 d. 218
- 182 e. 23
- 2180
38. Bakteri memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi secara seksual. Reproduksi seksual pada bakteri terjadi melalui ..................
- Perkawinan antara bakteri jantan dan betina
- Perkawinan yang bersifat hemafrodit
- Pertukaran materi genetik / rekombinasi ...
- Fragmentaasi
- Pembelahan sel
39. Beberapa jenis Cyanobacteria dapat dianggap sebagai pupuk alam bagi tumbuhan karena dapat
- Nitrogen d. Oksigen
- Karbon e. Sulfur
- Hidrogen
40. Contoh bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia adalah ...........
- Sulfolobus
- Lactobatillus bulgaricus
- Mycobacterium tuberculosis
- Nitrosomonas
- Pseudomonas solanacearum
41. Bakteri yang memilki flagela mengerombol pada salah satu ujung selnya disebut bakteri ...............
.
.
- monotrika d. politrika
- amfitrika e. peritrika
- lofotrika
42. Bakteri yang mempunyai bentuk bulat dan dan berkoloni seperti sekelompok buah anggur
disebut ..........
- diplokokus d. strepokokus
- sarkina e. monokokus
- stafilokokus
43. Salah satu jenis bakteri yang memiliki bentuk batang adalah ........
- Clostridium tetani
- Treponema pollidium
- Vibrio coma
- Nitrosococcus sp.
- Streptococcus lactis
44. Organisme Fotoautotrof seperti bacteria purpurin mendapatkan sumber energi untuk membentuk karbon organic yang berasal dari...............
- CO2
- Cahaya matahari
- Senyawa organic
- senyawa organic
- proses oksidasi
45. Methanobacterium methanoat maupun Clostridium tetani akan hidup baik pada lingkungan yang anaerob dan akan mati jika terdapat O2pada habitatnya. Hal tersebut memperlihatkan bahwa organisme tersebut bersifat ...............
- aerob obligat
- aerob fakultatif
- anaerob obligat
- aerob fakultatif
- tripoblstik
46. Nitrosomonasmerupakan organisme kemoorganotrof yang mampu mengoksidasi amoniak (NH3) menjadi .......
- nitrat d. nitrioksida
- nitrit e. amonium
- amida
47. Nitrobacter merupakan bakteri kemoautotrof yang melakukan nitrifikasi ia dapat mengoksidasi ..
- nitrat menjadi nitrit
- nitrit menjadi nitrat
- amonia menajadi nitrit
- nitrit menjadi amonia
48. Acetobacter xylinum adalah bakteri yang digunakan untuk ............
- penghasilan antibiotik
- pembuatan yakult
- pembuatan nata de-coco
- pembuatan kecap
- penghasil protein sel tunggal
49. Bakteri Eschericia coly yang hidup bersimbiosis pada usus tebal manusia berperan dalam pembentukan vitamin ……
- vitamin A d. vitamin B
- vitamin C e. vitamin D
- vitamin K
50. Kelompok penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada manusia adalah ..........
- tetanus, campak, disentri, cacar
- sifilis, lepra, pes, kolera
- TBC, antrax, influenza, tifus
- Malaria, gonorhoe, morbili, pneuumonia
- Rabies, difteri, hondong, trakhom
ini Postingan Materi Kelas X dalam bentuk lain silahkan dibaca