NO | INDIKATOR UJIAN NASIONAL 2014 | SOAL |
1 | Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi. | |
2 | Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia. | |
3 | Mengidentifikasi ciri /peran jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga). | |
4 | Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup. | |
5 | Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu. | |
6 | Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan. | |
7 | Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata. | |
8 | Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata. | |
9 | Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem. | |
10 | Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia. | |
11 | Menjelaskan keterkaitan kegiatan manusia dengan perubahan/pencemaran lingk | |
12 | Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses pada sel. | |
13 | Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan. | |
14 | Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan. | |
15 | Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia. | |
16 | Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya. | |
17 | Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya. | |
18 | Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya. | |
19 | Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya. | |
20 | Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia. | |
21 | Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin | |
22 | Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh | |
23 | Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. | |
24 | Menjelaskan ciri dan cara kerja dari faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim. | |
25 | Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat. | |
26 | Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob. | |
27 | Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan. | |
28 | Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob. | |
29 | Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom. | |
30 | Menjelaskan proses sintesis protein. | |
31 | Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis. | |
32 | Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel. | |
33 | Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel. | |
34 | Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia | |
35 | Menjelaskan peristiwa mutasi. | |
36 | Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya. | |
37 | Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi. | |
38 | Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi. | |
39 | Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern | |
40 | Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan |
Ini kalau diurai menjadi demikian .........tinggal dicari soalnya hehe
- Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya
- Siswa dapat menjelaskan peran virus
- Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok mirip jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya
- Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu
- Disajian contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya
- Disajikan daur hidup invertebrata tertentu siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson tertentu
- Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
- Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
- Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran/perubahan lingkungan
- Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
- Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
- Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya
- Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
- Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung
- Siswa dapat menjelaskan penyakit/gangguan system peredaran darah
- Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan Kimiawi yang terjadi
- Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan dada
- Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya
- Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan Penyebab/akibatnya
- Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron
- Dsajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
- Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf
- Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
- Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita
- Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
- Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
- Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi Kerja enzim
- Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
- Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
- Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
- Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
- Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan
- Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
- Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
- Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
- Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
- Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
- Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut
- Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
- Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
- Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
- Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
- Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
- Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan
SEMOGA BERGUNA
TRY AND ERROR
1. Penyakit cacar pernah mewabah diseluruh dunia , penyakit menular pada manusia ini banyak menimbulkan korban jiwa di abad 20an, sehingga para ilmuwan biologi terus mencari solusi dalam menangani wabah ini, ilmu yang mengkaji penyakit cacar adalah ….
A. Mikrobiologi
B. Bakteriologi
C. Virologi
D. Parasitologi
E. Mikologi
2. Perhatikan macam-macam jamur yang menguntungkan berikut ini!:
Perhatikan gambar jamur diatas! Jamur yang memiliki kemampuan fermentasi ekstrak buah menjadi minuman beralkohol adalah Jamur….
A. X saja
B. Y saja
C. X dan Y
D. Z saja
E. Z dan W
3. Pernyataan yang salah tentang mikroorganisma dengan peranannya adalah ….
Mycobacterium tuberculosis, bakteri ini menyerang paru – paru dan menyebabkan penyakit TBC.
Treponema pertenue, bakteri ini penyebab penyakit patek (frambusia).
Yersinia pestis, bakteri ini menyerang manusia dan binatang pengerat (rodentia) menyebakan penyakit pes (sampar).
Clostridium tetani, bakteri ini penyebab penyakit tetanus.
Neisseria gonorrhoeae, bakteri ini menyerang saluran kandung kemih dan menyebabkan penyakit kencing nanah.
4. Perhatikan tabel Arthropoda berikut ini.
Kelas | I | II | III | IV | V |
Ciri | |||||
Tubuh terdiri | Kepala, dada, perut | Kepala dan dada bersatu | Kepala dan dada bersatu | Kepala, perut | Kepala, dada, perut |
Antena | 1 pasang | -tidak ada | - tidak ada | -1 pasang | - tidak ada |
Peredaran darah | Terbuka | Terbuka | Terbuka | Terbuka | Terbuka |
Kaki | 3 pasang pada dada | 4 pasang pada sefalotoraks | 1 pasang pada tiap ruas tubuh | 1 pasang atau lebih pada tiap ruas tubuh | 3 pasang |
Alat pengeluaran | Badan malpighi | Badan malpighi | Kelenjar hijau | Nefridia | Nefridia |
Alat pernapasan | trakea | Paru-paru | insang | trakea | Trakea |
Dari tabel tersebut, yang termasuk kelompok insecta ádalah… .
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V
5. Kawasan pelestarian alam yang mempunyai flora langka , dikelola dengan sistem terbimbing oleh para ahli yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, biasanya dibatasi untuk umum kecuali ada perijinan yang ketat adalah ....
A. Suaka margasatwa
B. Cagar alam
C. Taman nasional
D. Perlindungan hutan
E. Kebun raya
6. Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
- tidak memiliki pembuluh
- daun muda biasanya menggulung
- bakal biji tidak terlindungi oleh daun buah
- berkembang biak menggunakan spora
- sporofit lebih dominan dari gametofit
- gametofit lebih dominan daripada sporofit
Pteridophyta memiliki ciri yang ditunjukkan pada nomor ….
A. 1), 2) dan 3)
B. 2), 3) dan 5)
C. 2), 4) dan 5)
D. 3), 4) dan 5)
E. 3), 4) dan 6)
7. Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp) :
Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah ….
A. blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot
B. larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot
C. koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula
D. zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula
E. zigot, morula, larva planula, dan koloni baru
8. Dari tabel di bawah ini manakah yang tepat menunjukkan ciri hewan vertebrata?
Kelas | Penutup Tubuh | Ruang jantung | Fertlisasi | |
A | Pisces | Sisik, licin, berlendir | 4 sempurna | internal, ovipar |
B | Amphibia | Kulit licin, basah | 2 tidak sempurna | eksternal, ovipar |
C | Reptilia | Sisik, kering | 4, Tak sempurna | eksternal, ovovivipar |
D | Aves | Bulu | 4, sempurna | internal, vivipar |
E | Mammalia | Rambut | 4, sempurna | internal, vivipar |
9. Perhatikan gambar rantai makanan berikut!
10. Perhatikan gambar daur biogeokimia berikut !
Proses yang tranfirsi, resipitasi dan kondensasi secara urut adalah ….
A. I, II dan III
B. II, III dan I
C. III, I dan II
D. III, II dan I
E. I, III dan II
11.Bencana banjir yang melanda Indonesia merupakan salah satu akibat kerusakan alam yang dibuat
manusia, Aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan, untuk itu kita harus
berusaha untuk menanggulangi bencana tersebut dan mencegah terulang kembali. Usaha yang dapat
mengurangi benaca diatas adalah….
A. mengurangi aktivitas industri
B. membatasi jumlah kendaraan bermotor
C. memberantas hama tanaman pertanian
D. memperbanyak menanam tanaman
E. mengurangi penangkapan ikan di laut
12.Perhatikan gambar berikut!
Sepotong kentang dimasukan ke dalam wadah X, Y dan Z, setelah beberapa jam. Kentang diangkat dan ditimbang. Kesimbulan yang benar adalah ….
A. Kentang di X bertambah beratnya
B. Kentang di Y bertambah beratnya
C. Kentang di Z bertambah beratnya
D. Kentang di X dan Y bertambah beratnya
E. Kentang di X dan Z bertambah beratnya
13. Perhatikan gambar sel tumbuhan berikut ini
Organel yang berlabel X adalah ....
A. Mitokondria, berfungsi untuk menghasilkan energi
B. Kloroplas, berperan dalam proses fotosintesis
C. Mitokondria, berperan dalam proses fotosintesis
D. Kloroplas, berlangsungnya sintesis protein
E. Vakuola, menyimpan cadangan makanan
14.Perhatikan gambar jaringan hewan berikut ini!
Fungsi jaringan tersebut adalah ….
A. Jaringan penyokong tubuh
B. Jaringan pengikat organ tubuh
C. Jaringan pelindung organ
D. Jaringan penyokong dan pelindung
E. Jaringan pengikat dan pelindung
15. Perhatikan mekanisme kontraksi otot berikut!
Berdasarkan gambar diatas!
Pernyataan yang benar adalah …
A. Saat kontraksi otot daerah X memendek
B. Daerah Y akan memendek jika otot berkontraksi
C. Daerah Z akan memendek jika otot berkontraksi
D. Saat kontraksi otot daerah X dan Y memendek
E. Saat kontraksi otot daerah X, Y dan Z memendek
16. Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut!
Pembuluh darah dan fungsinya yang ditunjuk oleh X adalah ...
A. arteri pulmonalis membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
B. vena pulmonalis membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
C. vena kava membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
D. aorta membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
E. arteri membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
17. Perhatikan gambar sistem pencernaan berikut!
Berdasarkan gambar di atas, Tempat proses pencernaan enzimatis dan enzim yang dihasilkanya yang paling tepat adalah ....
A. 1 dan 2, pepsin dan amilase
B. 1 dan 3, amylase dan pepsin
C. 2 dan 3, kemotripsin dan lipase
D. 3 dan 4, pepsin dan lipase
E. 4 dan 1, lipase dan amylase
18. Perhatikan gambar diagram aktivitas udara pernapasa beriku!
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan yang benar adalah….
Volume pernapasan normal ada di no 1
Udara komplementer yang siap digunakan adalah no 1 dan 3
Udara pernapasan tidal ada di no 3
Pernapasan normal selalu menggunakan volume udara no 4
Kapasitas vital paru kita ada 1,2 3 dan 4
19. Perhatikan diagram nefron!
Zat-zat yang masih berguna akan direabsorbsi pada bagian berlabel ....
1
2
3
4
5
20. Perhatikan diagram gerak reflek berikut ini!
Berdasarkan gambar di atas , pernyataan yang benar adalah….
X, saraf sensorik yang berfungsi menerima rangsang
X, saraf sensorik yang berfungsi menerima tanggapan
Y, saraf sensorik yang berfungsi menerima rangsang
Y, saraf motoric yang berperan menghubungan rangsang
X, saraf konektor yang berperan sebagai penghubung
21. Perhatikan mekanisme sekresi hormone reproduksi berikut ini!
Berdasarkan gambar di atas aktivas homonal FSH, LH dan Prgesteron adalah....
A. 1 , 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
22. Pertahanan tubuh berikut yang merupakan pertahanan tubuh spesifik adalah ….
tubuh menghasilkan interferon untuk melawan virus
tubuh memberikan respons inflamasi saat terjadi luka
tubuh menghasilkan antibodi saat ada antigen yang masuk
sel-sel fagosit menelan pathogen yang masuk ke jaringan tubuh
membrane mukosa pada saluran pencernaan menghalangi masuknya pathogen
23. Tabel berikut adalah hasil percobaan siswa tentang pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda selama 7 hari pengamatan.
No | Kondisi Cahaya | Pertambahan tinggi pada hari ke….( cm ) | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | ||
1 | Terang | 0,8 | 0,9 | 1,1 | ,1,3 | 1,5 | 2,2 | 3,2 |
2 | Remang- remang | 1,5 | 1,8 | 2,2 | 2,4 | 2,6 | 3,1 | 4,6 |
3 | Gelap | 2,3 | 3,4 | 5,0 | 5,6 | 6,1 | 8,0 | 8,8 |
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ….
A. pertumbuhan tidak memerlukan cahaya
B. cahaya dapat menghambat pertumbuhan
C. cahaya tidak berpengaruh pada pertumbuhan
D. semakin banyak cahaya pertumbuhan semakin cepat
E. pertumbuhan berbanding lurus dengan kenaikkan intensitas cahaya
24. Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase dari ekstrak hati yang direaksikan ke substrat H2O2 .
No | Perlakuan | Gelembung gas | Bara api |
1 | Aquades air | +++ | menyala |
2 | Jeruk nipis | - | Tidak menyala |
3 | Air kapur sirih | +++ | Tidak menyala |
4 | Air es | + | menyala |
Tabel eksperimen yang menunjukkan kerja enzim katalase terdapat pada nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
25. Perhatikan skema respirasi aerob berikut !
Proses yang terjadi pada x ke y adalah … .
A. Glikolisis dan dekarboksilasi oksidatif
B. Glikolisis dan dekarboksilasi siklus krabs
C. Glikolisis dan dekarboksilasi transfer elektron
D. Glikolisis dan rekarbonisasi
E. Glikolisis dan fermentasi karbon
26. Perhatikan reaksi respirasi sel anaerob dimulai dari senyawa glukosa:
Berdasarkan gambar di atas P,Q,R adalah ….
A. Asam piruvat, NADPH, etanol
B. Asam asetaldehida, ATP, etanol
C. Asam asetat, ADP, alkohol
D. Asam piruvat, NADPH, etanol
E. Asam piruvat, CO2, etano
27. Perhatikan gambar berikut :
Peristiwa fotosintesis yang terjadi pada bagian X adalah ….
A. fotolisis yang menghasilkan glukosa dan O2
B. reaksi gelap yang menghasilkan glukosa dan CO2
C. fotolisis yang menghasilkan oksigen dan NADPH
D. reaksi terang yang menghasilkan ATP, NADPH, O2
E. fotofosforilasi yang menghasilkan ADP dan NADPH
28. Pada respirasi anaerobik jumlah energi yang dihasilkan jauh sedikit daripada respirasi aerob, hal ini disebabkan ....
A. kekurangan oksigen untuk menghasilkan ATP
B. Terbentuknya gas C02 yang mengalami pembentukan energi
C. NADH2dan FADH2 tidak dapat melepaskan ion hidrogen
D. asam piruvat yang terbentuk tidak berubah menjadi asetil ko enzim A
E. elektron yang digunakan untuk fermentasi memiliki energi yang rendah
29. Perhatikan tabel perbedaan DNA dan RNA berikut !
Struktur | Fungsi | Letak | |
A | DNA, gula ribosa RNA, gula deoksiribosa | DNA, penyimpan informasi genetik RNA, penyalur informasi genetic | DNA, di nukleus, mitokondria, kloroplas RNA di nukleus, sitoplasma, ribosom |
B | DNA, gula deoksiribosa RNA, gula ribose | DNA, penyimpan informasi genetik RNA, penyalur informasi genetik | DNA, di nukleus, mitokondria, kloroplas RNA di nukleus, sitoplasma, ribosom |
C | DNA, gula ribosa RNA, gula deoksiribosa | DNA, penyalur informasi genetik RNA, penyimpan informasi genetik | DNA, di nukleus, mitokondria, kloroplas RNA di nukleus, sitoplasma, ribosom |
D | DNA, gula deoksiribosa RNA, gula ribose | DNA, penyimpan informasi genetik RNA, penyalur informasi genetik | DNA, di nukleus, sitoplasma, ribosom RNA di nukleus, mitokondria, kloroplas |
30. Berikut ini adalah tahapan-tahapan sintesis protein:
- Proses penyalinan kode genetik dalam DNA
- DNA melakukan transkripsi membentuk RNAd.
- Asam amino berderet saling berikatan.
- Terbentuk polipeptida.
- Proses penerjemahan kode genetik RNAd oleh RNAt.
Urutan pada fase translasi adalah … .
A. 1 – 2 – 4
B. 1 – 3 – 4
C. 2 – 1 – 4
D. 3 – 4 – 5
E. 5 – 3 – 4
31. Perhatikan gambar pembelahan sel berikut ....
Gambar 1 dan 2 adalah fase ....
Gambar 1 | Gambar 2 | |
A. | Metafase | Profase |
B. | Metafase I | Profase I |
C. | Metafase 2 | Anaphase |
D. | Anafase I | Profase |
E. | Anafase 2 | Telofase |
32. Pada tanaman semangka bentuk buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan warna kulit buah hijau (H) dominan terhadap kulit buah bergaris-garis. Tanaman semangka bentuk buah bulat warna hijau heterozigot (BbHh) penyerbukan sendiri. Keturunan yang berfenotip bentuk buah bulat kulit bergaris-garis adalah….
A. 100 %
B. 75 %
C. 56,25 %
D. 25 %
E. 18,75 %
33. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). Apabila kedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip putih. Bila gandum hitam (Hhkk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKK), maka ratio hitam :, kuning : putih adalah ….
A. 12 : 1 : 3
B. 12 : 3 : 1
C. 9 : 4 : 3
D. 9 : 3 : 4
E. 1 : 1 : 0
34. Seorang wanita carier albino menikah dengan laki-laki normal.(homozigotik). Prosentase anak-anak
yang akan lahir dari pernikahan tersebut adalah ….
A. 75% albino, 25% normal
B. 50% albino, 50% normal
C. 25% albino, 75% normal
D. 100% normal
E. 100% albino
35. Sindrom XO terjadi pada wanita normal memiliki kromosom seks XX dengan jumlah total kromosom sebanyak 46, Hal ini terjadi karena satu kromosom hilang atau nondisjunction saat atau selama gametogenesis (pembentukan gamet) atau pun pada tahap awal pembelahan zygot Kelainan ini dikenal dengan sindrom ….
A. Down
B. Turner
C. Clinifelter
D. Cri du Chat
E. Pattau
36. Percobaan yang dilakukan oleh Stanley Miller (1953) bertujuan untuk membuktikan Postulat Harold Urey tentang asal usul kehidupan yang menyatakan bahwa…
A. Makhluk hidup berasal dari benda mati dan terjadi secara spontan
B. Makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari makhluk hidup sebelumnya
C. Terbentuknya senyawa organik berasal dari meteorit dan komet
D. Reaksi gas-gas atmosfir bumi purba membentuk molekul organik sederhana
E. Atmosfir bumi purba terdiri dari CH4, NH3 , H2 dan uap air
37. Pendapat Darwin tentang asal mula nenek moyang jerapah berbeda dengan pendapat Lamarck. Faktor penyebab yang mendukung pendapat Darwin tentang jerapah yang ada sekarang adalah ….
A. adaptasi
B. jenis makanan
C. seleksi alam
D. perubahan lingkungan
E. isolasi geografis
38. Berikut ini adalah beberapa peran bioteknologi dalam kehidupan :
- Nata de coco
- Susu kaleng
- Baso
- Mentega
- Yogurt
Produk bioteknologi dalam bidang industri makanan, antara lain ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 1, 4 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
39. Produksi hormone insulin dalam skala industri merupakan contoh keberhasilan penerapan teknik rekayasa DNA rekombinan. Prinsip kerja teknik DNA rekombinan adalah ….
A. pertumbuhan mikrobia di dalam suatu media tumbuh
B. menumbuhkan satu sel tumbuhan menjadi satu tumbuhan utuh
C. mengubah susunan gen dalam kromosom dengan memotong dan menyambung gen
D. memindahkan inti sel tubuh ke dalam sel telur yang telah dihilangkan inti selnya
E. menggabungkan dua sel dari jaringan yang sama maupun organisme berbeda
40. Penerapan bioteknologi modern dapat menimbulkan problem etika dan religi yang meresahkan masyarakat. Contohnya adalah ….
A. pengobatan penyakit diabetes dengan terapi gen
B. cloning yang dilakukan pada manusia
C. penggunaan tehnik bayi tabung dengan fertilisasi diluar rahim
D. penggunaan tanaman transgenic yang mengandung biopestisida
E. pengobatan penyakit diabetes dengan insulin hasil rekayasa genetika
REVIEW KELAS XII
1. Berikut ini gambar tahap pembelahan meiosis:
Berdasarkan gambar yang menyatakan tahap metafase 2 dan anafase 1 ditunjukkan oleh nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 3
2. Persilangan antara tumbuhan mangga rasa masam bentuk besar dengan mangga manis bentuk kecil, dihasilkan mangga rasa manis bentuk besar (F1). Jika F1 melakukan penyerbukan sendiri, maka persentase mangga rasa manis bentuk besar yang dihasilkan F2 adalah ... .
A. 6,25%
B. 12,5%
C. 18,75%
D. 25 %
E. 56,25%
3. Jika H hitam epistasis terhadap K kuning yang hipostasis, persilangan antara kacang berkulit hitam (HhKk) dengan kacang berkulit kuning (hhKk) akan menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotip ... .
A. Hitam : Kuning 1 : 1
B. Hitam : Kuning 3 : 1
C. Hitam : kuning : putih 4 : 3 : 1
D. Hitam : Kuning : Putih 4 : 2 : 1
E. Hitam : kuning : putih 9 : 3 : 1
4. Perhatikan peta silsilah keluarga berikut ini !
Berdasarkan peta silsilah tersebut, dapat ditentukan genotif nomor 1, 2 dan 3 secara berurutan adalah ... .
A. XHXH, XHXH, XhXh
B. XHXh, XHXh, XhXh
C. XHXh, XHY-, XhY-
D. XHXh, XHY-, hh
E. XHY-, XHXh,X hY-
5. Peristiwa mutasi berikut menyebabkan kromosom mengalami perubahan seperti pada gambar, yang disebut … .
A. translokasi
B. katenasi
C. duplikasi
D. inversi
E. delesi
6. Perhatikan perangkat percobaan Stanley Miller berikut !
Tempat terbentuknya senyawa organik terjadi pada bagian nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
7. Perhatikan nama-nama organ mahluk hidup berikut !
- kaki depan tikus
- tangan manusia
- sisik ikan kakap
- sayap burung
- sayap serangga
Organ yang menunjukkan hubungan homologi adalah ... .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
8. Masyarakat di desa Sukamaju yang berpenduduk 10.000 orang terdapat 25 orang ber rhesus negatif, maka persentase orang berrhesus positif heterozigot adalah ... .
A. 0,95%
B. 1,95%
C. 9,5%
D. 9,8%
E. 95%
9. Hubungan yang benar antara bahan, jenis mikroba dan produk yang benar adalah ... .
Bahan Jenis Mikroba Produk
A susu Lactobacillus burgaris yoghurt
B kedelai Aspergillus wentii tempe
C air kelapa Rhizopus oryzae nata de coco
D kedelai Rhizopus oligospora kecap
E susu Acetobacter xylium keju
10. Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar di bidang kedokteran dapat dilakukan dengan cara ... .
A. teknologi hibridoma
B. kultur jaringan
C. totipotensi jaringan
D. terapi genetik
E. transplantasi gen
11. Tindakan manusia yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif penggunaan hasil bioteknologi adalah ... .
A. memanfaatkan antibiotik untuk membunuh bakteri
B. memanfaatkan sumbermakanan baru berupa PST
C. menggunkan insulin buatan untuk diabetes militus
D. memanfaatkan bibit unggul hasil rekayasa genetika sebanyak-banyaknya
E. mengantisipasi kemungkinan berpindahnya gen asing pada organisme transgenik