UJIAN KELAS X MID SMSTR 1



1.    Mulai awal abad ke-20 biologi berkembangsangat pesat yang disebabkan oleh ....
A.      revolusi industri
B.      penemuan mikroskop elektron
C.      rasa ingin tahu yang tinggi
D.      keinginan untuk menguasai alam
E.       keinginan untuk hidup yang lebih baik

2.         Hirarki kehidupan dari tingkat tinggi ketingkat rendah adalah ....
A.      komunitas – organisme – populasi –ekosistem
B.      organisme – populasi – komunitas –ekosistem
C.      organisme – komunitas – ekosistem –populasi
D.      ekosistem – komunitas – populasi –organisme
E.       populasi – ekosistem – komunitas –organisme

3.         Aktivitas kehidupan pada organismemonoseluler dikendalikan oleh ....
A.      satu sel
B.      lebih dari satu sel
C.      organel
D.      jaringan
E.       sistem organ

4.         Kumpulan dari beberapa sel yang bekerjasama dan terdapat pada organismetingkat individu disebut ....
A.      sel
B.      sistem organ
C.      jaringan
D.      protoplasma
E.       organ

5.         Cabang biologi yang mempelajari jasadrenik atau mikroorganisme adalah ....
A.      morfologi
B.      sitologi
C.      histologi
D.      entomologi
E.       mikrobiolog

6.         Evolusi merupakan cabang biologi yangmempelajari tentang ....
A.      interaksi antarindividu dalam suatudaerah
B.      hubungan timbal balik antara makh-luk hidup dengan lingkungan
C.      perkembangan makhluk hidup dari bentuk sederhana ke bentuk yanglebih rumit
D.      kesatuan hubungan antarindividudalam suatu daerah
E.       pengelompokan makhluk hidup

7.         Seorang siswa akan melakukan penelitianpengaruh hormon auksin terhadap per-tumbuhan stek mawar. Maka variabel bebasnya adalah ….
A.      jenis mawar
B.      pertumbuhan stek
C.      suhu lingkungan
D.      komposisi tanah
E.       kadar hormon auksin

8.         Kebenaran teori dalam ilmu pengetahuan berlaku ….
A.      selama belum ada bukti yang menolakteori itu
B.      selama penemu masih hidup
C.      selamanya di seluruh dunia
D.      selama belum ada teori yang meng-gantikan
E.       pada tempat dan waktu tertentu

9.         Jawaban sementara dari masalah yang di-teliti untuk diuji kebenarannya disebut ....
A.      variabel
B.      data
C.      metode
D.      sampel
E.       hipotesis

10.     Hasil dari metode ilmiah merupakanpengetahuan yang ilmiah karena ....
A.      dilakukan oleh para ahli
B.      dilakukan dengan langkah-langkahilmiah
C.      langkah kerjanya sistematis
D.      menggunakan alat yang canggih
E.       telah teruji kebenarannya

11.     Virus pertama kali ditemukan pada tahun1871 – 1899 oleh ....
A.   Ivanovski
B.    Seleiden
C.    Aristoteles
D.   Mary Back
E.    Robert Hooke

12.     Virus bukan merupakan sel karena tidakmempunyai ....
A.   organela
B.    protein
C.    asam nukleat
D.   protoplasma dan nukleus
E.    asam nukleat dan protoplasma

13.     Materi yang tersimpan dalam kapsid virus berupa ….
A.   protein
B.    lemak
C.    glikoprotein
D.   asam nukleat
E.    lipoprotein

14.     Contoh virus ARN adalah ….
A.   virus herpes
B.    HIV
C.    bakteriofag
D.   virus hepatitis B
E.    virus cacar

15.     Penyakit di bawah ini yang disebabkanoleh virus adalah ….
A.   influenza, demam, dan difteri
B.    rabies, kolera, dan sampar
C.    demam berdarah, rabies, dan trakom
D.   hepatitis, difteri, dan tifus
E.    cacar, difteri, dan campak

16.     Sistem pertahanan tubuh yang bergunauntuk melawan infeksi virus adalah ….
A.   antibodi
B.    antibiotik
C.    hormon
D.   enzim
E.    antigen

17.     Untuk memerangi virus yang menim bulkan penyakit dilakukan usahapencegahan (preventif) dan pengobatan(kuratif). Usaha preventif dapat dilakukandengan ....
A.   disinfeksi
B.    pasteurisasi
C.    radiologi
D.   vaksinasi
E.    sterilisasi

18.     Penyakit AIDS disebabkan oleh HIV.Dalam tubuh manusia HIV menyerang ….
A.   sistem respiratoria
B.    sistem koorninasi
C.    sistem kekebalan tubuh
D.   sistem transportasi
E.    sistem pencernaan

19.     Tahap reproduksi virus pada daur litikadalah ....
A.   adsorpsi – injeksi – sintesis protein –replikasi – lisis – perakitan
B.    injeksi – adsorpsi – sintesis protein –replikasi – perakitan – lisis
C.    adsorpsi – injeksi – sintesis protein –replikasi – perakitan – lisis
D.   adsorpsi – injeksi – replikasi – sintesisprotein – perakitan – lisis
E.    injeksi – adsorpsi – sintesis protein –replikasi – perakitan – lisis

20.     Ketika dalam daur lisogenik, bakteri yangterinfeksi virus tidak menunjukkan gejalapenyakit karena ….
A.   virus tidak bersifat parasit
B.    ADN virus tidak aktif
C.    virus belum menginjeksikan materigenetik
D.   jumlah asam nukleat virus masih sedikit
E.    virus belum matang

21.     Bakteri termasuk mikroorganisme berselsatu dan belum mempunyai membran intiatau disebut ....
A.   eukarion
B.    prokarion
C.    dominan
D.   resesif
E.    homozigot

22.     Tubuh bakteri pada bagian luar terdapatlapisan yang menyelubungi dinding selsecara keseluruhan disebut ....
A.   kapsul
B.    flagela
C.    sitoplasma
D.   prokarion
E.    kalsium karbona

23.     Bakteri dapat bereproduksi secara generatifdengan cara ....
A.   fragmentasi
B.    konjugasi
C.    biner
D.   hormogonium
E.    aplanospora

24.     Corynebacterium diphteriae dapat menyebabkan penyakit ….
A.   difteri
B.    antraks
C.    diare
D.   pneumonia
E.    tetanus

25.     Cyanobacteria mempunyai bakerioklorofilsehingga bersifat ….
A.   fotoautotrof
B.    saprofit
C.    patogen
D.   parasit
E.    kemoautotrof6.

26.     Rivularia merupakan contoh alga biruyang berbentuk ....
A.   sel tunggal
B.    filamen
C.    koloni
D.   soliter
E.    bundar

27.     Oscilatoria termasuk ganggang biru yang berkembang biak dengan cara ....
A.   hormogonium
B.    fragmentasi
C.    biner
D.   generatif
E.    mitosis

28.     Kebanyakan arkae hidup di habitat yangekstrim, sehingga dikelompokkan menjadi ....
A.   asidofil, halofil, termofil
B.    halofil, metanogen, termofil
C.    metanogen, termofil, asidofil
D.   sulfonogen, metanogen, ferooksidan
E.    sulfonogen, asidofil, halofil
29.     Komponen yang membedakan arkaedengan bakteri adalah ....
A.   ukuran sel
B.    bentuk sel
C.    bentuk koloni
D.   dinding sel
E.    mesosom


30.     Arkae yang dapat berperan dalam pengola-han limbah adalah ….
A.      Methanobacter
B.       Sulfolobus
C.       Chlamydia
D.      Holobacterium
E.       Salmonella

31.     Kelas Sarcodina yang bermanfaat sebagai bahan penggosok adalah ....
A.      Foraminifera
B.      Stentor
C.      Radiolaria
D.      Forticella
E.       Paramaecium

32.     Plasmodium dapat memperbanyak diridengan cara generatif dan berlangsungsecara ....
A.      hormogonium
B.      anisogami
C.      plasmogami
D.      fragmentasi
E.       konjugasi

33.     Protozoa dibedakan menjadi empatkelompok berdasarkan ....
A.      ukuran sel
B.      simbiosis
C.      alat gerak
D.      nutrisi
E.       pigmen

34.     Organela pada Amoeba proteus yang berperan dalam proses pengeluaran sisametabolisme, mengatur kadar air dalamtubuh dan tekanan osmosis sel adalah ....
A.      vakuola makanan
B.      plasmolema
C.      endoplasma
D.      vakuola kontraktil
E.       ektoplasma

35.     Fase vegetatif jamur lendir yang dapat bergerak seperti hewan disebut ….
A.      amoeba
B.      plasmodium
C.      myxoamoeba
D.      sporangium
E.       anteridium

36.     Jamur air yang sering menyebabkankematian pada kecambah tanamanadalah ....
A.      Phytophthora infestan
B.      Phyitium
C.      Saprolegnia
D.      Fuligo
E.       Acrasis

37.     Plasmodiophora brassicae menyebabkan busuk akar pada tanaman ….
A.      kentang
B.      karet
C.      tembakau
D.      tomat
E.       kubis

38.     Filum Protista yang banyak digunakansebagai bahan makanan di daerah pantaiseperti agar-agar adalah ...
A.      Sarcodina
B.      Pyrrophyta
C.      Mastighophora
D.      Rhodophyta
E.       Ciliophora

39.     Agar yang sering digunakan untukmembuat medium pertumbuhan bakteridan jamur diperoleh dari ganggang ….
A.      Sargassum
B.      Ulva
C.      Euchema
D.      Spyrogyra
E.       Macrocystis

40.     Euglena sering dimasukkan ke dalamkelompok hewan karena ….
A.      mempunyai bintik mata
B.      dapat bergerak dengan flagela
C.      mempunyai klorofil
D.      dapat bersifat heterotrof
E.       berkembang biak dengan membelahdiri



ESSAY 
1.      Sebutkan empat fungsi dinding sel pada bakteri.
2.      Gambarkan lima macam bakteri berdasarkan letak dan jumlah flagelnya.
3.      Sebutkan tiga peranan tiga Cyanobacteria.
4.      Mengapa perairan yang ditumbuhan Azolla piñata menjadi subur?
5.      Mengapa bakteri dan arkae sangat berguna dalam proses pengolahan limbah industri
6.      Jelaskan arti dan ruang lingkup biologi.
7.      Semua makhluk hidup mempunyai rasa ingin tahu, tetapi hanya manusia yang dapatmengembangkan rasa ingin tahunnya menjadi ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Jelaskan perbedaan rasa ingin tahu pada tumbuhan, hewan, dan manusia. Apa yangmendasari perkembangan ilmu pengetahuan manusia?
8.      Mengapa biologi perlu dipisah menjadi berbagai cabang ilmu? Apa keuntungannya?
9.      Jelaskan tingkatan hirarki dari organisasi kehidupan.
10.  Apakah fungsi variabel kontrol dan variabel bebas dalam penelitian?
11.  Jelaskan sifat-sifat virus.
12.  Mengapa virus tidak digolongkan sebagai makhluk hidup?
13.  Jelaskan daur litik dan lisogenik pada virus.
14.  Sebutkan empat contoh virus yang menyerang hewan dan nama penyakit yangditimbulkannya.
15.  Gambar dan sebutkan bagian-bagian struktur tubuh virus bakteriofag.