CARA MUDAH BELAJAR MICROSOFT EXCEL

Sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Microsoft Excel, ada baiknya kita tahu dulu tentang :
1. Apa itu program Ms Excel?
2. Apa saja kegunaan program Ms Excel?

oke langsung saja, Microsoft Excel adalah 
sebuah program aplikasi yang dibuat perusahaan MICROSOFT yang berisi lembar kerja spreadsheet.

Microsoft excel biasanya kita gunaan untuk hal-hal seperti berikut:
1. Kalkulasi dan pembuatan grafik 
Kalkulasi data dari hasil (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya), begitu juga pembuatan grafik. contoh: (grafik tingkat kelulusan siswa, grafik tingkat pendapatan karyawan di jogja, grafik perkembangan jumlah penduduk dll)
2. Dalam bidang akuntansi
Membuat rekapitulasi keuangan, menghitung rugi/laba, gaji karyawan suatu perusahaan dll
3. Membuat jadwal pelajaran
4. Membuat presensi siswa serta database sekolahan

melihat begitu banyak manfaat dari program ms excel, agus akan berbagi beberapa ilmu tentang rumus-rumus yang ada di ms excel, silahkan mengikuti.....


Memulai menggunakan Word 2007

Untuk memualai program Ms Excel 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1). Klik menu START pada taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007

Rumus-rumus yang akan saya bahas diantaranya:
A. SUM
B. MAX
C. MIN
D. AVERAGE
E. IF
F. RANK
G. COUNT IF
H. SUM IF
I. VLOOKUP

*** penting :
@ Dalam program ms excel untuk memasukkan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan "="

@  Dalam program ms excel kita juga harus tahu tentang sell dan alamat cell

   Cell merupakan bagian terkecil dari program Ms Excel
   Pada gambar di atas, Cell tersebut berada pada alamat B4 (Colom B, Baris ke 4)


Oke gan, ayo kita mulai kupas, satu persatu

A. SUM
Sum merupakan rumus yang digunakan untuk "Menjumlahkan"
cara penggunaannya :


B. MAX
Max merupakan rumus yang digunakan untuk "Mencari Nilai Tertinggi"
cara penggunaannya :

C. MIN
Min merupakan rumus yang digunakan untuk "Mencari Nilai Terendah"
cara penggunaannya :

D. AVERAGE
Average merupakan rumus yang digunakan untuk "Mencari Nilai Rata-rata"
cara penggunaannya :

E. IF
If merupakan rumus yang digunakan untuk menampilkan sebuah pesan dengan sebuah syarat tertentu,


Ex : Saya akan memunculkan pesan "lulus"  dengan syarat nilai rata rata dari siswa harus lebih besar atau sama dengan  70, sedangkan jika syarat tidak terpenuhi maka pesan yang akan muncul adalah "tidak lulus"

E. RANK
Rank merupakan rumus yang digunakan untuk mencari ranking dari sebuah daftar nilai siswa
Coba diperhatikan pada rumus diatas, pada setiap rumus nya huruf " E5:E7 " tidak berubah, sehingga ketika kita ingin menarik rumus nya supaya tidak kerja beberapa x, kita bisa mengubah rumus rangkingnya andi menjadi   
=rank(E5,E$5:E$7) Setelah itu tinggal ditarik deh kebawah .......  Selesai
terus apa kegunaan tanda $, tanda $ digunakan untuk menentukan nilai mutlak, atau mengunci cell supaya tidak berubah ubah walaupun kita tarik...

F. COUNT IF
Count if merupakan rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data dengan syarat tertentu
Ex: saya akan mencari, tentang berapa jumlah buah apel, buah jeruk, (belimbing + duku), kalau saya logika rumus tersebut adalah, menjumlahkan data antara alamat cell b5 sampai dengan alamat cell b11 dengan syarat nama sesuai dengan yang tercantum

G. SUM IF
Sum if merupakan rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data angka dengan syarat tertentu


G. VLOOKUP
Vlookup  merupakan rumus yang digunakan untuk mengkopi data dari database secara vertikal

penjelasan satu contoh rumus diatas
ex :      =VLOOKUP(A15,A5:E7,2)
A15 = Data yang akan diubah ubah (antara angka 1 samapi dengan 3)
A5:E7 = Data base yang diseleksi semuanya
2 = Colom kedua dari data base yang diseleksi


demikian tutorial yang bisa agus sampaikan, semoga bisa dipahami dan bermanfaat, kalau masih ada yang dibingungkan bisa di tanyakan di komentar....
ok saya tunggu komentar nya ya.... selamat mencoba