KISI KISI BIOLOGI UJIAN NASIONAL 2014 SMA




NO
INDIKATOR UJIAN NASIONAL 2014
SOAL
1
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

2
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.

3
Mengidentifikasi ciri /peran jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).

4
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.

5
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.

6
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.

7
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.

8
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.

9
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.

10
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.

11
Menjelaskan keterkaitan kegiatan manusia dengan perubahan/pencemaran lingk

12
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses pada sel.

13
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.

14
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.

15
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.

16
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.

17
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.

18
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.

19
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.

20
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.

21
Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin

22
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh

23
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

24
Menjelaskan ciri dan cara kerja dari faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.

25
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.

26
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.

27
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.

28
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.

29
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.

30
Menjelaskan proses sintesis protein.

31
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.

32
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel.

33
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.

34
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia

35
Menjelaskan peristiwa mutasi.

36
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.

37
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.

38
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.

39
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern

40
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan



Ini kalau diurai menjadi demikian .........tinggal dicari soalnya hehe



  1. Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya
  2. Siswa dapat menjelaskan peran virus
  3. Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan
  4. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  5. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  6. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok mirip jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya
  7. Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  8. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu
  9. Disajian contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
  10. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya
  11. Disajikan daur hidup invertebrata tertentu  siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya
  12. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson  tertentu
  13. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem  tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
  14. Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
  15. Siswa dapat menjelaskan dampak  pencemaran/perubahan lingkungan
  16. Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
  17. Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
  18. Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya
  19. Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
  20. Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung
  21. Siswa dapat menjelaskan  penyakit/gangguan system peredaran darah
  22. Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan Kimiawi yang terjadi
  23. Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan dada
  24. Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya
  25. Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan Penyebab/akibatnya
  26. Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron
  27. Dsajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  28. Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf
  29. Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
  30. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita
  31. Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
  32. Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
  33. Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi Kerja enzim
  34. Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
  35. Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
  36. Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  37. Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
  38. Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan
  39. Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
  40. Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  41. Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
  42.  Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi  hasil persilangan yang ditentukan
  43. Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  44. Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut
  45. Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
  46. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
  47. Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
  48. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
  49. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  50. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan

 SEMOGA BERGUNA

TRY AND ERROR


 








1.       Penyakit cacar pernah mewabah diseluruh dunia , penyakit menular  pada manusia ini banyak menimbulkan korban jiwa di abad 20an, sehingga para ilmuwan biologi terus mencari solusi dalam menangani wabah ini, ilmu yang mengkaji penyakit cacar adalah ….
A.  Mikrobiologi
B.   Bakteriologi
C.   Virologi
D.  Parasitologi
E.   Mikologi

2.       Perhatikan macam-macam jamur yang menguntungkan berikut ini!:



 
Perhatikan gambar jamur diatas! Jamur yang memiliki kemampuan fermentasi ekstrak buah menjadi minuman beralkohol adalah Jamur….
A. X saja
B.  Y saja
C.  X dan Y
D. Z saja
E.  Z dan W

3.       Pernyataan yang salah tentang  mikroorganisma dengan peranannya  adalah ….
Mycobacterium tuberculosis, bakteri ini menyerang paru – paru dan menyebabkan penyakit TBC.
Treponema pertenue, bakteri ini penyebab penyakit patek (frambusia).
Yersinia pestis, bakteri ini menyerang manusia dan binatang pengerat (rodentia) menyebakan penyakit pes (sampar).
Clostridium tetani, bakteri ini penyebab penyakit tetanus.
Neisseria gonorrhoeae, bakteri ini menyerang saluran kandung kemih dan menyebabkan penyakit kencing nanah.

4.       Perhatikan tabel Arthropoda berikut ini.
         Kelas
I
II
III
IV
V
Ciri
Tubuh terdiri
Kepala,   dada,       perut
Kepala dan dada bersatu
Kepala dan dada bersatu
Kepala, perut
Kepala, dada,    perut
Antena
1 pasang
-tidak ada
- tidak ada
-1 pasang
- tidak ada
Peredaran darah
Terbuka
Terbuka
Terbuka
Terbuka
Terbuka
Kaki
3 pasang pada   dada
4 pasang pada sefalotoraks
1 pasang pada tiap ruas tubuh
1 pasang atau lebih pada tiap ruas tubuh
3 pasang
Alat pengeluaran
Badan malpighi
Badan malpighi
Kelenjar hijau
Nefridia
Nefridia
Alat pernapasan
trakea
Paru-paru
insang
trakea
Trakea
     
      Dari tabel tersebut, yang termasuk kelompok insecta ádalah… .
A.    I
B.    II
C.   III
D.   IV
E.    V

5.       Kawasan pelestarian alam yang mempunyai flora langka , dikelola dengan sistem terbimbing oleh para ahli yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, biasanya dibatasi untuk umum kecuali ada perijinan yang ketat adalah ....
A.       Suaka margasatwa
B.        Cagar alam
C.        Taman nasional
D.       Perlindungan hutan
E.        Kebun raya

6.       Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
  1. tidak memiliki pembuluh
  2. daun muda biasanya menggulung
  3. bakal biji tidak terlindungi oleh daun buah
  4. berkembang biak menggunakan spora
  5. sporofit lebih dominan dari gametofit
  6. gametofit lebih dominan daripada sporofit

Pteridophyta memiliki ciri yang ditunjukkan pada nomor ….
A.    1), 2) dan 3)
B.     2), 3) dan 5)
C.     2), 4) dan 5)
D.    3), 4) dan 5)
E.     3), 4) dan 6)

7.       Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp) :
Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah ….
A.     blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot
B.     larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot
C.     koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula
D.     zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula
E.      zigot, morula, larva planula, dan koloni baru
8.         Dari tabel di bawah ini manakah yang tepat menunjukkan ciri hewan vertebrata?

 Kelas
Penutup Tubuh
Ruang jantung
Fertlisasi
A
Pisces
Sisik, licin, berlendir
4 sempurna
internal, ovipar
B
Amphibia
Kulit licin, basah
2 tidak sempurna
eksternal, ovipar
C
Reptilia
Sisik, kering
4, Tak  sempurna
eksternal, ovovivipar
D
Aves
Bulu
4, sempurna
internal, vivipar
E
Mammalia
Rambut
4, sempurna
internal,  vivipar

9.         Perhatikan gambar rantai makanan berikut!
               

10.     Perhatikan gambar daur biogeokimia berikut !
Proses yang tranfirsi, resipitasi dan kondensasi secara urut adalah ….
A.     I, II dan III
B.     II, III dan I
C.     III, I dan II
D.     III, II dan I
E.      I, III dan II

11.Bencana banjir yang melanda Indonesia merupakan salah satu akibat kerusakan alam yang dibuat  
   manusia, Aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan, untuk itu kita harus
   berusaha untuk menanggulangi bencana tersebut dan mencegah terulang kembali. Usaha yang dapat
   mengurangi benaca diatas  adalah….
A.                           mengurangi aktivitas industri
B.                           membatasi jumlah kendaraan bermotor
C.                           memberantas hama tanaman pertanian
D.                           memperbanyak menanam tanaman
E.                            mengurangi penangkapan ikan di laut

12.Perhatikan gambar berikut!

      
Sepotong kentang dimasukan ke dalam wadah X, Y dan Z, setelah beberapa jam. Kentang diangkat  dan ditimbang. Kesimbulan yang benar adalah ….
A.  Kentang di  X  bertambah beratnya     
B.   Kentang di  Y bertambah beratnya
C.   Kentang di  Z  bertambah beratnya
D.  Kentang di X  dan Y bertambah beratnya
E.   Kentang di X dan Z bertambah beratnya

13.     Perhatikan gambar sel tumbuhan berikut ini
                

      Organel yang  berlabel X adalah ....
A.   Mitokondria, berfungsi untuk menghasilkan energi
B.   Kloroplas, berperan dalam proses fotosintesis
C.   Mitokondria, berperan dalam proses fotosintesis
D.   Kloroplas, berlangsungnya sintesis protein
E.    Vakuola, menyimpan cadangan makanan
14.Perhatikan gambar jaringan hewan  berikut ini!

      Fungsi jaringan tersebut adalah ….
A.    Jaringan penyokong tubuh
B.     Jaringan pengikat organ tubuh
C.     Jaringan pelindung organ
D.    Jaringan penyokong dan pelindung
E.     Jaringan pengikat dan pelindung

15.   Perhatikan mekanisme kontraksi otot  berikut!



Berdasarkan gambar diatas!
Pernyataan yang benar adalah …
A.  Saat kontraksi otot daerah X memendek
B.   Daerah Y  akan memendek jika otot berkontraksi
C.   Daerah Z  akan memendek jika otot berkontraksi
D.  Saat kontraksi otot daerah X dan Y  memendek
E.   Saat kontraksi otot daerah X, Y dan Z  memendek

16.   Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut!
      Pembuluh darah dan fungsinya yang ditunjuk oleh X  adalah ...
A.     arteri pulmonalis membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
B.     vena pulmonalis membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
C.     vena kava membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
D.     aorta membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
E.      arteri membawa darah keluar jantung yang kaya O 2




17.   Perhatikan gambar sistem pencernaan berikut!
Berdasarkan gambar di atas, Tempat proses pencernaan enzimatis dan enzim yang dihasilkanya yang paling tepat adalah ....
A.     1 dan 2, pepsin dan amilase
B.     1 dan 3, amylase dan pepsin
C.     2 dan 3, kemotripsin dan lipase
D.     3  dan 4, pepsin dan lipase
E.      4 dan 1, lipase dan amylase

18.    Perhatikan gambar diagram aktivitas udara pernapasa beriku!
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan yang benar adalah….
Volume pernapasan normal ada di no 1
Udara komplementer yang siap digunakan adalah no 1 dan 3
Udara pernapasan tidal ada di no 3
Pernapasan normal selalu menggunakan volume udara no 4
Kapasitas vital paru kita ada 1,2 3 dan 4

19.   Perhatikan diagram nefron!


Zat-zat yang masih berguna akan direabsorbsi   pada bagian berlabel ....
1                                 
2                                 
3
4
5




20.   Perhatikan diagram gerak reflek berikut ini!

       Berdasarkan gambar di atas , pernyataan yang benar adalah….
X, saraf sensorik yang berfungsi menerima rangsang
X, saraf sensorik yang berfungsi menerima tanggapan
Y, saraf sensorik yang berfungsi menerima rangsang
Y, saraf motoric yang berperan menghubungan rangsang
X, saraf konektor yang berperan sebagai penghubung

21.   Perhatikan mekanisme sekresi hormone reproduksi berikut ini!

       Berdasarkan gambar di atas aktivas homonal FSH, LH dan Prgesteron adalah....
A.     1 , 2 dan 3
B.     1, 2 dan 4
C.     1, 3 dan 5
D.     2, 3 dan 4
E.      2, 3 dan 5
    
22.   Pertahanan tubuh berikut yang merupakan pertahanan tubuh spesifik adalah ….
tubuh menghasilkan interferon untuk melawan virus
tubuh memberikan respons inflamasi saat terjadi luka
tubuh menghasilkan antibodi saat ada antigen yang masuk
sel-sel fagosit menelan pathogen yang masuk ke jaringan tubuh
membrane mukosa pada saluran pencernaan menghalangi masuknya pathogen




23.   Tabel berikut adalah hasil percobaan siswa tentang pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda selama 7 hari pengamatan.
No
Kondisi
Cahaya
Pertambahan tinggi pada hari ke….( cm )
1
2
3
4
5
6
7
1
Terang
0,8
0,9
1,1
,1,3
1,5
2,2
3,2
2
Remang-
remang
1,5
1,8
2,2
2,4
2,6
3,1
4,6
3
Gelap
2,3
3,4
5,0
5,6
6,1
8,0
8,8
      Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ….
A.     pertumbuhan tidak memerlukan cahaya
B.     cahaya dapat menghambat pertumbuhan
C.     cahaya tidak berpengaruh pada pertumbuhan
D.     semakin banyak cahaya pertumbuhan semakin cepat
E.      pertumbuhan berbanding lurus dengan kenaikkan intensitas cahaya

24.   Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase dari ekstrak hati yang direaksikan ke substrat  H2O2 .
No
Perlakuan
Gelembung gas
Bara api
1
Aquades air
+++
menyala
2
Jeruk nipis
-
Tidak menyala
3
Air kapur sirih
+++
Tidak menyala
4
Air es
+
menyala

Tabel eksperimen yang menunjukkan kerja enzim katalase terdapat pada nomor ….
A.  1 dan 3
B.   1 dan 4
C.   2 dan 3
D.  2 dan 4
E.   3 dan 4

25.    Perhatikan skema respirasi aerob berikut !
  
Proses yang terjadi pada x ke y adalah  … .
A.   Glikolisis  dan dekarboksilasi oksidatif
B.   Glikolisis  dan dekarboksilasi siklus krabs
C.   Glikolisis  dan dekarboksilasi transfer elektron
D.  Glikolisis  dan rekarbonisasi
E.   Glikolisis  dan fermentasi karbon




26.   Perhatikan reaksi respirasi sel anaerob dimulai dari senyawa glukosa:
Berdasarkan gambar di atas P,Q,R adalah ….
A.   Asam piruvat, NADPH, etanol
B.   Asam asetaldehida, ATP, etanol
C.   Asam asetat, ADP, alkohol
D.   Asam piruvat, NADPH, etanol
E.    Asam piruvat, CO2, etano

27.   Perhatikan gambar berikut :
   
Peristiwa fotosintesis yang terjadi pada bagian X adalah ….
A.     fotolisis yang menghasilkan glukosa dan O2
B.     reaksi gelap yang menghasilkan glukosa dan CO2
C.     fotolisis yang menghasilkan oksigen dan NADPH
D.     reaksi terang yang menghasilkan ATP, NADPH, O2
E.      fotofosforilasi yang menghasilkan ADP dan NADPH

28.  Pada respirasi anaerobik jumlah energi yang dihasilkan jauh sedikit daripada respirasi aerob, hal ini disebabkan ....
A.     kekurangan oksigen untuk menghasilkan ATP
B.     Terbentuknya gas C02 yang mengalami pembentukan energi
C.     NADH2dan FADH2 tidak dapat melepaskan ion hidrogen
D.     asam piruvat yang terbentuk tidak berubah menjadi asetil ko enzim A
E.      elektron yang digunakan untuk fermentasi memiliki energi yang rendah

29.  Perhatikan tabel perbedaan DNA dan RNA berikut !

Struktur
Fungsi
Letak
A
DNA, gula ribosa
RNA, gula deoksiribosa
DNA, penyimpan informasi genetik
RNA, penyalur informasi genetic
DNA, di nukleus, mitokondria, kloroplas
RNA di nukleus, sitoplasma, ribosom
B
DNA, gula deoksiribosa
RNA, gula ribose
DNA, penyimpan informasi genetik
RNA, penyalur informasi genetik
DNA, di nukleus, mitokondria, kloroplas
RNA di nukleus, sitoplasma, ribosom
C
DNA, gula ribosa
RNA, gula deoksiribosa
DNA, penyalur informasi genetik
RNA, penyimpan informasi genetik
DNA, di nukleus, mitokondria, kloroplas
RNA di nukleus, sitoplasma, ribosom
D
DNA, gula deoksiribosa
RNA, gula ribose
DNA, penyimpan informasi genetik
RNA, penyalur informasi genetik
DNA, di nukleus, sitoplasma, ribosom
RNA di nukleus, mitokondria, kloroplas
                                
30.  Berikut ini adalah tahapan-tahapan sintesis protein:
  1. Proses penyalinan kode genetik dalam DNA
  2. DNA melakukan transkripsi membentuk RNAd.
  3. Asam amino berderet saling berikatan.
  4. Terbentuk polipeptida.
  5. Proses penerjemahan kode genetik RNAd oleh RNAt.
      Urutan pada fase translasi adalah  … .
A.   1 – 2 – 4
B.   1 – 3 – 4
C.   2 – 1 – 4
D.   3 – 4 – 5
E.    5 – 3 – 4
                                                                                  
31.    Perhatikan gambar pembelahan sel berikut ....


   Gambar 1 dan 2 adalah fase ....

Gambar 1
Gambar 2
A.
Metafase
Profase
B.
Metafase I
Profase I
C.
Metafase 2
Anaphase
D.
Anafase I
Profase
E.
Anafase 2
Telofase
                                                                                              






      
32.    Pada tanaman semangka bentuk buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan warna kulit buah hijau (H) dominan terhadap kulit buah bergaris-garis. Tanaman  semangka bentuk buah bulat warna hijau heterozigot (BbHh) penyerbukan sendiri. Keturunan yang berfenotip bentuk buah bulat kulit bergaris-garis adalah….
A.  100 %
B.   75 %
C.   56,25 %
D.  25 %
E.   18,75 %

33.    Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). Apabila kedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip putih. Bila gandum hitam (Hhkk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKK), maka ratio hitam :, kuning : putih adalah ….
A. 12 : 1 : 3
B. 12 : 3 : 1
C. 9 : 4 : 3
D. 9 : 3 : 4
E. 1 : 1 : 0
34.    Seorang wanita carier albino menikah dengan laki-laki normal.(homozigotik). Prosentase anak-anak
yang akan lahir dari pernikahan tersebut adalah ….
A.          75% albino, 25% normal
B.          50% albino, 50% normal
C.          25% albino, 75% normal
D.          100% normal
E.           100% albino

35.    Sindrom XO terjadi pada wanita normal memiliki kromosom seks XX dengan jumlah total kromosom sebanyak 46, Hal ini terjadi karena satu kromosom hilang atau  nondisjunction  saat  atau selama gametogenesis (pembentukan gamet) atau pun pada tahap awal pembelahan zygot Kelainan ini dikenal dengan sindrom ….
A.  Down
B.   Turner
C.   Clinifelter
D.  Cri du Chat
E.   Pattau

36.    Percobaan yang dilakukan oleh Stanley Miller (1953) bertujuan untuk membuktikan Postulat Harold Urey tentang asal usul kehidupan yang menyatakan bahwa…
A.  Makhluk hidup berasal dari benda mati dan terjadi secara spontan
B.   Makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari makhluk hidup sebelumnya
C.   Terbentuknya senyawa organik berasal dari meteorit dan komet
D.  Reaksi gas-gas atmosfir bumi purba membentuk molekul organik sederhana
E.   Atmosfir bumi purba terdiri dari CH4, NH3 , H2 dan uap air

37.    Pendapat Darwin tentang asal mula nenek moyang jerapah berbeda dengan pendapat Lamarck. Faktor penyebab yang mendukung pendapat Darwin tentang jerapah yang ada sekarang adalah ….
A.   adaptasi
B.   jenis makanan
C.   seleksi alam
D.   perubahan lingkungan
E.    isolasi geografis

38.    Berikut ini adalah beberapa peran bioteknologi dalam kehidupan :
  1. Nata de coco
  2. Susu kaleng
  3. Baso
  4. Mentega
  5. Yogurt
Produk bioteknologi dalam bidang industri makanan, antara lain ....
A.          1, 2 dan 3
B.          1, 3 dan 4
C.          1, 4 dan 5
D.          2, 3 dan 4
E.           2, 3 dan 5

39.    Produksi hormone insulin dalam skala industri merupakan contoh keberhasilan penerapan teknik rekayasa DNA rekombinan. Prinsip kerja teknik DNA rekombinan adalah ….
A.   pertumbuhan mikrobia di dalam suatu media tumbuh
B.   menumbuhkan satu sel tumbuhan menjadi satu tumbuhan utuh
C.   mengubah susunan gen dalam kromosom dengan memotong dan menyambung gen
D.   memindahkan inti sel tubuh ke dalam sel telur yang telah dihilangkan inti selnya
E.    menggabungkan dua sel dari jaringan yang sama maupun organisme berbeda

40.    Penerapan bioteknologi modern dapat menimbulkan problem etika dan religi yang meresahkan masyarakat. Contohnya adalah ….
A.  pengobatan penyakit diabetes dengan terapi gen
B.   cloning yang dilakukan pada  manusia
C.   penggunaan tehnik bayi tabung dengan fertilisasi diluar rahim
D.  penggunaan tanaman transgenic yang mengandung biopestisida
E.   pengobatan penyakit diabetes dengan insulin hasil rekayasa genetika

REVIEW KELAS XII



1. Berikut ini gambar tahap pembelahan meiosis:

Berdasarkan gambar yang menyatakan tahap metafase 2 dan anafase 1 ditunjukkan oleh nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 3

2. Persilangan antara tumbuhan mangga rasa masam bentuk besar dengan mangga manis bentuk kecil, dihasilkan mangga rasa manis bentuk besar (F1). Jika F1 melakukan penyerbukan sendiri, maka persentase mangga rasa manis bentuk besar yang dihasilkan F2 adalah ... .
A. 6,25%
B. 12,5%
C. 18,75%
D. 25 %
E. 56,25%

3. Jika H hitam epistasis terhadap K kuning yang hipostasis, persilangan antara kacang berkulit hitam (HhKk) dengan kacang berkulit kuning (hhKk) akan menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotip ... .
A. Hitam : Kuning 1 : 1
B. Hitam : Kuning 3 : 1
C. Hitam : kuning : putih 4 : 3 : 1
D. Hitam : Kuning : Putih 4 : 2 : 1
E. Hitam : kuning : putih 9 : 3 : 1

4. Perhatikan peta silsilah keluarga berikut ini !


Berdasarkan peta silsilah tersebut, dapat ditentukan genotif nomor 1, 2 dan 3 secara berurutan adalah ... .
A. XHXH, XHXH, XhXh
B. XHXh, XHXh, XhXh
C. XHXh, XHY-, XhY-
D. XHXh, XHY-, hh
E. XHY-, XHXh,X hY-

5. Peristiwa mutasi berikut menyebabkan kromosom mengalami perubahan seperti pada gambar, yang disebut … .

A. translokasi
B. katenasi
C. duplikasi
D. inversi
E. delesi

6. Perhatikan perangkat percobaan Stanley Miller berikut !
 

Tempat terbentuknya senyawa organik terjadi pada bagian nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

7. Perhatikan nama-nama organ mahluk hidup berikut !

  1. kaki depan tikus
  2. tangan manusia
  3. sisik ikan kakap
  4. sayap burung
  5. sayap serangga

Organ yang menunjukkan hubungan homologi adalah ... .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5

8. Masyarakat di desa Sukamaju yang berpenduduk 10.000 orang terdapat 25 orang ber rhesus negatif, maka persentase orang berrhesus positif heterozigot adalah ... .
A. 0,95%
B. 1,95%
C. 9,5%
D. 9,8%
E. 95%

9. Hubungan yang benar antara bahan, jenis mikroba dan produk yang benar adalah ... .
Bahan Jenis Mikroba Produk
A susu Lactobacillus burgaris yoghurt
B kedelai Aspergillus wentii tempe
C air kelapa Rhizopus oryzae nata de coco
D kedelai Rhizopus oligospora kecap
E susu Acetobacter xylium keju

10. Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar di bidang kedokteran dapat dilakukan dengan cara ... .
A. teknologi hibridoma
B. kultur jaringan
C. totipotensi jaringan
D. terapi genetik
E. transplantasi gen

11. Tindakan manusia yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif penggunaan hasil bioteknologi adalah ... .
A. memanfaatkan antibiotik untuk membunuh bakteri
B. memanfaatkan sumbermakanan baru berupa PST
C. menggunkan insulin buatan untuk diabetes militus
D. memanfaatkan bibit unggul hasil rekayasa genetika sebanyak-banyaknya
E. mengantisipasi kemungkinan berpindahnya gen asing pada organisme transgenik