21. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Indikator soal :
Disajikan data zat aditif pada kemasan makanan siswa, dapat mengidentifikasi zat aditif sitetis pada makanan
Butir soal :
Data komposisi pada kemasan makanan:
Tepung terigu, tepung tapioka, minyak sayur, perisa ayam, rempah-rempah, pemantap nabati, tartrazin Cl 19140, monosodium glutamate, asam folat, garam gula, dan bubuk cabe.
Bahan peyedap sintetis yang terdapat pada makanan tersebut adalah ....
A. monosodium glutamat
B. tartrazin Cl 19140
C. pemantap nabati
D. rempah-rempah
Kunci : A
Penjelasan :
Monosodium glutamate (MSG) dikenal dengan nama vitsin, merupakan bahan penyedap buatan yang berasal tumbuhan tebu, bentuknya kristal putih.
22. Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
Indikator soal :
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh zat adiktif terhadap halusinasi
Butir soal :
Narkotika golongan halusinogen menyebabkan pemakainya berhalusinasi (berkhayal). Efek halusinasi menunjukkan bahwa narkotika jenis tersebut ….
A. mempengaruhi fungsi system saraf pusat
B. menurunkan fungsi saraf simpatik
C. meningkatkan saraf parasimpatik
D. menghambat kerja sumsum tulang belakang
Kunci : A
Penjelasan :
Efek yang ditimbulkan pada gangguan sistem syaraf antara lain adalah tergangganggunya kesadaran
23. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Indikator soal :
Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu
Butir soal :
Perhatikan gambar berikut.
Mahluk hidup yang menunjukkan proses menanggapi dan menerima rangsang cahaya adalah gambar nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Kunci : D
Penjelasan :
Gambar nomor 4 adalah tumbuhan yg berada di ruangan yidak terkena cahaya matahari, ketika didekatkan ke jendela maka tumbuhan tersebut akan membelok menuju kea rah datangnya cahaya
24. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
Indikator soal :
Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi
Butir soal :
Perhatikan nama-nama hewan berikut.
1. lumba-lumba
2. bandeng
3. pesut
4. kakap
kelompok hewan yang tergolong mamalia adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Kunci : B
Penjelasan :
Lumba-lumba dan pesut tergolong hewan mamalia yang hidup di air, oleh karena itu alat pernapasanya berupa paru-paru
25. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal :
Diberikan contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan interaksi antarmakhluk hidup (simbiosis)
Butir soal :
Contoh interaksi antara dua makhluk hidup berikut yang merupakan simbiosis komensalisme adalah....
A. bakteri patogen dengan jamur Pennicilium notatum
B. interaksi yang erat antara harimau dengan rusa
C. tanaman Azzola pinata dengan bakteri nitrogen
D. tanaman paku dengan pohon inang yang ditumpanginya
Kunci : D
Penjelasan :
Simbiosis komensalisme adalah hubungan interaksi antara dua mahluk hidup, di mana yang satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan juga tidak diuntungkan.
26. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator soal :
Diberikan kasus pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran air (eutropikasi )
Butir soal
Kondisi air sungai yang berada di kota besar sangat memprihatinkan, warnanya airnya hitam, bau tidak sedap akibat tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri, usaha yang dapat di lakukan oleh anggota masyarakat untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah ….
A. melarang penggunaan detergent di rumah tangga
B. menutup pabrik pembuat makanan kemasan kaleng
C. membuat saluran pembuangan limbah rumah tangga
D. membuat undang-undang anti pencemaran air
Kunci : C
Penjelasan :
Melarang penggunaan detergent sangat sulit, karena belum ada peraturannya. Menutup pabrik pembuat makanan dalam kemasan kaleng juga sulit, karena berhadapan dengan banyak kepentingan. Membuat undang-undang adalah bukan urusan anggota masyarakat. Sehingga langkah yang paling tepat adalah membuat saluran limbah dalam arti mengelola limbah.
27. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
Indikator soal :
Disajikan grafik pengaruh peningkatan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih, siswa dapat menjelaskan hubunganya
Butir soal:
Perhatikan grafik berikut
Grafik yang menunjukan hubungan antara kebutuhan air bersih akibat pengaruh peningkatan populasi manusia diperkotaan adalah....
X: kepadatan populasi manusia
Y: kebutuhan air bersih
Kunci : A
Penjelasan :
Kebutuhan air bersih akan semakin banyak sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk sehingga grafiknya semakin menaik.
28. Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator soal :
Disajikan tabel ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan benar
Butir soal
Perhatikan tabel berikut
No | Aspek | Eritrosit | Leukosit | Trombosit |
1 | Jumlah tiap mm | 5.000.000 | 7.000 – 8.000 | 300.000 |
2 | Bentuk | cakram bikonkaf | tidak teratur | amuboid |
3 | Tempat produksi | sumsum merah tulang | sumsum merah tulang | hati dan limfa |
4 | Fungsi | mengangkut O2 dan CO2 | untuk mem-bunuh kuman | untuk membantu pembekuan darah |
Data pada tabel yang sesuai untuk masing-masing jenis sel darah adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
Kunci : D
Penjelasan :
Ciri-ciri sel darah beserta aspek-aspek yang terkait dapat dilihat dalam tabal berikut.
No | Aspek | Eritrosit | Leukosit | Trombosit |
1 | Jumlah tiap mm | 5.000.000 | 7.000 – 8.000 | 300.000 |
2 | Bentuk | cakram bikonkaf | amubiod | Tidak teratur |
3 | Tempat produksi | sumsum merah tulang | Linfa | Sumsum tulang |
4 | Fungsi | mengangkut O2 dan CO2 | untuk membunuh kuman | untuk membantu pembekuan darah |
5 | Jumlah inti sel | Tidak berinti | Memiliki 1 inti sel | Memiliki 1 inti sel |
29. Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Indikator soal :
Disajikan gambar sistem organ pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzym dengan fungsi tertentu
Butir soal:
Perhatikan gambar berikut
Zat yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk dengan tanda panah memiliki fungsi....
A. mengendapkan protein pada kasein
B. mengasamkan cairan dalam lambung
C. menghancurkan partikel-partikel lemak
D. mengaktifkan pepsinigen menjadi pepsin
Kunci : C
Penjelasan :
Organ yang ditunjuk adalah kantong empedu, yang menghasilkan cairan empedu untuk mengemulsikan atau memecah partikel-partikel lemak
30. Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator soal :
Disajikan data mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
Butir soal
Perhatikan data berikut!
1. Kontraksi otot tulang rusuk, rongga dada terangkat
2. Paru-paru membesar
3. Tekanan udara dalam paru-paru besar
4. Udara luar masuk ke dalam paru-paru
Fase inspirasi pada pernapasan dada di tunjukan oleh nomor ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 1
Kunci : B
Penjelasan :
Fase inspirasi pernapasan dada:
v Kontraksi otot tulang rusuk menyebabkan rongga dada terangkat
v Rongga dada membesar, paru-paru mengembang
v Tekanan udara dalam paru-paru kecil
v Udara luar masuk dalam paru-paru
31. Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator Soal :
Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak yang ditimbulkannya..
Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan gambar tersebut, adalah...
A. A dan B bergerak hanya dua arah
B. B bergerak ke segala arah dan A diam
C. A bergerak ke segala arah dan B diam
D. A dan B dapat bergerak ke segala arah
Kunci : B
Penjelasan :
Bagian yang ditunjuk dengan huruf A adalah tulang usus yang merupakan penyusun gelang panggul (tulang usus, tulang duduk, dan tulang kemaluan) sedangkan yang ditunjuk dengan B adalah tulang paha. Antara gelang panggul dengan tulang paha membentuk sendi peluru. Sendi ini memungkinkan tulang paha bergerak ke segala arah hal ini dimungkinkan karena gelang panggul membentuk mangkuk sedangkan pangkal paha berbentuk bongkol.
32. Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal :
Disajikan gambar penampang membujur ginjal, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk.
Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjuk oleh tanda panah, berfungsi untuk....
A. menyaring darah yang masuk tubulus
B. menyerap kembali urine primer yang masuk
C. menampung urine dari tubulus kolektivus
D. menambahkan zat-zat yang harus dibuang
Kunci : C
Penjelasan :
Bagian ginjal yang ditunjuk pada soal adalah bagian rongga (pelvis). Bagian ini berfungsi menampung urine yang berasal dari tubulus kolektivus, dari bagian ini kemudian urine akan mengalir menuju kantung kemih melalui ureter.
33. Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
Indikator Soal :
Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
Butir Soal :
Perhatikan gambar!
Bagian yang ditunjuk dengan tanda panah berfungsi untuk...
A. menghantarkan impuls menuju ke badan sel saraf
B. menghantarkan impuls dari badan sel ke sel otot
C. mempercepat jalannya impuls ke pusat koordinasi sel
D. menjawab rangsang dan menghantarkannya ke indera
Kunci : A
Penjelasan :
Bagian yang ditunjuk dengan tanda panah adalah dendrit. Bagian ini berperan menerima rangsang dan menghantarkannya menuju badan sel saraf
34. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
Indikator Soal :
Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
Butir soal:
Perhatikan gambar penampang daun berikut!
Bagian yang ditunjuk dengan huruf Y berfungsi untuk ….
A. mengangkut hasil fotosintesis
B. melindungi jaringan yang di bawahnya
C. mengangkut air yang masuk dari batang
D. menyimpan cadangan makanan
Kunci : D
Penjelasan :
Bagian yang ditunjuk adalah sel jaringan bunga karang (spons). Pada bagian ini banyak terdapat ruang-ruang kosong (rongga) sehingga memungkinkan oksigen untuk proses fotosintesis tersimpan. Selain sebagai tempat fotosintesis, pada sel-sel jaringan spons sebagai tempat menyimpan amilum hasil fotosintesis.
35. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator Soal :
Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri malu/yang bersulur/ Leguminaceae), siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu
Butir Soal:
Perhatikan gambar salah satu jenis Leguminaceaeberikut
Apabila intensitas cahaya lemah (malam hari) maka respon yang dilakukan oleh tumbuhan tersebut adalah....
A. mekar bagian mahkota bunga
B. menutup daun majemuk
C. memecahkan polong biji
D. menutup bagian kelopak bunga
Kunci : B
Penjelasan :
Pada saat menjelang matahari terbenam sehingga intensitas cahaya lemah (gelap) kelompok Leguminaceae(polong-polongan) akan menutup daun majemuk. Gerak ini disebut niktinasti yaitu gerak tidur daun tanaman menjelang petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun.
36. Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut
Indikator Soal :
Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sachs, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah satu tahapan tersebut.
Butir Soal:
Perhatikan gambar percobaan Fotosintesis berikut!
Tujuan dari tahapan III adalah ...
A. mematikan sel-sel yang menyusun jaringan pada daun
B. melemahkan bakteri yang melekat pada daun
C. melarutkan klorofil yang terdapat pada daun
D. menentukan jenis zat hasil proses fotosintesis
Kunci : C
Penjelasan :
v Tahap I daun yang ditutup dan yang tidak ditutup dengan aluminium foil atau kertas karbon
v Tahap II daun dipanaskan/direbus dengan air bertujuan untuk mematikan sel-sel pada daun
v Tahap III daun dipanaskan/direbus dengan alkohol bertujuan agar klorofil pada daun larut.
v Tahap IV adalah pengujian dengan larutan lugol sebagai larutan indikator. Bagian daun yang ditetesi larutan lugol menjadi berwarna biru tua berarti mengandung amilum sebagai hasil fotosintesis. Selain itu berwarna pucat.
37. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator Soal :
Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri perkembangan pada makhluk
Butir Soal:
Perhatikan pernyataan berikut!
1. Tidak kembali pada bentuk semula
2. Bertambah ukuran
3. Bertambahnya kedewasaan
4. Matangnya organ-organ reproduksi
Pernyataan yang menunjukkan ciri perkembangan adalah...
A. 3 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1 dan 2
Kunci : A
Penjelasan :
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (irreversible), yang meliputi pertambahan volume dam pertambahan massa. Selain disebabkan pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi karena pertambahan jumlah sel. Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada tingkat seluler, perkembangan dapat berupa diferensiasi sel-sel yang baru membelah membentuk jaringan yang menyusun organ tertentu. Pada tumbuhan perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah. Sedang pada hewan dan manusia ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan. Perkembangan juga menyebabkan perkembangan psikis dari usia bayi, anak-anak, dan menjadi dewasa.
38. Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
Indikator Soal :
Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
Butir Soal:
Perhatikan contoh berikut!
1. Ikan air laut mengekskresi urine pekat agar terjaga keseimbangan kadar air tubuhnya
2. Rayap sering memakan kembali kulit ari kelupasannya
3. Beruang kutub tidur panjang saat musim dingin
4. Herbivora menghasilkan enzim selulase untuk mencerna selulosa
Pernyataan yang menunjukkan adaptasi fisiologi adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 4 dan 1
Kunci : D
Penjelasan :
Adaptasi fisiologi pada makhluk hidup ditandai pada penyesuaian fungsi dari alat tubuh makhluk hidup tersebut karena harus menyesuaikan dengan lingkungan (habitat) sebagai tempat hidupnya.
39. Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Indikator Soal :
Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
Butir Soal:
Persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat dengan tanaman ercis berbiji kerut menghasilkan tanaman ercis berbiji bulat. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya maka akan diperoleh perbandingan fenotip F2 ...
A. 1: 1
B. 1: 2
C. 2: 1
D. 3: 1
Kunci : D
Penjelasan :
P1 : BB X bb
biji bulat biji kerut
Gamet: B b
F1: Bb
(biji bulat)
P2 : Bb X Bb
biji bulat biji bulat
Gamet : B; b B; b
F2:
B | b | |
BB (bulat) | Bb (bulat) | |
b | Bb (bulat) | bb (kerut) |
Jadi diperoleh perbandingan fenotip bulat: kerut adalah 3: 1
40. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Indikator soal :
Siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
Butir Soal:
Mikroba yang dimanfaatkan dalam pembuatan produk keju adalah ...
A. Lactobacillus plantarum
B. Lactobacillus lactis
C. Aspergillus soyae
D. Saccaromyces cereviceae
Kunci : B
Penjelasan :
Daftar mikroba beserta penggunaannya dalam pembuatan keju, adalah sebagai berikut.
Mikroba | Enzim | Bahan | Produk |
Lactobacillus plantarum | Laktase | kubis | asinan |
Lactobacillus lactis | Lipase | susu | keju |
Aspergillus soyae | Protease | kedelai | kecap |
Streptococcus lactis | Lipase | susu | mentega |
NOTE INI KISI KISI FISIKA SMP
- Disajikan gambar mistar, peserta didik dapat membaca hasil pengukuran
- Disajikan gambar neraca dan gelas ukur, peserta didik dapat menentukan nilai besaran massa jenis benda tersebut
- Disajikan tabel koefisien muai panjang suatu bahan, peserta didik dapat menentukan arah kelengkungan bimetal tersebut bila dipanaskan
- Disajikan grafik suhu terhadap kalor, siswa dapat menentukan bagian grafik yang menunjukkan perubahan wujud serta menentukan kalor yang diperlukan
- Disajikan pernyataan peristiwa 5gerak dalam kehidupan sehari-hari (GLB dan GLBB), siswa dapat membedakan jenis gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada peristiwa tersebut
- Disajikan gambar sebuah balok yang diletakan dengan berbagai posisi, siswa dapat menentukan tekanan pada posisi tertentu
- Disajikan gambar volt meter yang dihubungkan dengan volt meter dengan bateray siswa dapat menjelaskan perubahan bentuk energi
- Disediakan gambar balok yang dipengaruhi dua gaya yang berlawanan arah, sehingga mengalami perpindahan siswa dapat menentukan besar usaha yang dilakukan oleh kedua gaya
- Siswa dapat menentukan alat yang cara bekerja berdasarkan bidang miring dengan memilih gambar yang tersedia
- Disajikan gambar gelombang, siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang tersebut
- Disajikan beberapa pernyataan tentang pemanfaatani bunyi, siswa dapat mengidentifikasi pernyataan yang benar
- Disajikan data gambar cermin cekung, siswa dapat menentukan jarak bayangan (s`)
- Disajikan data dan atau gambar cacat mata, siswa dapat menentukan jenis lensa untuk menolong penderita cacat mata tersebut. : Disajikan data dan atau gambar cacat mata, Siswa dapat menentukan jenis lensa untuk menolong penderita cacat mata tersebut.
- Disajikan peristiwa pemuatan listrik statis, siswa dapat menentukan jenis muatan yang dihasilkan beserta interaksinya.
- Disajikan data dan atau gambar rangkaian listrik (seri, paralel, campuran), siswa dapat menentukan salah satu besaran (V, I, Rpengganti)
- Menentukan besarnya energy listrik yang diubah menjadi energy panas oleh sebuah solder yang terpakai selama ½ jam
- Menjelaskan cara membuat magnet dengan cara digosok dan menentukan kutub-kutub magnet bentukannya
- Menentukan jawaban yang benar dari alternatip pernyataan tentang factor-faktor yang mempengaruhi
- GGL Induksi
- Disajikan beberapa pernyataan tentang sifat-sifat benda langit. siswa dapat menentukan sifat-sifat yang sesuai untuk benda langit tertentu.
- Disajikan beberapa pernyataan tentang sifat-sifat benda langit. siswa dapat menentukan sifat-sifat yang sesuai untuk benda langit tertentu.
- Disajikan fenomena akibat pemanasan global, siswa dapat menjelaskan dampak lanjutan dari peristiwa tersebut
- Disajikan gambar peredaran bumi, siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa musim di belahan bumi.