TKG-SMA BIOLOGI
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN- KEMENDIKBUD
SOAL UJI COBA KOMPETENSI GURU (SMA 5, Rabu, 18 sept 2012)
1. Pasangan yang benar antara jaringan tumbuhan dan fungsinya adalah
a. Jaringan dasar yang terdapat pada hampir semua bagian (organ) tumbuhan dapat menyimpan cadangan makanan
b. Jaringan meristem yang sel-selnya selalu membelah dan membentuk jaringan baru
c. Jaringan penyokong atau penguat pada organ tumbuhan muda
d. Jaringan penyokong yang dapat menyimpan udara karena ada ruang antar sel yang besar
e. Pembuluh kayu yang berfungsi untuk menyalurkan air dan unsur hara dari tanah ke daun.
2. Karakteristik penting yang membedakan Archaeobactaria dengan Eubacteria adalah
a. Peptidoglikan pada dinding sel
b. Lemak dalam membran plasma
c. Membran plasma
d. Bentuk dan struktur RNA
e. Morfologi dan habitat
3. Dalam ekosistem sawah ditemukan kandungan pestisida yang sangat tinggi di dalam tanah. Pestisida akan mematikan predator sehingga hama berkembang biak tanpa kendali. Langkah yang tepat untuk mencegah pencemaran tanah, adalah sebagai berikut kecuali:
a. Tidak membuang sisa pestisida di sembarang temapat dan tidak membuang di sawah
b. Menggunakan pestisida dengan dosis yang sesuai sehingga tidak membunuh predator berlebih
c. Membunuh hama dengan tehnik mekanik misalnya ditangkap
d. Mencuci peralatan bekas menyemprot disungai dekat sawah
e. Tidak menggunakan pestisida dalam memberantas hama melainkan mengggunakan predator
4. Mana dari pernyataan berikut yang paling tepat untuk menggambarkan pembelahan ganda pada angiospermae
a. Dua butir polen jatuh pada satu stigma jadi dua sel dibuahi
b. Dua sel sperma yang dihasilkan satu butir pollen membuahi dua sel telur yang terpisah menghasilkan dua biji
c. Satu sel sperma dan satu butir telur untuk membentuk zigot. Sedangkan sel sperma kedua dari butir polen yang sama bergabung dalam kantung embrio dan menghasilkan nukleus endosperm triploid.
d. Satu sel sperma dari satu butir polen membuahi satu sel telur membentuk zigot yang haploid. Sedangkan sel sperma kedua dari butir polen yang sama bergabung dengan satu nukleus dalam kantung embrio menghasilkan nukleus diploid
e. Dua sel sperma dari satu butir polen membuahi sel telur yang sama, agar pembuahan tidak mungkin terjadi.
5. Pada persilangan bunga Linaria Maraccona merah dengan putih tenyata hasil keturunannya adalah berwarna ungu. Hal ini tidak biasa, kemudian hasil F1 perbandingan Fenotip ungu : merah : putih adalah 9 : 3 : 4 Hal ini merupakan penyimpangan semu dari hukum Mendel. Hal apakah yang menyebabkan F1 berwarna ungu bukan merah…
a. Warna ungu ditentukan oleh sifat dominan dari merah dan resesif dari putih.
b. Ada kemungkinan ungu muncul karena adanya dua gen dominan muncul bersamaan.
c. Putih merupakan factor yang resesif.
d. Persilangan tersebut merupakan persilangan dihibrid antara sifat dominan dan resesif.
e. Warna ungu muncul karena perubahan susunan gen pada saat persilangan.
6. Seorang ilmuan memiiliki keinginan untuk meneliti tentang kecepatan biji kedelai (Soja Max) dipengaruhi oleh suhu. Dia merumuskan masalah penelitiannya sebagai berikut. “Bagaimana kecepatan pertumbuhan biji kedelai jika suhu lingkugannya berbeda? “ Untukmelanjutkan rumusan masalah, dia akan menentukan variable-variabel penelitian. Manakah pasangan yang tepat antara variable manipulasi dan variable respon?
a. Suhu-jumlah biji yang tumbuh
b. Intensitas cahaya-jumlah bii yang tumbuh
c. Jumlah biji-suhu ruangan
d. Jenis kedelai-media tanam
e. Suhu-jumlah bijji yang ditanam
7. Hubungan yang benar antara jenis makanan hasil konverensi dari mikroorganisme melakukannya yaitu…
| Jenis makanan | Mikoorgamanisme yang melakukan |
a. | Yoghurt | Lactobacillus lactis |
b. | Tauco | Aspergillus soyae |
c. | Brem bali | Saccaromyces cereviceae |
d. | Mentega | Streptococcus termophylus |
e. | Nata de coco | Acetobater xylinum |
8.
Berdasarkan ciri yang tampak jamur di bawah ini dikelompokkan dalam
|
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deuteromycota
e. Mikoriza
9. perhatikan di bawah gambar ini
Fase reproduksi generatif pada hewan coelenterata dilakukan oleh struktur nomor.....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
10. Manakah pernyataan berikut ini yang paling benar mengenai alat-alat gerak pada hewan
vertebrata dan intervetebrata ?
a. Ular bergerak dengan tulang rusuk dan kalajengking bergerak dengan kaki yang berjumlah lima pasang.
b. Lumba-lumba bergerak dengan sirip dada dan sirip ekor, sedangkan labah-labah bergerak dengan kaki yang berjumlah empat pasang.
c. Anjing laut bergerak dengan dua pasang kaki yang berselaput, sedangkan cacing tanah bergerak dengan permukaan kulit tubuh nya.
d. Katak bergerak dengan sepasang kaki belakang yang cukup panjang daripada kaki depan sedangkan ubur2 bergerak dengan tentakel nya.
e. Ikan bergerak dengan sirip yang berjumlah empat buah, sedangkan burung bergerak dengan sepasang sayap atau kaki nya.
11. berdasarkan ciri-ciri hewan tingkat keanekaragamnya adalah pada tingkat
hewan 1 | rambut, tulang belakang, cakar |
hewan 2 | bulu, tulang belakang, cakar |
hewan 3 | rambut, tulang belakang, tanpa cakar |
hewan 4 | bulu, tulang belakang, tanpa cakar |
a. gen
b. Spesies
c. Populasi
d. komunitas
e. ekosistem
12. Pestisida dikembangkan sejak tahun 1940, efektifitas pestisida dalam membasmi penyakit tanaman mengejutkan masyarakat pada waktu itu. di sisi lain pestisida menimbulkan persistensi pada lingkungan pada periode tertentu. terjadi kematian burung yang bersentuhan langsung dengan pestisida. fakta itu berkaitan dengan fakta ekologi, pembesaran trofik (throph magnification) yang artinya...
a. degenerasi rantai makanan
b. akumulasi residu pada hewan besar karena mereka mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak
c. peningkatan bertahap konsentrasi residu pada setiap taraf trofik dalam rantai makanan
d. resistensi yang tinggi pada hewan taraf trofik yang rendah terhadap toksisitas pestisida berhubungan dengan hewan yang menduduki taraf trofik di atasnya
e. peningkatan resistensi makhluk hidup terhadap residu beracun sejalan dengan waktu
13. komponen biotik yang ada pada bioma tundra adalah...
a. lumut, lumut kerak, pinus, serigala, tikus, dan beberpa jenis serangga
b. lumut,......, beruang, tupai, landak dan rusa
c. lumut, lumut kerak, burung hantu salju, serigala, tikus dan beberapa serangga
d. ......kera, rusa dan gajah
e. kaktus, kadal, ... tikus, rusa
14. evolusi dari suatu spesies nenek moyang menjadi bermaca--macam species yang menempati palung yang berbeda dikenal sebagai...
a. adaptasi mutasi
b. evolusi konvergen
c. makromutasi
d. artrogenesis
e. suksesi.
15. Pada siklus nitrogen bakteri nitrifikasi mengubah...
a. senyawa amonium menjadi nitrit dan nitrat
b. nitrogen atmosfer menjadi senyawa amonium
c. nitrogen atmosfer menjadi nitrat
d. nitrat menjadi nitrogen atmosfer
e. nitrat menjadi senyawa amonium
16. sekelompok siswa diminta mengamati warna air sungai yang mengalir di belakang sekolahnya selama tiga hari berturut-turut pada waktu tertentu. ternyata warna air selalu berubah-ubah. yaitu hitam kelam di pagi hari, kehijauan di siang hari, dan berwarna kemerahan di sore hari. dari data tersebut jelas terjadi polusi yang sangat hebat di sungai tersebut, padahal polusi berdampak besar terhadap ekosistem air. dalam hal ini langkah yang paling tepat untuk mengurangi tingkat polusi terhadap ekosistem air adalah...
a. mengembangkan organisme yang tahan terhadap tingkat polusi tinggi dengan mengubah genetiknya.
b. mengembangkan bahan kimia yang dapat menghancurkan polutan
c. membuat instalasi pengolahan limbah (PAL) untuk menghilangkan zat pencemar
d. menanam tanaman air yang dapat meningkatkan suplay oksigen di dalam air
e. mengurangi jumlah hewan air untuk mengurai kadar CO2 dalam air
17. salah satu polutan udara yang dapat mengakibatkan penurunan IQ, hambatan pertumbuhan dan gangguan pendengaran pada anak-anak adalah..
a. karbonmonoksida
b. debu silika
c. nitrogen oksida
d. sulfur oksida
e. timah hitam
18. Pada sel otot dan beberapa tipe sel lainnya ditemukan banyak mitokondria yang menunjukan
bahwa sel otot.....
a. Menggunakan banyak ADP
b. Kekurangan Enzim
c. Menggunakan banyak ATP
d. Kelebihan Enzim
e. Menggunakan asam laktat
19. Komponen kimia penyusun membran sel terdiri atas.....
a. protein dan lemak
b. protein dan karbohidrat
c. karbohidrat dan lemak
d. protein, karbohidrat, dan lemak
e. protein, lemak Na+ dan K+
20. Manakah di bawah ini yang menunjukkan sifat membran plasma ......
a. sebagian membran plasma bersifat permeabel, sedangkan yang lain nya bersifat semi
permeabel.
b. melalui membran plasma semua material yang dipakai dalam metabolisme masuk ke
dalam sel, sedangkan CO2 dan limbah metabolisme lain dikeluarkan dari sel.
c. tidak semua material yang dipakai metabolisme dapat melewati membran plasma
demikian juga dengan limbah metabolisme.
d. hanya mikromolekul yang dapat melewati membran plasma
|
21. Gambar berikut ini menunjukkan proses transportasi zat berupa.....
a. transpor aktif
b. pinositosis
c. transpor pasif
d. ektositosis
e. pagositosis
22.
27. pasangan yang benar antara gambar jaringan hewan mamalia dengan fungsi nya adalah.....
a. proteksi dan isolasi hilangnya panas berlebihan
b. kontraksi periodik
c. melapisi dan melindungi permukaan tubuh
d. melakukan aksi reaksi terhadap rangsang
e. menghasilkan enzim
28. Anemia yang diakibatkan oleh rusaknya gen pembentuk hemogoblin yang bersifat
Menurun disebut......
a. Sickel Cell Anemia
b. Leukopeni
c. Leukemia
d. Anemia penisiosa
e. Thalasemia
29. Estrogen mempengaruhi siklus menstruasi dengan mengikat reseptor α dan β dari endometrium sel Rahim. Banyak wanita berat badannya bertambah setelah jumlah esterogennya menurun paska menopause. seekor tikus yang ovariumnyanya dibuang biasanya berat badannya
bertambah, namun jika tikus itu disuntik estrogen, berat badan nya tidak bertambah, dari Hasil penelitian diketahui bahwa jika tikus yang ovariumnya dibuang, disuntik dengan zat Yang dapat mengaktifkan reseptor α, berat badan nya tidak bertambah, tetapi jika tikus itu
Disuntik dengan zat yang dapat mengaktifkan reseptor β berat badannya bertambah, Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa estrogen menghambat dengan cara......
a. Menonaktifkan reseptor α
b. Menghambat sekresi estrogen
c. Mengaktifkan reseptor β
d. Mengaktifkan reseptor α
e. Menonaktifkan reseptor β
30. Seorang anak lelaki memahat inisial pada sebatang pohon kira-kira 120 cm dari
permukaan tanah. Setelah 12 tahun dia menemukan bahwa ini namanya masih tetap pada
ketinggian yang sama padahal pohon ini sudah berubah, hal ini menunjukkan bahwa......
a. Jaringan meristem pohon itu rusak dan oleh sebab itu menghambat pertumbuhan secara vertikal.
b. Sekali sel terbentuk maka mereka tidak dapat berubah.
c. Jika perlu jaringan dewasa dapat berkembang dalam organ baru
d. Pertumbuhan jaringan vertikal ditemukan pada ujung akardan ujung batang
e. Tidak terjadi pertumbuhan pada jaringan yang sudah tua
31. Perhatikan tabel berikut
CO2 + RUBP à PGA
Reaksi tersebut merupakan salah satu dalam siklus Calvin yaitu......
a. Fiksasi
b. Dehidrogenisasi
c. Fosforilasi
d. Karbohidrasi
e. Denitrogenisasi
32. maaf gag bisa dibaca
33. ini juga sama, gag bisa dibaca
34. perhatikan peristiwa mutasi kromosom berikut
A A
B C
C B
D D
Macam mutasi tersebut adalah.......
a. Translokasi
b. Duplikasi
c. Inversi
d. Delesi
e. Katenasi
35. di suatu kota terjadi wabah penyakit aneh yang disebabkan sejenis bakteri, dari hasil
Penelitian ditemukan antibiotik untuk menyembuhkan penyakit adalah penisilin, sehingga
Wabah penyakit tersebut dapat ditanggulangi, namun setelah sekian lama ternyata dosis
Penisilin yang diberikan kepada pasien harus ditingkatkan terus agar pasien bisa sembuh,
Mengapa efektivitas penisilin berubah ?
a. Manusia mengembangkan antibodi yang membuat penisilin menjadi tidak efektif
b. Terjadi seleksi alam yang membuat manusia resisten terhadap pengaruh penisilin
c. Penggunaan terus menerus antibiotik meningkatkan resistensi manusia terhadap bakteri
d. Antibiotik menyebabkan mutasi bakteri menjadi bentuk baru
e. Beberapa bakteri memiliki resistensi terhadap antibiotik
36. haemoglobin pada berbagai species memiliki urutan asam amino pada rantai beta polipeptida yang berbeda. Pada tabel dibawah ini menunjukkan perbedaan rantai beta tersebut. Perbedaan jumlah asam amino pada manusia dengan masing-masing species antara 8 sampai 127. Manakah dari tabel di bawah ini yang menunjukkan hubungan evolusioner antara organisme.
| Perbedaan asam amino | ||||
Anjing | Cacing tanah | Katak | Ikan | Kera | |
A | 8 | 67 | 15 | 127 | 125 |
B | 115 | 127 | 127 | 8 | 67 |
C | 125 | 67 | 15 | 8 | 127 |
D | 127 | 67 | 15 | 125 | 8 |
E | 125 | 67 | 15 | 8 | 127 |
37. perhatikan skema rekayasa genetika berikut, tehnik yang diterapkan untuk memperoleh domba unggul melalui proses X adalah...
a. a. Kloning gen unggul pada transplantasi gen
b. b. Fusi ovum pada transplantasi gen
c. c. Kloning inti sel unggul pada transplantasi inti
d. d. Menyambung kromosom melalui teknologi plasmid
e. e. Kloning inti sel ovum pada sel unggul melalui elektroforesis
38. Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan vitamin D
1.) Fungsi membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat
2.) Sumber vitamin D adalah matahari
3.) Vitamin yang larut dalam lemak
4.) Membantu penyerapan dan metabolisme kalium (yang benar kalsium)
Pernyataan manakah yang benar
a. 1,2 dan 3
b. 1, dan 3
c. 2, dan 4
d. 1,3 dan 4
e. 1 dan 4
39. otot polos berkembang dari lapisan germinal,.
a. endoderm
b. mesoderm
c. epiderm
d. ectoderm
e. entoderm
40. untuk menyaikan konsep “factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, seorang guru merancang eksperimen pengaruh intensitas cahaya terhadap laju pertumbuhan kacang merah. Variable-variabel yang sesuai untuk merancang tersebut adalah,..
| Variabel | ||
Manipulasi | Kontrol | Respon | |
a. | Intensitas cahaya | Waktu | Laju pertumbuhan |
b. | Waktu | Itensitas cahaya | Laju pertumbuhan |
c. | Intensitas cahaya | Laju pertumbuhan | Waktu |
d. | Laju pertumbuhan | Waktu | Intensitas cahaya |
e. | Laju pertumbuhan | Intensitas cahaya | Waktu |
41. Kasus kumbang tomcat merupakan contoh kesalahan mengelola lingkungan. Penyebab meledaknya populasi kumbang tomcat diwilayah pemukiman penduduk adalah…
a. Perubahan iklim
b. Habitat kumbang tomcat terganggu
c. hilangnya predator kumbang tomcat
d. Hilangnya makanan kumbang tomcat
e. Dampak insektisida
Tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar berikut digunakan untuk soal no 42 dan 43
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu menunjukan keanekaragaman sel hewan dan sel tumbuhan Kompetensi dasar : Mendeskripsikan keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme. |
42. Pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah…
a. Diskusi kelompok untuk keanekaragaman sel hewan dan sel tumbuhan
b. Mengamati beberapa sel tumbuhan dan sel hewan menggunakan model tiga dimensi
c. Mengamati beberapa sel tumbuhan dan sel hewan dengan menggunakan preparasi hewan
d. Praktikum membuat sayatan organ tumbuhan dan hewan untuk melihat selnya
e. Praktikum untuk mengamati sel jamur dan sel ragi
43. Indikator soal yang sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran di sk adalah
a. Menjelaskan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan
b. menyebutkan dua jenis sel tumbuhan dan dua jenis sel hewan
c. Mendeskripsikan keanekaragaman sel hewan dan sel tumbuhan
d. menunjukan dua jenis sel tumbuhan dan dua jenis sel hewan
e. membedakan keanekaragaman sel hewan dan sel tumbuhan
44. Kompetensi dasar: ‘Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan. Seorang guru melakukan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, dia menunjukan bebeerapa kasus kerusakan lingkungan, kemudian siswa diminta merumuskan satu permasalahan lingkungan perkelompok. Kedua, setiap kelompok siswa diminta membuat daftar data yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang dirumuskan kelompoknnya. Ketiga, setiap kelompok siswa diminta mencari data sesuai daftar data yang mereka buat, bisa dengan cara melakukan eksperimen, bertanya kepada narasumbe, atau mencari data dari bukusumber dan internet; keempat [setelah data yang diperlukan terkumpul masing masing kelompok menganalisis data tersebut dan merumuskan penjelasan terkait dengan masalah yang telah dirumuskan, membuat laporan secara tertulis dan mempresentasikan hasil kerja kelompok dalam diskusi kelas, diakhir kegiatan pembelajaran, setiap kelompok dibawah bimbingan guru menganalisis langkah-langkah yang telah dilakukan untukmemecahkan permasalahan yang telah dirumuskan apakah langkah-langkah tersebut sudah tersebut sudah tepat atau masih ada kekurangan
Model pembelajaran yang dilakukan guru tersebut merupakan satu model pembelajaran yang sesuai untuk mata pelajaran Biologi, model tersebut adalah model pembelajaran,..
a. Berbasis masalah
b. Inkuiri
c. Discovery learning
d. SPS (Sistem Teknology Security)
e. Koperatif
45. Standar kompetensi menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, SK proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada system SK manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga). Tujuan pembelajaran SK dapat dibuat adalah siswa dapat
a. Menghubungkan struktur organ dan fungsinya
b. Menjelaskan cara-cara terjadinya system ekskresi pada manusia
c. menjelaskan komponen kimiawi system ekskresi dan fungsinya
d. menjelaskan proses pembentukan urine
48. Untuk pembelajaran konsep “Mendeskripsikan keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism”. Kegiatan pembelajaran yang dapat mengaktualisasikan potensi dan kreativitas peserta didik adalah…
a. melakukan praktikum tentang system kehidupan
b. bermain peran
c. Penugasan telah literature
d. mengerjakan proyek
e. Melakukan observasi
49. Ibnu nadia sedang mendemontrasikan tentang cara menggunakan respirometer SK dan mengamati laju respirasi hewan percobaan. Ia mengajukan pertanyaan yang berbunyi.” Apa yang kalian amati dari proses respirasi hewan ini”? tanpa menunggu jawaban siswa, ia melanjutkan dengan memberikan informasi lain. Berdasarkan kasus diatas, apakah factor yang tidak diperhatikan oleh Ibnu nadia saat mengajukan pertanyaan
a. Waktu tunggu
b. Jenis Pertanyaan
c. Intonasi suara
d. Cara mengajukan pertanyaan
e. Kesiapan siswa
50. Seorang guru membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan struktur jaringan tumbuhan dikotil dan mengaitkannya dengan fungsinya “ Tentukan klasifikasi tumbuhan X berdasarkan hasil identifikasi berikut ini”. Dalam kasus ini guru tersebut menyalahi prinsip evaluasi yaitu…
a. Objektivitas
b. Reliabilitas
c. Validitas
d. Homoginitas
e. Normalitas
51-54??????? Gag bisa dibaca
55. pak fajar ingin melakukan penelitian tindakan kelas mengenai masalah yang didapatnya
sehari-hari dengan harapan meningkatkan kualitas pembelajaran pada suatu pelajaran yang
diasuh nya. Jika permasalahan pak fajar adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam suatu
kompetensi dasar tersebut, permasalahan penelitian yang dirumuskan pak fajar yang paling
tepat adalah.......
a. Apakah penggunaan pendekatan proses dapat mempengaruhi hal belajar siswa ?
b. Adakah korelasi antara penggunaan pendekatan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
c. Apakah penggunan pendekatan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
d. Bagaimana penggunaan pendekatan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa ?
e. Apakah ada hubungan antara penggunaan pendekatan proses dengan hasil belajar siswa ?