Latihan Soal ini dipostingg untuk anak anak yang ogah mau baca buku cetak paket namun seneng belajar dari internet hehehe ya udah sama saja .... ini juga buku tapi paling ringan yang bisa ada dimana meskipun ketinggalan di rumah tetap ada
SOAL ISIAN
- Ciri-ciri makhluk hidup terdiri dari ……………………………., ………………………….. , ………………………………….. , …………………………………. , …………………………….. , ………………………., …………………………….
- Iritabilita adalah………………………………………………………
- Setelah beberapa hari, bunga yang mula-mula kuncup kemudian mekar. Hal itu menunjukkan bahwa tumbuhan …………….
- Ciri-ciri organisme yang erat hubungannya dengan usaha melestarikan jenisnya adalah……….
- Burung terbang dengan sayapnya menunjukkan ciri-ciri hidup yaitu …………….
- Alat pengeluaran pada manusia terdiri dari ………….,…………………..,…………….
- Pada musim hujan induk laron dan anak-anaknya berterbangan mengerumuni cahaya lampu yang terang. Hal tersebut menunjukkan bahwa laron ………………
- Saat melewati ruangan, Budi mencium baun yang sedap. Kemudian ia merasa lapar, peristiwa laparnya Budi merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu …..
- Untuk melakukan proses fotosintesis tumbuhan memerlukan ……………….., ……………., …………….
- Tumbuhan mengambil Oksigen dari udara melalui ………………..dan ………………..
- Saat menghembuskan napas, manusia mengeluarkan ………………
- Tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan makanannya dengan cara……………..
- Sekelompok kambing yang sedang merumput di lapangan merupakan ciri-ciri makhluk hidup yaitu …………….
- Berdasarkan ada tidaknya membran nukleus (membran inti) sel dibedakan menjadi sel prokariotik yaitu ……………………………dan sel eukariotik artinya ………………………………….
- Organel sel yang hanya dimiliki oelh sel hewan adalah …………….
- Organel sel yang terdapat hanya pada sel tumbuhan adalah ………………………………….
- Organel sel yang berfungsi untuk tempat berlangsungnya sintesis protein adalah …………………
- Organel sel ayng berfungsi untuk tempat berlangsungnya respirasi sel dan menghasilkan energi adalah ……………………
- Inti sel (nukleus) berfungsi untuk ………………………………….
- Membran plasma (selaput plasma) berfungsi untuk …………………………
- Dinding sel hanya terdapat pada sel ……………………
- Sentrosom (sentriol) hanya terdapat pada …………………………..
- Sel tumbuhan menyimpan cadangan makanan berupa amilum
- Sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut ………………………
- Makhluk hidup di dunia diklasifikasi oleh Wittacker menjadi 5 kingdom yaitu ……………………….., ………………………, ……………………….., ……………………………., …………………………………
- Kingdom Monera mempunyai ciri utama yaitu ……………………
- Kingdom Protista mempunyai ciri utama yaitu ………………………………
- Kingdom Fungi mempunyai ciri utama yaitu ………………………………
- Kingdom Plantae mempunyai ciri utama yaitu …………………………
- Kingdom animalia mempunyai ciri utama yaitu ……………………….
- Kingdom monera terdiri dari …………………. dan …………………………
- Kingdom Protista terdiri dari : Protista mirip ……………… , Protista mirip …………….. dan Protista mirip ……………..
- Kingdom fungi terdiri dari …………..,……………,.,,,,,,,,,,,,,
- Kingdom Plantae terdiri dari Tumbuhanlumut, Tumbuhan Paku dan tumbuhan ………………….
- Kingdom Animalia terdiri dari hewan ………….atau hewan tak bertulang belakang dan …………………. atau hewan bertulang belakang.
- Pengaturan keluar masuknya zat-zat pada sel dilakukan oleh ………………….
- Organisme bersel satu disebut juga ……………… atau ……………………
- Organisme bersel satu contohnya adalah ………………………
- Urutan organisasi kehidupan dari yang sederhana sampai yang kompleks adalah ………………………………………………………..
- Sistem organ pada manusia terdiri dari sistem …………….., sistem …………………., sistem …………………., sistem ……………………
- Jaringan pada tumbuhan yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun disebut ………………
- Jaringan pada tumbuhan yang berfubngsi mengangkut air dan mineral dari akar ke daun disebut ……………..
- Organ tersusun dari dua atau lebih …………………..
- Organ-organ yang menyusun alat indra adalah ………………………..
- Ginjal, paru-paru dan kulit adalah organ yang menyusun sistem ………………..
- Organ-organ yang menyusun sistem pengeluaran adalah ……………………………………………………
- Organ-organ yang menyusun sistem sirkulasi (peredaran darah) adalah …………………………………
- Kerongkongan (esofagus) organ penyusun sistem ………………
- Tenggorokan (trakea) adalah organ penyusun sistem ………………
- Jantung adalah organ penyusun siostem …………………..
- Nukleus berfungsi untuk …………………………………
- Ribosom adalah organel sel berfungsi untuk ………………..
- Mitokondria adalah organel sel berfungsi untuk ………………….
- Daun adalah organ tumbuhan yang berfungsi untuk transpirasi, pertukaran gas dan …………………
- Sekelompok organ yang bekerjasama untuk melakukan fungsi tertentu disebut…………………..
- Satuan atau unit terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup disebut ……………..
- Ilmuwan yang pertama kali menemukan sel dalam pengamatannya terhadap sel gabus adalah ………………………
- Organel yang dimiliki sel tumbuhan dan sel hewan adalah ………………………………
- Contoh Protista mirip hewan adalah …………………
- Contoh Protista mirip tumbuhan adalah………………………
- Contoh Protista mirip jamur adalah …………………..dan ………………
- Organisme yang mempunyai sifat antara tumbuhan dan hewan dikelompokkan dalam kingdom tersendiri yaitu ……………..
- Organisme autotrof artinya ………………………..
- Organisme heterotrof artinya………………………
- Jamur merang, jamur kuping, jamur tiram dikelompokkan dalam kingdom…………………
- Jamur air dan jamur lendir dikelompokkan ke dalam ……………………………..mirip jamur, bukan fungi (jamur) yang sebenarnya.
- Ayam dan tikus dikelompokkan dalam takson yang sama karena keduanya termasuk…………………..
- Bakteri dan ganggang hijau biru dikelompokkan dalam kingdom yang sama yaitu …………………
- Penulisan nama ilmiah dari tanaman padi adalah ……………..
- Penulisan nama ilmiah dari tanaman jagung adalah …………………
- Nama ilmiah berikut adalah Solanum tuberosum. Solanum adalah nama…………….
- Kelompok-kelompok yang diperoleh dalam klasifikasi makhluk hidup disebut ……………………
- Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut………………………..
- Bapak klasifikasi/taksonomi adalah ……………………..
- Urutan takson yang benar untuk tumbuhan adalah ……………………………………………
- Contoh tumbuhan dikotil adalah ………………………….., …………………………… ,…………………………..
- Contoh tumbuhan monokotil adalah ……………………….. , …………………………. , …………………………..
- Golongan hewan berdarah dingin adalah ……………………….. , …………………………
- Golongan hewan berdarah panas adalah …………………………….. , ……………………………
- Apa yang dimaksud dengan : (a) sel (b) jaringan (c) organ (d) sistem organ
- Sebutkan organ-organ pada tubuh manusia yang membentuk sistem pencernaan
- Jelaskan fungsi dari ; (a) membran sel (b) inti sel/nukleus (c) mitokondria (d) ribosom
- Buat tabel perbandingan 4 ciri-ciri hewan dan tumbuhan.
- Buat tabel perbandingan 4 ciri-ciri sel tumbuhan dan sel hewan.
- Gambarlah sebuah sel tumbuhan dan sel hewan. Berilah keterangan bagian-bagiannya.
- Manusia dan hewan memiliki berbagai macam jaringan yaitu …………..
- Jaringan saraf berfungsi …………
- Jaringan epitel berfungsi …………..
- Tumbuhan mempunyai berbagai macam jaringan yaitu ……
- Jaringan penyokong pada tumbuhan terdiri dari …………..
KALAU MAU JAWABAN LIHAT INI
- TRANSPIRER : Dutubuhnya terjadi dan bisa melakukan Transportasi , Respirasi , Adaptasi, Nutrisi , Pertumbuhan dan Perk , Irritabilita , Reproduksi , Ekskresi dan Regulasi
- kemampuan makhluk hidup menerima dan memberikan reaksi terhadap rangsangan.b
- bergerak
- reproduksi (berkembang biak)
- berkembang biak
- Ginjal ( ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan urine), paru-paru (paru –paru adalah organ tubuh yang berfungsi mengeluarkan CO2/Karbondioksida dan uap air), kulit (kulit adalah organ tubuh yang berfungsi mengeluarkan keringat)
- Mempunyai iritabilita (Peka terhadap cahaya, mendatangi cahaya untuk mematahkan sayapnya)
- Iritabilita (dengan indra penciuman)
- Cahaya, H2O (air), klorofil dan CO2/gas Karbondioksida. Peritiwa fotosnstesis menghasilkan amilum dan gas Oksigen (jadi fotosintesis memerlukan Karbondioksida, MENGHASILKAN Oksigen)
- Stomata (di daun) dan lentisel (di batang)
- Karbondioksida dan uap air
- Fotosintesis
- Memerlukan makanan (nutrisi)
- Sel yang tidak mempunyai membran nukleus (membran inti) —- sel yang mempunyai membran nukleus (membran inti)
- sentrosom
- plastida
- ribosom
- mitokondria
- mengatur /mengendalikan kehidupan sel
- mengatur keluar masuknya zat
- tumbuhan
- sel hewan
- amilum
- jaringan
- Kingdom Monera , Kingdom Protista , Kingdom Fungi , Kingdom Plantae , Kingdom Animalia
- Ciri utama kingdom Monera adalah : Prokariotik, artinya tidak memiliki membran inti. contoh kingdom Monera adalah BAKTERI dan GANGGANG HIJAU BIRU , pada umumnya bersel satu (misalnya bakteri), ada sebagian yang bersel banyak (misalnya ganggang hijau biru Spirullina)
- Ciri utama kngdom Protista adalah : Eukariotik yaitu mempunyai membran nukleus, pada umumnya bersel satu dan bersel banyak tetapi masih sederhana, Organisme yang mempunyai sifat antara tumbuhan dan hewan digolongkan Protista.bersel satu atau bersel banyak, mempunyai ciri seperti tumbuhan atau hewan. Contoh kingdom Protista adalah Protozoa, ganggang (alga) dan jamur air dan jamur lendir
- Ciri utama kingdom Fungi adalah : Eukariotik yaitu mempunyai membran nukleus, tidak berklorofil dan bersifat heterotrof. Sebagai heterotrof, ada yang saprofit dan parasit. Bersel satu dan bersel banyakheterotrof, saprofit dan parasit. contoh kingdom Fungi adalah jamur tempe, jamur ragi, jamur merang, jamur kulit/jamur panu.
- Ciri utama kingdom Plantae adalah : Eukariotik, berklorofil, bersifat autotrof (dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis).Bersel banyakberklorofil. Contoh kingdom Plantae adalah tumbuhan hijau
- Ciri utama kingdom Animalia adaEukariotik, heterotrof, bersel banyak, bergerak aktif, mempunyai jaringan dan sistem organ yang lebih kompleks.
- bakteri dan ganggang hijau biru
- hewan — tumbuhan — jamur.
- jamur tempe, jamur ragi, jamur merang, jamur kulit dll (semua jamur lainnya).
- biji yang terdiri dari tumbuhan biji terbuka dan biji tertutup (dikotil dan monokotil)
- Invertebrata — vertebrata
- membran plasma /selaput plasma/membran sel
- uniseluler atau monoseluler
- bakteri. Selain bakteri ada Protozoa (Protozoa atau hewan bersel satu misalnya Amoeba dan Paramaecium ).
- sel — jaringan —- organ —- sistem organ —- organisme
- sistem pencermaan – sistem pernapasan – sistem pengeluaran (ekskresi) – sistem sirkulasi (peredaran darah) – sistem koordinasi
- floem
- xilem
- jaringan
- mata, hidung, telinga, kulit, lidah
- pengeluaran (ekskresi)
- ginjal, paru-paru, kulit : ginjal berfungsi menyaring darah untuk membentuk urine, kulit berfungsi mengeluarkan keringat , paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan, yaitu menampung udara pernapasan yang dihirup dan menghembuskannya.
- jantung dan pembuluh darah , pembuluh darah berfungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh jantung berfungsi untuk memompa darah
- pencernaan
- pernapasan
- (peredaran darah) – fungsi jantung : MEMOMPA darah
- pusat pengatur kehidupan sel
- tempat terjadinya sintesis protein
- respirasi sel secara aerob (pernapasan sel) untuk menghasilkan energi
- fotosintesis
- sistem organ
- SEL
- Robert Hooke
- mitokondria, ribosom
- Protozoa (hewan bersel satu)
- ganggang atau alga
- jamur air dan jamur lendir
- PROTISTA (sebuan umum bagi ciri makhluk hidup yang punya sifat antara tumbuhan dan hewan)
- dapat menghasilkan makanan sendiri dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis
- tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, atau mendapatkan makanan yang sudah ada.
- Fungi
- Protista mirip jamur
- vertebrata
- MONERA
- Oryza sativa
- Zea mays
- genus
- takson
- taksonomi
- Carolus Linaeus
- Urutan takson pada tumbuhan ; Kingdom- divisi – kelas-bangsa-suku- marga- jenis (urutan dari tinggi/besar ke rendah) Atau Kingdom- divisi – kelas- ordo- famili- genus- spesies
- kacang tanah, mangga, pohon jati dan lain-lain
- rumput-rumputan, kelapa, padi dan lain-lain
- ikan, amfibi (katak) dan reptil. Istilah berdarah dingin disebut juga poikiloterm
- aves (burung) dan mamalia. Istilah berdarah panas disebut juga homeoterm
- (a)Sel adalah satuan (unit) terkecil dari makhluk hidup. (b) jaringan adalah sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. (c) organ adalah kumpulan dari dua atau lebih jaringan yang memiliki fungsi tertentu. (d) sistem organ adalah kumpulan organ-organ yang bekerja sama menjalankan fungsi tertentu.
- mulut, faring, kerongkongan , lambung, usus halus, usus besar, anus.
- (a) membran sel berfungsi untuk pelindung sel dan lewatnya pertukaran zat (b) inti sel berfungsi sebagai pusat pengatur kehidupan sel (c) mitokondria berfungsi sebagai tempat berlangsungnya pernapasan sel atau respirasi aerob untuk menghasilkan energi. (d) ribosom berfungsi sebagai tempat terjadinya sintesis protein
- gambar sel tumbuhan dan gambar sel hewan
- jaringan epitel , jaringan otot, jaringan tulang, jaringan saraf dan jaringan pengikat.
- berfungsi untuk menghantarkan atau meneruskan rangsangan
- berfungsi untuk melapisi permukaan tubuh
- aringan meristem, jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan pengangkut (XILEM dan FLOEM) dan jaringan penyokong (KOLENKIM dan SKLERENKIM)
- kolenkim dan sklerenkim
NO 83,
No 84
DETAIL SEL JARINGAN
REVIEW BAB KIMIA
- Asam = zat yang di dalam air dapat menghasilkan ion Hidrogen
- Basa = ………………………………………………………………
- Garam = senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa.
- Reaksi netralisasi = reaksi antara asam dan basa yang akan menghasilkan garam.
- Asam sitrat = …………………………………………………………..
- Asam Klorida = asam lambung, terdapat dalam lambung, berfungsi untuk membunuh kuman, membantu pencernaan dan memberi suasana asam pada lambung.
- pH meter = ……………………………………………………
- Indikator alami = …………………………………………………………
- Indikator universal = ………………………………………………………
- Indikator pp = ………………………………………………………………
- Kertas lakmus = ………………………………………………………………
- Asam lemah = ………………………………………………………………..
- Asam kuat = …………………………………………………………………..
- Basa lemah = ……………………………………………………………………
- Basa kuat = …………………………………………………………………………
- Asam sulfat = …………………………………………………………………..
- Asam Karbonat = ………………………………………………………………
- Hujan asam = …………………………………………………………………….
- Natrium Klorida = ………………………………………………………………
- Magnesium Hidroksida = ………………………………………………………..
- Botani = ……………………………………………………………………….
- Zoologi = ………………………………………………………………………
- Ornitologi = ………………………………………………………………………
- Mikologi = …………………………………………………………………………
- Virologi = ……………………………………………………………………….
- Bakteriologi = ………………………………………………………………….
- Mikrobiologi = …………………………………………………………………..
- Embriologi = ……………………………………………………………………….
- Taksonomi = ………………………………………………………………………..
- Anatomi = ……………………………………………………………………………
- Morfologi = …………………………………………………………………………..
- Sitologi = ……………………………………………………………………………..
- Ekologi = ……………………………………………………………………………..
- Metode ilmiah = ……………………………………………………
- Hipotesis = ………………………………………………………………….
ASAM
Sebagian buah-buahan berasa masam, misalnya jeruk. Di dalam buah jeruk terdapat asam sitrat yang membuat jeruk terasa agak asam. Apakah ada lagi bahan yang lain yang terasa asam? Apakah yang dimaksud dengan asam?
Asam adalah zat yang dapat menghasilkan ion Hidrogen di dalam air. Contohnya adalah HCl jika di dalam air akan terurai menjadi ion H+ (ion Hidrogen) dan ion Cl- (ion klorida). Zat yang bersifat asam mempunyai rasa asam.
Beberapa asam yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari , seperti ditunjukkan dalam tabel berikut ini
Tabel contoh beberapa jenis asam dan kegunaannya
Nama asam | Kekuatan | Ada di…/manfaat |
Asam Klorida | Kuat | Lambung |
Asam Sulfat | Kuat | Aki dan pupuk |
Asam Nitrat | Kuat | Pupuk dan peledak |
Asam Laktat | Lemah | Susu dan keju |
Asam Sitrat | Lemah | Jeruk |
Asam Etanoat | Lemah | Cuka |
Asam Fosfat | Kuat | Cat anti karat dan pupuk |
Asam Askorbat | Lemah | Buah-buahan |
Asam Karbonat | Lemah | Soft drink |
Asam Formiat | Lemah | Semut |
Asam Tartarat | Lemah | Anggur |
Asam dibagi menjadi dua yaitu asam kuat dan asam lemah. Asam kuat lebih berbahaya dari pada asam lemah.
BASA
Basa adalah zat dapat melepaskan ion hidroksida di dalam air. Contohnya adalah NaOH jika di dalam air akan terurai menjadi Na+ (ion natrium) dan OH-(ion hidroksida). Zat yang bersifat basa mempunyai rasa pahit dan terasa licin jika dipegang.
Sifat basa hanya akan muncul jika berada di dalam air, karena air akan menyebabkan molekul basa mengalami ionisasi menghasilkan ion OH-yang dapat menunjukkan sifat kebasaan suatu larutan.
Tabel contoh beberapa jenis basa dan kegunaannya
Nama basa | Kekuatan | Ada di…/manfaat |
Amonia | Lemah | pemutih dan pupuk |
Kalsium hidroksida | Kuat | Mengurangi keasaman tanah |
Kalium hidroksida | Kuat | Semen dan beton |
Magnesium hidroksida | Kuat | Obat maag |
Natrium hidroksida | Kuat | Sabun |
Basa dibagi menjadi dua yaitu basa kuat dan asam lemah. Basa kuat lebih berbahaya dari pada basa lemah.
GARAM
Garam adalah senyawa yang mengandung ion positif dari basa dan ion negatif dari asam atau senyawa yang dihasilkan dari reaksi penetralan antara asam dengan basa.
Contoh : HCl + NaOH → NaCl + H2O
H+ Cl- Na+ OH- → Na Cl- + H+ OH-
asam klorida natrium hidroksida natrium klorida air
Reaksinya disebut reaksi penggaraman (karena menghasilkan garam) dan reaksi penetralan (karena saling menetralkan). Nama garam berasal dari nama awal basa dan nama akhir asam.
Tabel contoh-contoh reaksi asam basa :
Nama asam | Nama basa | Nama garam |
Asam klorida | Natrium hidroksida | Natrium klorida |
Asam bikarbonat | Natrium hidroksida | Natrium bikarbonat |
Asam sulfat | Magnesium hidroksida | Magnesium sulfat |
Asam fosfat | Magnesium hidroksida | Magnesium fosfat |
Asam klorida | Amonium hidroksida | Amonium korida |
Manfaat reaksi asam basa:
Obat maag mengandung senyawa basa yang dapat menetalkan asam lambung
Kapur dolomit yang bereaksi dengan air tanah menjadi senyawa basa yang dapat menetralkan keasaman tanah pertanian, sehingga menjadi lebih subur
Abu kayu yang bersifat basa dapat menetralkan keasaman tanah.
Sengatan lebah yang bersifat asam dapat dinetralkan dengan sabun
Sengatan tawon dapat dinetralkan dengan cuka
KESELAMATAN KERJA
Tempat untuk melakukan percobaan sains atau ilmu pengetahuan alam disebut laboratorium.
Laboratorium merupakan suatu ruangan yang dirancang khusus agar kalian dapat melakukan suatu percobaan dengan aman. Agar kegiatan di dalam laboratorium dapat berjalan dengan lancar dan aman, perlu memperhatikan simbol-simbol keselamatan kerja, peraturan bekerja di laboratorium dan cara bekerjanya.
Berbagai peralatan dan perlengkapan dalam laboratorium biologi.
- Beaker glass : berfungsi untuk menampung bahan kimia cair
- Gelas ukur : berfungsi untuk mengukur volume zat cair
- Tabung reaksi : berfungsi untuk menampung/mencampur bahan kimia cair
- Erlenmeyer : berfungsi untuk menampung/mencampur bahan kimia cair
- Mortar : berfungsi sebagai tempat untuk menumbuk
- Pipet : berfungsi untuk mengambiuk bahan kimia yang berupa cairan
- Penjepit kayu : berfungsi untuk menjepit tabung reaksi pada sat dipanaskan.
- Pinset : berfungsi untuk mengambil bahan kimia padatan atau menjepit sesuatu.
- Corong : berfungsi untuk membantu menuang cairanatau untuk membantu menyaring.
- Loupe/kaca pembesar : berfungsi untuk memperbesar bayangan suatu obyek biologi.
- Gunting : berfungsi untuk membedah atau menggunting
- Cawan petri : berfungsi sebagai tempat menyimpan media untuk membiakkan bakteri
- Kaki tiga : berfungsi sebagai penyangga pada saat memanaskan cairan dengan pembakar spirtus atau dengan Bunsen
- Kasa kawat : berfungsi sebagai alas pada saat memanaskan cairan dengan pembakar spirtus atau Bunsen
- Stop watch : berfungsi untuk menghitung waktu
- Termometer : berfungsi untuk mengukur suhu.
BAGIAN MIKROSKOP
- Dasar mikroskup/kaki mikroskup = untuk menjaga agar mikroskup dapat berdiri dengan mantap
- Lengan mikroskup = bagian yang dipegang waktu mengangkat mikroskup tabung mikroskup
- Tabung mikroskup = untuk menghubungkan lensa okuler dengan lensa obyektif
- Makrometer (pemutar kasar) = berfungsi mengatur fokus bayangan benda (menaikkan dan menurunkan)
- Mikrometer(pemutar halus) = berfungsi mengatur fokus bayangan benda
- Lensa okuler = Lensa yang terletak dekat mata, dan berfungsi untuk mengamati benda/obyek.
- Revolver = pemutar untuk memilih lensa obyektif yang akan digunakan
- Lensa obyektif = Lensa yang terletak dekat benda/ obyek (preparat) dan berfungsi untuk memperbesar benda yang diamati
- Meja benda = berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan obyek/preparat
- Cermin = berfungsi memantulkan cahaya yang diarahkan ke obye
NOTE: Bagian-bagian mikroskup lainnya adalah :
- Penjepit : berfungsi untuk menjaga agar kedudukan spesimen (obyek pengamatan) mantap di posisinya.
- Diafragma : berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mikroskup
- Cermin : memiliki dua permukaan yaitu cermin datar dan cekung. apakah fungsinya? Cermin datar fungsinya digunakan pada waktu cahaya/sinar terang . Sedangkan cermin cekung fungsinya digunakanan pada waktu cahaya/sinar lemah. Cermin dantar dan cekung juga disebut reflektor.
- Mikroskup terdiri dari dua bagian yaitu bagian optik dan bagian mekanik.
- Bagian optik terdiri dari lensa okuler, lensa obyektif, cermin dan diafragma.
- Bagian mekanik terdiri dari bagian non optik yaitu bagian-bagian lain mikroskup meliputi kakiu mikroskup, lengan meja benda dan lain-lain.
- Mikroskup monokuler dan mikroskup binokuler.
- Mikroskup monokuler adalah mikroskup yang memiliki satu lensa okuler.
- Mikroskup bnokuker adalah mikroskup yang memiliki dua lensa okuler
LATIHAN LAGI YA MATERI AWAL
1. Pada buah jeruk terdapat zat asam yang disebut ………
2. Di dalam lambung terdapat senyawa asam yang disebut …….yang berguna untuk ……………
3. Aki kendaraan bermotor mengandung zat yang bersifat ……….yaitu ………….
4. Obat sakit maag mengandung zat yang bersifat …. ….yang disebut………………..
5. Basa mempunyai sifat-sifat …………………………….
6. Asam mempunyai sifat-sifat ……………………..
7. Contoh bahan-bahan yang bersifat asam yaitu ……………..
8. Contoh-contoh bahan yang bersifat basa adalah ……………..
9. Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi antara ……..dan …………..
10. Contoh zat yang mempunyai pH kurang dari 7 adalah ……………
11. Contoh zat yang mempunyai pH lebih dari 7 adalah …………………
12. Contoh zat yang mempunyai pH = 7 adalah ……………
13. Kertas lakmus biru akan tetap berwarna biru jika ditetesi zat……………
14. Kertas lakmus merah akan tetap berwarna merah kalau ditetesi zat ………..
15. Kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru jika ditetesi zat yang bersifat ……….., misalnya………………….
16. Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika ditetesi zat yang bersifat…………..misalnya…………………………….
17. Botani adalah…………….
18. Zoologi adalah ………….
19. Fisiologi adalah………….
20. Anatomi adalah………..
21. Morfologi adalah………..
22. Sitologi adalah………..
23. Virologi adalah……………..
24. Mikologi adalah …………….
25. Genetika adalah……………
26. Histologi adalah ………….
2. Di dalam lambung terdapat senyawa asam yang disebut …….yang berguna untuk ……………
3. Aki kendaraan bermotor mengandung zat yang bersifat ……….yaitu ………….
4. Obat sakit maag mengandung zat yang bersifat …. ….yang disebut………………..
5. Basa mempunyai sifat-sifat …………………………….
6. Asam mempunyai sifat-sifat ……………………..
7. Contoh bahan-bahan yang bersifat asam yaitu ……………..
8. Contoh-contoh bahan yang bersifat basa adalah ……………..
9. Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi antara ……..dan …………..
10. Contoh zat yang mempunyai pH kurang dari 7 adalah ……………
11. Contoh zat yang mempunyai pH lebih dari 7 adalah …………………
12. Contoh zat yang mempunyai pH = 7 adalah ……………
13. Kertas lakmus biru akan tetap berwarna biru jika ditetesi zat……………
14. Kertas lakmus merah akan tetap berwarna merah kalau ditetesi zat ………..
15. Kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru jika ditetesi zat yang bersifat ……….., misalnya………………….
16. Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika ditetesi zat yang bersifat…………..misalnya…………………………….
17. Botani adalah…………….
18. Zoologi adalah ………….
19. Fisiologi adalah………….
20. Anatomi adalah………..
21. Morfologi adalah………..
22. Sitologi adalah………..
23. Virologi adalah……………..
24. Mikologi adalah …………….
25. Genetika adalah……………
26. Histologi adalah ………….
Isilah dengan salah jawaban yang benar (untuk nomor 27- 31)
27. Untuk menimbang benda adalah …….
28. Untuk mengamati obyek berukuran kecil (mikroskopis) atau memperbesar obyek pengamatan adalah ……..
29. Untuk mengukur suhu adalah ……….
30. Untuk mengukur kelembaban udara adalah ………….
31. Untuk mengukur volume cairan bahan kimia adalah …….
Alternatif jawaban untuk soal nomor 27-31
A.termometer
B.neraca
C.gelas ukur
D.mikroskup
E.higrometer
28. Untuk mengamati obyek berukuran kecil (mikroskopis) atau memperbesar obyek pengamatan adalah ……..
29. Untuk mengukur suhu adalah ……….
30. Untuk mengukur kelembaban udara adalah ………….
31. Untuk mengukur volume cairan bahan kimia adalah …….
Alternatif jawaban untuk soal nomor 27-31
A.termometer
B.neraca
C.gelas ukur
D.mikroskup
E.higrometer
Untuk menjawab soal nomor 31 sampai 45 perhatikan gambar mikroskup berikut ini.
31. Fungsinya adalah mengatur banyak sedikitnya cahaya adalah pada nomor ………disebut…………..
32. Revolver adalah pada nomor………. berfungsi untuk …………………………..
33. Fungsinya menghubungkan lensa obyektif dan lensa okuler adalah nopmor ….. disebut …………..
34. Fungsinya untuk meletakkan obyek/preparat yang akan diamati adalah nomor …….. disebut………..
35. Suatu cara memegang mikroskup yang benar adalah menggunakan kedua tangan kita. Tangan yang satu memegang bagian nomor ……….yaitu………….., sedangkan tangan lainnya memegang bagian nomor ……..yaitu ………..
36. Gambar mikroskup tersebut termasuk gambar dari mikroskup monokuler atau binokuler?……….
37. Bayangan yang tampak pada mikroskup adalah …………….dan…………….
38. Fungsinya adalah memperbesar bayangan, terletak dekat mata, adalah nomor … disebut………
39. Fungsinya adalah memperbesar bayangan, terletak dekat obyek/benda yang diamati adalah nomor … disebut………
40. Cermin datar berfungsi untuk ……………….
41. Cermin cekung berfungsi untuk ……………..
42. Seorang siswa menggunakan lensa okuler 5x dan memilih lensa obyektif 10 kali. Maka pembesaran yang dilihat di lapangan pandang mikroskup adalah …………….x
43. Ilmuwan yang menemukan mikroskup pertama kali bernama ………………….dari negara………..
44. Mikroskup digunakan untuk mengamati obyek mikroskopis artinya ……………………..
45. Alat laboratorium tambahan yang digunakan untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskup adalah ………..dan ………….
32. Revolver adalah pada nomor………. berfungsi untuk …………………………..
33. Fungsinya menghubungkan lensa obyektif dan lensa okuler adalah nopmor ….. disebut …………..
34. Fungsinya untuk meletakkan obyek/preparat yang akan diamati adalah nomor …….. disebut………..
35. Suatu cara memegang mikroskup yang benar adalah menggunakan kedua tangan kita. Tangan yang satu memegang bagian nomor ……….yaitu………….., sedangkan tangan lainnya memegang bagian nomor ……..yaitu ………..
36. Gambar mikroskup tersebut termasuk gambar dari mikroskup monokuler atau binokuler?……….
37. Bayangan yang tampak pada mikroskup adalah …………….dan…………….
38. Fungsinya adalah memperbesar bayangan, terletak dekat mata, adalah nomor … disebut………
39. Fungsinya adalah memperbesar bayangan, terletak dekat obyek/benda yang diamati adalah nomor … disebut………
40. Cermin datar berfungsi untuk ……………….
41. Cermin cekung berfungsi untuk ……………..
42. Seorang siswa menggunakan lensa okuler 5x dan memilih lensa obyektif 10 kali. Maka pembesaran yang dilihat di lapangan pandang mikroskup adalah …………….x
43. Ilmuwan yang menemukan mikroskup pertama kali bernama ………………….dari negara………..
44. Mikroskup digunakan untuk mengamati obyek mikroskopis artinya ……………………..
45. Alat laboratorium tambahan yang digunakan untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskup adalah ………..dan ………….
Lengkapilah isian data berikut ini nomor 46- 51
52. Tahap-tahap metode ilmiah adalah ………………………………………………………….
53. Setelah menyusun hipotesa , maka dilakukan ……………………….
54. Di laboratorium terdapat peraturan-peraturan baik peraturan yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus. Contoh-contoh peraturan yang bersifat umum adalah…………. .
55. Adapun contoh-contoh peraturan yang bersifat khusus adalah ………………….…….
56. Di laboratorium diberlakukan peraturan tata tertib laboratorium bertujuan untuk …….
57. Mikroskup adalah alat laboratorium yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia yaitu dalam bidang …………………..karena mikroskup dapat digunakan untuk mengamati ………………
58. Pengamatan kualitatif adalah ………………………………
59. Contoh-contoh pengamatan kualitatif adalah ………………………,…………………….
60. Pengamatan kuantitatif adalah ……………..
61. Contoh pengamatan kuantitatif adalah ,………………….,…………….……………………
62. Gejala alam biotik adalah …………………
63. Contoh-contoh gejala alam biotik adalah …………………..,……………………..,………………..………
64. Gejala alam abiotik adalah ……………..
65. Contoh-contoh gejala alam abiotik adalah…………
53. Setelah menyusun hipotesa , maka dilakukan ……………………….
54. Di laboratorium terdapat peraturan-peraturan baik peraturan yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus. Contoh-contoh peraturan yang bersifat umum adalah…………. .
55. Adapun contoh-contoh peraturan yang bersifat khusus adalah ………………….…….
56. Di laboratorium diberlakukan peraturan tata tertib laboratorium bertujuan untuk …….
57. Mikroskup adalah alat laboratorium yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia yaitu dalam bidang …………………..karena mikroskup dapat digunakan untuk mengamati ………………
58. Pengamatan kualitatif adalah ………………………………
59. Contoh-contoh pengamatan kualitatif adalah ………………………,…………………….
60. Pengamatan kuantitatif adalah ……………..
61. Contoh pengamatan kuantitatif adalah ,………………….,…………….……………………
62. Gejala alam biotik adalah …………………
63. Contoh-contoh gejala alam biotik adalah …………………..,……………………..,………………..………
64. Gejala alam abiotik adalah ……………..
65. Contoh-contoh gejala alam abiotik adalah…………
PEMBAHASAN
Pembahasan
Kelas 7
Kelas 7
1. asam sitrat
2. Asam Klorida (HCl) – membantu pencernaan
3. asam – asam sulfat
4. basa – Magnesium Hidroksida
5. rasa pahit, merusak kulit, licin, mengubah kertas lamus merah jadi biru
6. rasa asam,korosif, mengubah kertas lakmus biru jadi merah
7. jeruk, coca cola, cuka, susu basi, aki
8. bahan pemutih , obat maag, pembersih lantai, sabun
9. asam dan basa
10. asam cuka, air jeruk
11. obat maag, sabun
12. air aqua
13. yang netral
14. yang netral
15. basa – obat maag
16. asam – air jeruk
17. Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
18. Ilmu yang mempelajari tentang hewan
19. Ilmu yang mempelajari tentang fungsi/sistem organ
20. Ilmu yang mempelajari tentang struktur dalam tubuh makhluk hidup
21. Ilmu yang mempelajari tentang struktur luar tubuhn rnakhluk hidup
22. Ilmu yang mempelajari tentang sel
23. Ilmu yang mempelajari tentang virus
24. Ilmu yang mempelajari tentang jamur
25. Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
26. Ilmu yang mempelajari tentang jaringan
2. Asam Klorida (HCl) – membantu pencernaan
3. asam – asam sulfat
4. basa – Magnesium Hidroksida
5. rasa pahit, merusak kulit, licin, mengubah kertas lamus merah jadi biru
6. rasa asam,korosif, mengubah kertas lakmus biru jadi merah
7. jeruk, coca cola, cuka, susu basi, aki
8. bahan pemutih , obat maag, pembersih lantai, sabun
9. asam dan basa
10. asam cuka, air jeruk
11. obat maag, sabun
12. air aqua
13. yang netral
14. yang netral
15. basa – obat maag
16. asam – air jeruk
17. Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
18. Ilmu yang mempelajari tentang hewan
19. Ilmu yang mempelajari tentang fungsi/sistem organ
20. Ilmu yang mempelajari tentang struktur dalam tubuh makhluk hidup
21. Ilmu yang mempelajari tentang struktur luar tubuhn rnakhluk hidup
22. Ilmu yang mempelajari tentang sel
23. Ilmu yang mempelajari tentang virus
24. Ilmu yang mempelajari tentang jamur
25. Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
26. Ilmu yang mempelajari tentang jaringan
27. neraca
28. mikroskup
29. termometer
30. higrometer
31. gelas ukur
28. mikroskup
29. termometer
30. higrometer
31. gelas ukur
31.nomor 6 – diafragma
32. nomor 7 – mengatur lensa obyektif
33. nomor 11 – tabung mikroskup
34. nomor 9 – meja benda
35. nomor 2 – lengan mikroskup nomor 1 – kaki mikroskup/dasar mikroskup
36. monokuler (mempunyai satu lensa okuler)
37. terbalik dan diperbesar
38. nomor 3 – lensa okuler
39. nomor 8 – lensa obyektif
40. memeantulkan cahaya yang cukup terang/kuat
41. memantulkan cahaya yang kuarang kuat/lemah
42. 5 x 10 = 50 x
43. Antonie van Leuwenhoek – Belanda
44. obyek yang berukuran sangat kecil
45. kaca benda (obyek glass) dan kaca penutup (cover glass)
32. nomor 7 – mengatur lensa obyektif
33. nomor 11 – tabung mikroskup
34. nomor 9 – meja benda
35. nomor 2 – lengan mikroskup nomor 1 – kaki mikroskup/dasar mikroskup
36. monokuler (mempunyai satu lensa okuler)
37. terbalik dan diperbesar
38. nomor 3 – lensa okuler
39. nomor 8 – lensa obyektif
40. memeantulkan cahaya yang cukup terang/kuat
41. memantulkan cahaya yang kuarang kuat/lemah
42. 5 x 10 = 50 x
43. Antonie van Leuwenhoek – Belanda
44. obyek yang berukuran sangat kecil
45. kaca benda (obyek glass) dan kaca penutup (cover glass)
LATIHAN PILIHAN GANDA
1. Berikut ini yang tidak termasuk komponen abiotik adalah ....
a. matahari b. air c. tanah d. tumbuhan
2. Bagian mikroskop yang apabila digerakkan akan mengatur jarak antara objek yang diamati dengan lensa objektif adalah ….
a. diafragma b. makrometer c. lengan d. revolver
3. Saat kita membuat objek pengamatan segar dengan cara menyayat, hasil sayatan yang kita buat diletakkan di atas .…
a. cover glass c. lensa objektif
b. lensa okuler d. gelas objek
4. Berikut ini adalah alat-alat yang di guna kan untuk mengamati benda, yaitu ....
a. mikroskop, teropong, dan lup
b. mikroskop, penjepit, dan lup
c. penjepit, teropong, dan lup
d. pipet, penjepit, dan kaki tiga
5. Mikroskop yang memiliki satu lensa objektif dan satu lensa okuler disebut mikroskop ….
a. stereo b. binokuler c. monokuler d. Elektron
6. Pada ruangan yang kurang terang sebaiknya menggunakan cermin ….
a. cekung b. datar c. cembung d. ganda
7. Pada perbesaran tertentu bayangan yang masih belum jelas, untuk memperjelas bayangan digunakan….
a. cermin b. pemutar kasar c. pemutas halus d. tubus
8. Berikut ini yang bukan termasuk ciri makhluk hidup adalah ….
a. peka terhadap rangsangan b. berkembang biak
c. mengeluarkan gas d. bergerak
9. Agar bisa membuat makanan sendiri, tumbuhan hijau memerlukan ....
a. oksigen dan karbon dioksida b. oksigen dan air
c. karbon dioksida dan air d. karbon dioksida dan zat gula
10. Jika ada tumbuhan yang tumbuh ke arah matahari, berarti tumbuhan itu bereaksi terhadap rangsangan yang berupa ....
a. tanah yang gembur b. pupuk
c. sentuhan d. cahaya
11. Cara berkembang biak pada makhluk hidup ada yang secara kawin dan tak kawin. Secara tak kawin dapat dilakukan dengan cara .…
a. membentuk spora dan membelah diri b. bertelur dan beranak
c. membentuk spora dan bertelur d. bertelur dan membelah diri
12. Untuk melihat objek lensa yang dilihat langsung oleh mata adalah...
a. okuler b. objektif c. ganda d. okuler dan objektif
13. Berikut ini yang merupakan langkah yang tepat untuk menjaga keselamatan kerja dalam laboratorium IPA adalah… .
a. menyimpan alat yang mudah pecah di rak tinggi
b. meletakan pemadam kebakaran di dalam almari tertutup rapat
c. menyediakan kotak pertolongan pertama di tempat yang aman
d. menyimpan bahan kimia cair di rak dengan ketinggian di atas kepala
14. Energi kimia dalam makanan akan diubah menjadi energi gerak melalui proses… .
a. nutrisi b. regulasi c. respirasi d. reproduksi
15. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri disebut ….
a. taksonomi c. tata nama ganda
b. sistematika d. takson
16. Berdasarkan sistem tata nama ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah ….
a. Cocos nucifera L c. cocos nucifera L
b. Cocos Nucifera L d. cocos Nucifera L
17. Urutan tingkat takson tumbuhan dari yang tertinggi sampai terendah adalah….
a. kingdom – devisi – kelas – ordo – genus – famili – spesies
b. kingdom – devisi – kelas – ordo – famili – genus – spesies
c. kingdom – filum – ordo – famili – kelas – genus – spesies
d. kingdom – filum – ordo – kelas – famili – genus – spesies
18. Cyanobacteria berbeda dengan Alga lainnya, sehingga tergolong dalam Monera. Salah satu ciri khas tersebut adalah ….
a. prokariotik c. uniseluler
b. berklorofil d. membelah diri
19. Jamur yang sering digunakan untuk pembuatan tempe adalah ….
a. Sacharomyces cereviceae c. Neurospora crassa
b. Penicillium notatum d. Rhyzophus oryzae
20. Ciri Arthropoda adalah sebagai berikut.
1. kaki jalan berjumlah lima pasang
2. antena dua pasang
3. eksoskeleton tersusun dari zat kitin
4. bernapas dengan insang
5. tubuh terdiri dari sefalothorax dan abdomen
Hewan tersebut termasuk kelas ….
a. Insecta c. Myriapoda
b. Crustacea d. Arachnoidea
21. Simaklah nama-nama hewan berikut ini:
1. ular 4. belalang
2. belut 5. cacing tanah
3. lintah
kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang yaitu… .
a. 1,2,3 b. 2,3,4 c. 3,4,5 d. 4,5,1
22. Kalajengking termasuk hewan berbuku-buku yang masuk ke dalam kelompok hewan… .
a. serangga b. lebah c. lipan d. udang-udangan
23. Cacing yang tubuhnya berbentuk gilig adalah… .
a. cacing pita b. cacing hati c. cacing perut d. cacing tanah
24. Simaklah hewan-hewan di bawah ini:
1. lumba-lumba 4. landak
2. kelelawar 5. buaya
3. kura-kura 6.ayam
kelompok hewan mamalia adalah… .
a. 1,2,3 b. 1,2,4 c. 1,3,6 d. 1,4,5
25. Hewan protozoa yang bergerak dengan menggunakan bulu getar termasuk dalam filum…
a. Rhizopoda c. Ciliata
b. Flagellata d. Sporozoa
26. Alat perkembangbiakan jantan pada tumbuhan paku adalah….
a. Arkegonium c. spora
b. Anteridium d. sporogonium
27. Ciri utama batang monokotil antara lain….
a. Berbatang besar c. Bercabang Banyak
b. Berbatang kuat d. Tidak Bercabang
28. Tumbuhan biji terbuka disebut juga…
a. Angiospermae c. Dikotil
b. Gymnospermae d. Monokotil
29. Tulang daun menyirip dan menjari seperti ketela pohon masuk dalam kelompok tumbuhan…
a. Angiospermae c. Dikotil
b. Gymnospermae d. Monokotil
30. Filum-filum di bawah ini termasuk dalam kelompok Avertebrata (hewan tidak bertulang belakang) kecuali…
a. Protozoa c. Porifera
b. Pisces d. Arthropoda
31. Pergiliran keturunan pada tumbuhan paku dan lumut disebut juga….
a. Generatif c. Metagenesis
b. vegetativ d. seksual
32. Kelompok Arthopoda atau hewan berbuku-buku yang mengalami metamorfosis sempurna adalah…
a. Myriapoda c. Arachoidea
b. Crustacea d. Insecta
33. Di bawah ini yang termasuk hewan homoiterm adalah….
a. Kadal c. katak
b. Ikan tuna d. kucing
34. Kelompok hewan vertebrata yang jantungnya terdiri dari 3 ruang, yaitu 2 serambi dan 1 bilik adalah…
a. Pisces c. Reptil
b. Amfibi d. Mamalia
23 INFORMASI RPP KELAS 7
15. Perubahan Fisika